6 Menu Sarapan Ini Justru Membuatmu Tambah Lapar

Baca juga:

Sarapan atau makan pagi adalah keadaan untuk mengonsumsi hidangan utama pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi. Dianjurkan menyantap makanan yang ringan bagi kerja perncernaan, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadarserat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah.

Sarapan memang sering dianggap sepele, hal itu juga terlihat dari banyaknya orang yang sering melewatkan sarapan sebelum melakukan aktivitas. Alasan mereka tidak sarapan adalah tidak sempat, tidak punya waktu untuk menyiapkan, ataupun bosan dengan makanan yang itu – itu saja. Padahal kalau kita melewatkan sarapan, kita tidak bisa melakukan aktivitas kita pada hari itu dengan baik. Kita akan cepat merasa lelah dan akan mudah mengantuk. Tapi kebanyakan orang salah mengkonsumsi makanan untuk sarapan yang malah justru membuatnya tambah lapar. Yuk langsung saja simak makanan yang malah membuatmu tambah lapar!

1. Roti tawar putih yang sering dipilih sebagai menu sarapan, ternyata hanya memiliki sedikit kandungan serat yang bikin kamu makin lapar

Roti Tawar
Roti tawar putih adalah makanan praktis yang sering dipilih untuk mengganjal perut yang sedang dilanda lapar, terutama untuk sarapan. Tapi, kandungan karbohidrat olahan dalam roti jenis ini membuatnya cepat dicerna menjadi gula oleh tubuh. Hal ini menyebabkan tubuhmu melepas insulin.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Health Psychology menemukan bahwa peningkatan insulin berhubungan dengan meningkatnya rasa lapar.

Hasilnya, meski telah memakan roti tawar putih ini, kamu akan tetap merasa lapar dan selalu ingin menyantap banyak makanan lainnya. Solusinya, ganti roti tawar putih dengan roti gandum yang memiliki serat sehingga perutmu akan lebih kenyang.

2. Minum jus yang disaring dan ditambah gula sama saja percuma. Bukannya sehat, tubuhmu justru jadi sarang lemak dan gula!

Jus
Pengolahan jus yang keliru seringkali menghilangkan nutrisi penting tertentu. Misalnya dengan menambahkan gula, terlalu banyak air dan penyaringan yang justru akan membuat jus kehilangan seratnya. Meminum segelas jus seperti ini dapat meningkatkan kadar gula darah dan menurunkannya secara cepat, sehingga menimbulkan rasa lapar yang teramat sangat.

Disarankan untuk nggak menggunakan gula dan menambah bubuk protein, selai kacang atau oat sebagai serat untuk mengurangi gula darah dan membuatmu kenyang.

3. Mie instan dengan segala kelebihan dan candunya; karbohidrat olahan di dalamnya bikin gula darahmu naik dan lapar berkelanjutan

Mie Instan
Makanan favorit anak kost dengan harga terjangkau dan praktis ini bikin kita semua mengandalkan mie untuk santapan lezat saat lapar. Namun, karbohidrat olahan yang dikandungnya bikin gula darah naik dan membuatmu merasa cepat lapar.

Menurut para peneliti di University of Sussex in the U.K, mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi penguat rasa dalam produk makanan akan merasakan lapar 30 menit lebih cepat.

Tuh, jadi jelas ‘kan kenapa kalau makan mie instan kamu cepat lapar lagi?

4. Olahan kentang seperti kentang goreng dan keripik kentang berbumbu adalah musuh utama pelaku diet. Bikin lapar melulu!

Kentang Goreng
Meskipun kentang merupakan sayuran yang berkarbohidrat tinggi, tetapi manfaat baik tersebut akan tertutupi oleh tepung yang digunakan untuk menggoreng makanan olahannya. Apalagi jika ditambah dengan bumbu-bumbu dengan kandungan MSG (monosodium glutamat) yang berlebih. Kentang goreng dan keripik kentang contohnya.

