7 Fakta Menarik Tentang Semut Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

Baca juga:

Semut adalah semua serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Semut memiliki lebih dari 12.000 jenis (spesies), sebagian besar hidup di kawasan tropika. Sebagian besar semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. Anggota koloni terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Dimungkinkan pula terdapat kelompok semut penjaga. Satu koloni dapat menguasai daerah yang luas untuk mendukung kehidupan mereka. Koloni semut kadangkala disebut "superorganisme" karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Meskipun ukuran tubuhnya yang relatif kecil, semut termasuk hewan terkuat di dunia. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, dapat dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri. Semut hanya tersaingi oleh kumbang badak yang mampu menopang beban dengan berat 850 kali berat badannya sendiri.

Kita mengenal semut sebagai hewan yang memiliki rasa sosial tinggi dan pekerja yang rajin. Dan biasanya tidak lebih dari itu. Namun masih banyak fakta lain mengenai hewan kecil ini. Berikut beberapa diantaranya:

1. Hewan yang Kuat

Hewan yang kuat
Di seluruh dunia terdapat lebih dari 10.000 spesies semut. Kebanyakan semut berukuran 2 mm sampai 7 mm. Semut Carpenter merupakan semut yang terbesar, dengan ukuran tubuh yang bisa mencapai 2 cm. Seekor semut mampu mengangkat beban dengan 20x lipat dari berat tubuhnya sendiri.

2. Serangga Pintar

Serangga pintar
Diantara serangga, semut merupakan hewan yang memiliki otak paling besar, terdiri dari sekitar 250.000 sel otak.

3. Pembagian Tugas

Pembagian tugas
Ukuran ratu semut lebih besar daripada budaknya. Tugas utama ratu adalah memproduksi telur yang jumlahnya bisa mencapai ribuan. Semut jantan biasanya memiliki tubuh yang kecil, bertugas membuahi sang ratu dan akan mati setelah beberapa hari. Sementara semut pekerja bertugas untuk mencari makan, merawat bayi, membangun sarang dan menjaga koloni. Sedangkan semut tentara bertugas menjaga sarang.

4. Mendengar dengan Kaki

Mendengar dengan kaki
Sebenarnya semut tidak bisa mendengar, karena tidak memiliki telinga. Namun hewan ini mampu merasakan suara lewat getaran. Untuk mengenali suara disekelilingnya, semut mengandalkan satu sensor khusus pada lutut dan kaki.

5. Dermawan

Dermawan
Semut umumnya memiliki dua perut, satu digunakan untuk mengolah makanan untuk tubuhnya dan yang lain digunakan untuk berbagi makanan dengan semut lainnya di koloni.

Baca Juga :
  1. 10 Gunung Berapi Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia
  2. Misteri Peraadaban Dunia Paling Tua Yang Pernah Ada

6. Umur Semut

Umur semut
Sementara ratu semut bisa hidup sampai 20 tahun, semut pekerja hanya mampu bertahan hidup sekitar 45-60 hari. Dan jika ratu mati, maka dalam beberapa bulan koloni semut tersebut akan musnah.

7. Perang Semut

Perang semut
Setiap koloni semut memiliki wilayah masing-masing. Tidak jarang satu koloni semut berusaha memperluas wilayah kekuasaan mereka. Jika ini terjadi, maka perang akan meletus, yang bisa berlangsung selama beberapa jam, atau bahkan beberapa minggu. (Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, wikipedia.org)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.