07 November 2016

author photo
Mata minus atau rabun jauh memiliki istilah medis miopia. Kondisi ini menyebabkan Anda kesulitan melihat benda jarak jauh. Sinar yang direfleksikan dari sebuah objek masuk ke mata melalui kornea, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina.

Oleh karena itu, supaya kamu tidak lagi ketergantungan sama kacamata dan bisa bebas mau ngapain dan ke mana saja, Yuk coba berbagai resep yang bisa mengurangi minus matamu jika rajin mengonsumsinya. Ada resep cemilan dan minuman yang kaya akan vitamin A – jenis vitamin yang sangat bagus buat kesehatan mata. Biar cepat aplikasikan, Yuk langsung saja simak!

1. Siapa bilang wortel nggak bisa jadi cemilan renyah kayak gorengan? Tinggal dibalut dengan tepung, jadi deh Wortel Goreng Tepung

Wortel Goreng
Wortel goreng tepung ini cocok buatmu yang nggak suka sayur, lho. Gini cara bikinnya!

Bahan-bahan:

  • 300 gr wortel, dikupas, lalu potong berbentuk finger food
  • 7 sdm tepung terigu berprotein rendah
  • 1 butir kuning telur
  • 100 ml air dingin/air es
  • Garam secukupnya
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  • Telur dikocok dan tambahkan air dingin. Lalu, dalam wadah lain aduk tepung, garam dan merica bubuk. Jika sudah, silahkan masukkan kocokan telur ke dalam tepung dan diaduk sampai rata.
  • Panaskan minyak dan celupkan wortel ke dalam adonan tepung, lalu goreng hingga matang.
  • Jika sudah berwarna kekuningan, angkat dan tiriskan.

Cocok buat camilan dan sajikan selagi panas!

2. Ingin cemilan yang agak berat? Coba yuk Kubis Gulung isi tumis nasi dan daging sapi yang satu ini!

Kubis isi tumis nasi dengan daging
Kubis banyak mengandung vitamin A dan efektif untuk mencegah katarak pada mata. Nggak cuma segar dan mengenyangkan, kubis gulung berisi nasi dan daging ini bisa kamu sajikan sebagai sarapan atau makan siang.

Bahan-bahan:

  • 7 lembar daun kubis yang lebar
  • 350 gr nasi putih
  • 150 gr daging sapi cincang

Bumbu-bumbu:

  • 1/2 butir bawang bombay, cincang kasar
  • 3 butir bawang putih, keprak dan cincang halus
  • 4 butir bawang merah, rajang tipis
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 4 butir cabai rawit
  • 1 ruas jahe, cincang halus
  • 3 lembar daun jeruk purut, rajang halus
  • 1 1/2 sdt gr halus, tambahkan jika kurang asin
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt saus tiram
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Pelengkap:

  • Saus sambal botolan

Cara membuat:

  1. Siapkan kubis yang daunnya lebar, lalu ambil 7 lembar daun terluar yang paling besar dan tipiskan bagian tulang daunnya. Setelahnya kukus daun kubisnya selama + 3 menit, kalau udah silahkan disisihkan.
  2. Panaskan 2 sdm minyak goreng, jika telah panas segera tumis bumbu yang diiris hingga harum. Lalu, masukkan daging sapi cincang sambil diaduk. Selanjutnya masukkan saus tiram, garam, merica dan kaldu bubuk, lalu aduk sampai rata. Tunggu sampai daging berubah warna (matang).
  3. Masukkan nasi putih dan aduk rata. Cicipi rasanya, jika kurang mantap bumbunya silahkan tambahkan garam. Setelahnya nasinya diangkat.
  4. Lalu, siapkan selembar daun kubis dan letakkan di tempat datar. Beri kira-kira 3 sdm adonan nasi di bagian dekat pangkal daun. Lipat sisi kiri dan kanan daun ke tengah adonan. Dari bagian pangkal, gulung daun berisi adonan sambil ditekan agar padat.
  5. Ikat bagian tengah gulungan kubis menggunakan daun pisang atau benang agar tidak lepas. Lakukan hingga semua daun dan adonan habis.
  6. Siapkan dandang bekas mengukus daun kubis, tata nasi gulung di dandang dan kukus selama + 15 menit. Angkat dan sajikan dengan saus sambal botolan atau sambal kacang.

Enak, bergizi dan bikin kenyang. Nyummm!

3. Suka kue-kue kering? Cobain deh Almond Cookies yang baik buat kesehatan matamu ini

Almond Cookies
Kacang almond kaya akan vitamin E, sehingga sangat baik buat mata. Vitamin E pada kacang terbukti bisa mencegah masuknya redikal bebas yang ganggu mata dan memperlambat perkembangan katarak. Dan karena kacang almond ini bagus untuk kesehatan mata, nggak ada salahnya kamu coba buat kue kering almond ini!