Makanan asin dan gurih bisa memanipulasi otak untuk makan lebih banyak. Jika digoreng dengan minyak banyak dan panas dan ditaburi garam dan bumbu penyedap saat disajikan, kentang goreng dan keripik kentang akan merangsang nafsu makan di dalam otak.

Itulah kenapa ketika makan kentang goreng atau keripik kentang, mulut nggak bisa berhenti dan mau makan lagi dan lagi.

Baca Juga:
  1. Inilah 5 Proyek Terlama Pengerjaannya dan Memakan Dana Yang Amat Fantastis
  2. Menyedihkan, 7 Penelitian Ini Rela Korbankan Nyawa Kaum Lemah

5. Pasta, pizza dan burger hanyalah makanan cepat saji berbahan tepung yang kenyangnya cuma sementara

Makanan Cepat Saji
Meski dianggap sebagai makanan berat pengganti nasi, makanan-makanan ini hanya menimbulkan masalah seperti roti tawar putih yang berbahan dasar tepung terigu dan pemanis. Karbohidrat olahannya cepat dicerna tubuh dan meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Kamu akan cepat kenyang, tapi juga cepat lapar lagi. Kemungkinan yang akan terjadi adalah kamu akan terlalu banyak makan dan mengabaikan saran porsi yang direkomendasikan.

6. Makanan olahan berbahan tepung seperti biskuit dan kue kering sering dikonsumsi untuk mengganjal perut yang lapar, padahal…

Olahan Dari Tepung
Biskuit dan kue kering juga termasuk makanan olahan berbahan tepung dan gula. Makanan ini hanya akan mengenyangkan perut dalam jangka waktu yang sebentar dan memicu rasa lapar datang lagi dalam waktu singkat. Cara kerja gula ini kerap mengingatkan otak kalau kamu belum menerima asupan cukup. Sehingga rasa kenyang pun nggak muncul.

Untuk mengatasinya, pilihlah biskuit dengan bahan whole grain atau gandum utuh dan mengandung sedikit gula.

7. Makanan mentah seperti sushi memang menyehatkan, tapi ketika dikombinasikan dengan beras putih manis, itu menjadi beda cerita

Sushi
Beras putih mempunyai efek yang hampir sama dengan roti tawar dan pasta, mudah diproses dan mengandung sedikit serat. Dikenal sebagai makanan yang sehat, ternyata sebuah sushi memiliki kalori setara dengan tiga lembar roti tawar putih. Mungkin kamu berpikir sushi mengandung ikan yang bergizi tinggi, tapi kenyataannya, porsi nasi dalam sushi lebih besar dibanding ikan. Jadi, kamu mengkonsumsi lebih banyak nasi, tanpa protein dan serat, sehingga dicerna lebih cepat oleh tubuh dan membuatmu kembali lapar.

Jika tetap ingin makan sushi, pilihlah menu dengan nasi merah yang mengandung banyak serat sehingga bisa kenyang lebih lama.

8. Sereal memang jadi pilihan saat tanggal tua. Tapi nyatanya, makanan sekaligus minuman ini bikin cepat lapar karena ada kandungan gula

Sereal
Sama dengan jus, susu sereal tinggi gula juga membuatmu cepat lapar. Alih-alih ingin menambah asupan serat, kamu yang terbiasa memilih sereal dengan kandungan gula terlalu tinggi justru akan mengalami kenaikan berat badan.

Solusinya, pilih sereal yang rendah gula atau bertuliskan ‘plain’ di bungkusnya.

Kadang sempat berpikir, mau makan saja susah dan banyak aturan, ya. Tapi yang namanya life pasti ada plus-minusnya. Apalagi soal makanan yang nggak pernah habis pembahasan mengenai kandungan dan efeknya terhadap tubuh. Semoga artikel ini menambah pengetahuan dan informasi sehingga kamu bisa lebih selektif untuk mengkonsumsi makanan, tentunya disesuaikan dengan kebutuhanmu. Salam sehat!(diahanggra, hipwee.com, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.