6 Tanda Bahwa Orang di Sekelilingmu Psikopat!

Baca juga:

Psikopat secara harfiah berarti sakit jiwa. Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Pengidapnya juga sering disebut sebagai sosiopat, karena perilakunya yang antisosial dan merugikan orang-orang terdekatnya.

Psikopat tak sama dengan gila (skizofrenia/psikosis) karena seorang psikopat sadar sepenuhnya atas perbuatannya. Gejalanya sendiri sering disebut dengan psikopati, pengidapnya seringkali disebut orang gila tanpa gangguan mental. Menurut penelitian sekitar 1% dari total populasi dunia mengidap psikopati. Pengidap ini sulit dideteksi karena sebanyak 80% lebih banyak yang berkeliaran daripada yang mendekam di penjara atau di rumah sakit jiwa, pengidapnya juga sukar disembuhkan.

Pernah kah kamu menyadari orang-orang di sekeliling kamu? Mungkin kah diantara teman atau sahabatmu ada yang psikopat? Mungkin diantara kamu ada yang menyadarinya ya, tapi bagai mana yang tidak mengetahuinya sama sekali? Yuk langsung saja simak!

1. Kesan pertama yang mereka berikan terhadap kamu yaitu friendly. Hati-hati mudah terbuai dengan kesan yang diberikan

Friendly
Orang psikopat itu pandai banget berinteraksi. Saat pertama kali bertemu kesan pertama yang mereka berikan yaitu friendly. Yup! Setiap orang jika dipikirkan kembali memang rata-rata bersikap ramah terhadap semua yang dikenal, begitupun dengan kamu. Mereka mudah menempatkan diri sehingga siapapun yang mengenal, pasti langsung senang dan akrab dengannya. Oleh karena itu, kamu harus hati-hati dengan orang yang punya daya tarik dan menyenangkan. Karena bisa jadi mereka itu psikopat yang pandai menarik setiap orang untuk berteman.

2. Orang psikopat itu pandai mengambil hati. Jangan sampai gampang percaya sama pola pikir matang dan logis yang mereka miliki

Pandai Mengambi Hati
Selain punya daya tarik dan friendly, orang psikopat biasanya pandai berbicara. Mereka punya pikiran-pikiran matang dan logis – yang membuatmu kagum dan makin senang kenal dengannya. Dalam diri mereka terdapat sifat untuk nggak malu dan tak takut dalam utarakan apapun. Hal ini yang buat kamu terbuai tak berdaya dengan mereka. Tapi berhati-hatilah karena semua perkataannya tak ada yang berdasar pada empati atau simpati pada orang lain, selain untuk dirinya sendiri.

3. Terlalu percaya diri hadir dalam pribadinya. Suka menyepelekan dan menyombongkan diri

Telalu percaya diri
Punya sikap percaya diri (PD) memang bagus buat masa depan. Akan ada banyak aktivitas dan cita-cita kamu yang makin mudah dilakukan dan diraih. Sayangnya, sikap PD suka bikin mereka besar kepala seperti menyepelekan orang lain maupun berbagai hal dalam hidup. Nggak jarang juga orang psikopat suka sombongkan diri lantaran merasa paling hebat di antara yang lain. Mereka memang punya keunggulan tersendiri, tapi jeleknya adalah kurang hargai orang-orang di sekitarnya. Mereka enggan mengalah dan selalu mau jadi yang utama.

4. Mereka terbiasa berpikir yang paling pintar, sehingga membodohi dan menipu orang lain jadi kebiasaan

Menipu
Keunggulan-keunggulan yang mereka punya dijadikan ‘jalan’ untuk membodohi dan menipu orang di sekitarnya. Mereka pandai bersilat lidah, mampu membuat orang yang baru dikenal percaya, dan nggak meragukan kemampuan mereka. Mereka punya kecenderungan untuk melakukan kriminal, seperti berbohong, merampok, berkelahi, mencuri, berzinah, dan membunuh.

Baca Juga:
  1. Pernah Berbicara Sendiri di Depan Cermin? Ternyata Ada Manfaatnya lho!
  2. Video Viral, Karyawan Injak Daging Restoran Cepat Saji, Ternyata Ini Yang Sebenarnya


Hal-hal itu mereka lakukan di latar belakangi oleh keinginan berada dalam situasi berbahaya. Mereka senang jika berhasil memporak-porandakan situasi karena memang mengincari sensasi ‘adrenalinnya’. Bahkan, jika mereka berhasil kabur atau bebas dari hukuman, mereka makin bahagia karena terbukti mengalahkan polisi atau aparatur negara.

5. Seringkali mereka nggak pandai mengendalikan emosi. Gampang marah, jengkel, mengancam, dan agresif

Agresif
Bisa dibilang orang psikopat sulit mengatur tingkah lakunya, terutama ketika emosi sedang memenuhi dirinya. Sikap seperti gampang marah-marah, kesal sama orang lain, nggak sabaran, sering mengancam, agresif, bahkan menyumpah serapah. Kamu bakal menemui mereka yang seperti ini jika telah jalan mengenal beberapa lama – mendapati mereka sedang berada dalam suatu masalah dan akan mengeluarkan sikap yang seperti ini.

Ancaman yang mereka berikan seperti mengambil hati orang lain hingga dapat kepercayaan, lalu mereka bakal minta apa yang mereka mau. Jika nggak dikabulkan, mereka bakal mengancam dengan cara ungkit hal-hal yang udah mereka lakukan untuk orang itu. Dan mereka sangat jago memanipulasi, oleh karena itu mereka mudah lolos dari hukuman.

6. Tak bisa membedakan benar atau salah, kalaupun dirinya menyakiti orang lain pasti tak merasa bersalah

Benar atau salah?
Orang psikopat malas bertanggung jawab. Mereka enggan peduli dengan apa yang terjadi di lingkungannya. Mau sedang terjadi apapun, empatinya sama sekali tak ada. Jika ada yang bersitegang, mereka nggak bakal memihak mana pun – tak ingin ikut campur dengan yang terjadi. Kamu mau kritik mereka apapun nggak akan mempan, karena mereka memang tak peduli.

Jangan sampai kamu mudah tertipu dengan orang di sekitar yang merupakan seorang psikopat. Bukannya berbahaya, namun orang yang mengidap gangguan kepribadian ini perlu kamu ketahui cara menghadapinya. Hal ini tidak lain agar kamu tidak susah sendiri di kemudian hari. Yuk kenali mereka dari sekarang!(diahanggra, hipwee.com, berbagai sumber)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.