Bahan-bahan:

  • 200 gr mentega
  • 75 gr margarin
  • 250 gr gula halus
  • 1/2 sdt vanili
  • 5 butir telur ayam, ambil kuningnya
  • 1 butir telur ayam, ambil putihnya
  • 500 gr tepung terigu, kualitas bagus
  • 4 sdm bubuk susu
  • 150 gr kacang almond

Bahan Pelengkap (Untuk Olesan):

  • 2 butir kuning telur, kocok lepas
  • 1/2 sdm mentega, lelehkan

Cara Membuat:

  1. Tuang margarin dan mentega ke dalam wadah adonan, lalu kocok sampai tercampur rata. Setelah itu tambahkan dengan gula dan vanili, kemudian kocok lagi sampai rata.
  2. Berikutnya masukkan telur ke dalam campuran margarin, aduk rata selama 2 menit, kemudian tambahkan tepung terigu halus dan susu bubuk. Aduk sekali lagi sampai semua bahan yang dicampurkan benar-benar rata.
  3. Selanjutnya adonan kue dibungkus dengan plastik dan didinginkan dalam lemari es. Tunggu sampai 1 jam, lalu ambil dan pukul-pukul adonan hingga menjadi pipih. Setelah itu cetak adonan dengan berbagai bentuk sesuai kesukaan kamu.
  4. Semua adonan yang udah dibentuk diletakkan di atas loyang yang sebelumnya dioles dengan margarin pada bagian permukaannya. Lalu siapkan kocokan kuning telur dan oleskan pada setiap adonan yang telah dibentuk dan diletakkan pada loyang.
  5. Setelah itu, masukkan loyang berisi kue ke dalam oven dan panggang sampai 25 menit atau hingga matang dengan intensitas suhu mencapai 170 .
  6. Setelah matang, ambil loyang dan diamkan di suhu ruangan terbuka sampai kue jadi dingin kemudian ambil kue dan simpan dalam toples dengan penutup.

Kalau kamu terlalu malas atau sibuk membuatnya sendiri, almond cookies ini bisa kamu temukan d toko-toko terdekat, kok. Selamat ngemil-ngemil sehat

Baca Juga:
  1. Walaupun Sekarang Kita Tak di Takdirkan Untuk Bersama. Tapi, Setidaknya Kita Pernah Bahagia
  2. Wajahmu Akan Mulus Tanpa Perawatan Mahal. Asal, Kamu Rutin Melakukan 9 Hal Ini!

4. Keripik Bayam juga cukup melegenda, berikut manfaat bayamnya yang memang baik buat mata

Keripik Bayam
Bayam kaya akan vitamin A, sehingga sangat baik buat mata. Biar nggak melulu dijadikan sayur atau tumis saja, yuk mulai mengolahnya menjadi keripik!

Bahan-bahan:

  • 50 lembar daun bayam yang masih segar
  • 250 gr tepung beras
  • 50 gr tepung kanji
  • 4 siung bawang putih, dihaluskan
  • 5 butir bawang merah, dihaluskan
  • 3 butir kemiri, dihaluskan
  • 2 cm kunyit, dihaluskan
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Kamu harus cuci bersih dulu daun bayamnya, lalu ditiriskan. Kemudian silahkan kamu campur semua tepung jadi satu dan diaduk rata.
  2. Masukkan semua bumbu yang dihaluskan ke dalam campuran tepung, lalu tambahkan garam dan penyedap rasa. Jangan lupa setelahnya diaduk sampai semuanya rata.
  3. Selanjutnya tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai adonan rata. Celupkan tiap lembar daun bayam ke dalam adonan tepung.
  4. Panaskan minyak lalu goreng bayam yang udah dicelupkan dengan adonan (lakukan sampai selesai).
  5. Tunggu sampai matang dan kering, lalu angkat dan tiriskan. Nah, keripik bayam udah siap buat kamu nikmati.

Kelezatan keripik bayam memang tiada duanya!

5. Biar manfaatnya makin berasa, buatlah jus wortelmu lebih lezat dengan mencampurkan tomat ke dalamnya

Jus wortel
Mencampurkan tomat ke dalam jus wortel bisa mengurangi mual dan membuat manfaatnya berlipat ganda, khususnya buat kesehatan mata. Cara membuatnya? Gampang!

Bahan-bahan:

  • 100 gr tomat
  • 75 gr wortel
  • 1 sdm madu atau sirup gula
  • 1 gelas air putih

Cara membuat:

  1. Bersihkan wortel serta tomat lalu potong dadu agar mudah hancur, lalu masukkan ke dalam blender bersama air putih matang.
  2. Proses sampai halus, tuang ke gelas saji. Tambahkan madu atau sirup gula sebagai pemanis, aduk rata.
  3. Taruh pada gelas dan segera minum selagi baru jadi.

6. Selain jus, kamu bisa bikin nih Smoothie Wortel yang menyegarkan, sekaligus bagus untuk mata

Smoothie wortel
Biar varian minumanmu bertambah selain jus dari wortel, kamu bisa lho coba smoothie wortel yang bagus buat mata dan kesehatan. Apalagi ditambah dengan jahe, manfaat yang kamu dapatkan jadi bertambah.

Bahan-bahan:

  • 1 buah pisang ambon
  • 1 gelas es batu
  • 5 buah wortel
  • gelas plain yoghurt
  • jahe

Cara membuat:

  1. Kamu harus potong kecil-kecil pisang ambon. Setelahnya buat jus wortel dan tambahkan air hingga jadi gelas. Kalau udah jangan lupa saring jus wortelnya.
  2. Kupas jahe, lalu cincang halus. Campurkan pisang, es batu, wortel, yoghurt dan jahe dalam satu wadah, kemudian blender.
  3. Setelahnya silahkan disajikan ke dalam gelas.

Smoothies yang sebenarnya hampir sama dengan jus ini bisa kamu bikin sendiri, dan baik untuk dikonsumsi pagi atau malam hari. Selamat mencoba!

Gimana? Ternyata nggak susah ‘kan buat mengembalikan kembali performa matamu? Meski nggak bisa sembuh total, hitung-hitung kamu perhatian dengan kesehatan. (diahanggra, hopwee.com, berbagai sumber)
Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...