14 November 2016

author photo
Kantin (dari bahasa Belanda: kantine) adalah sebuah ruangan dalam sebuah gedung umum yang dapat digunakan pengunjungnya untuk makan, baik makanan yang dibawa sendiri maupun yang dibeli di sana. Kantin sendiri harus mengikuti prosedur tentang cara mengolah dan menjaga kebersihan kantin.Makanan yang disediakan kantin haruslah bersih dan halal.Jenis-jenis makanan yang disediakan pun minimal harus memenuhi 4 sehat 5 sempurna.Biasanya para pembeli harus mengantri dalam sebuah jalur yang disediakan untuk membeli makanan.

Kantin hampir selalu ada di tiap sekolah di Indonesia. Biasanya kantin menjadi tempat berkumpul bagi para murid. Pesan ambil bayar duduk mungkin merupakan prinsip para pengguna fasilitas kantin. Ramainya kantin disebabkan oleh obrolan siswa-siswi yang makan bersama. Kebanyakan murid menganggap penting kantin sebagai tempat bersosialisasi, tempat berkumpulnya seluruh angkatan.

Di beberapa negara, para siswa medapatkan makan siang yang sudah disediakan oleh pihak sekolah.

Biasanya dalam kantin, akan disediakan berbagai menu yang disajikan dengan cara prasmanan. Namun, biasanya ada juga tugas yang bisa membantu para siswa mengambilkan makanan mereka.

Sistem makan siang di kantin seperti dianggap lebih sehat dan bersih. Karena pihak sekolah dianggap sudah mempersiapkan segala menu dengan tepat.

Terlihat kondom di makanan kantin
Namun, sebuah kejadian tak terduga terjadi pada jam makan siang di kantin sebuah sekolah.
Beberapa waktu lalu, sebuah sekolah di Tiongkok dibuat gempar.


Kisah ini berawal saat seorang netizen mengunggah sebuah foto sisa makanan kantin lengkap dengan caption.

"Hati-hati, aneh, menjijikkan. Kemarin seorang siswa dari kelas 212 di sebuah sekolah kejuruan di Jinghong, Yunnan, Tiongkok menemukan sebuah kondom di makan siang kantin."

Kondom di salah satu makanan kantin
Sekilas tidak ada yang aneh. Namun, jika dicermati lebih teliti, terlihat sebuah kondom yang ada dalam sisa makanan tersebut. Foto tersebut diunggah di situs Weibo dan menuai banyak komentar netizen.

@Dantameiyouai menuliskan, "Aku memuntahkan barbeque-ku semalam."

Netizen lain, @sse1115, juga mengatak hal yang sama, "Itu menjijikkan, aku ingin muntah."

Xishuangbanya Propaganda Department telah angkat bicara atas insiden menjijikkan ini, melansir Netease via Chinasmack. Mereka mengatakan bahwa pihaknya tengah memeriksa kebenaran atas kejadian ini.

Departemen Pendidikan Jinhong dan Lembaga Administrasi Obat dan Makanan telah memulai investigasinya. Mereka akan segera mengeluarkan penemuan mereka ke publik setelah pemeriksaan selesai.

Atas kejadian ini, Lembaga Administrasi Obat dan Makanan Yunnan mengeluarkan peringatan pada sekolah dan organisasi anak.

Baca Juga :
  1. Kebiasaan Ini Dapat Membuat Perutmu Buncit
  2. Inilah 5 Cara Membuat Si Dia Selalu Merasa di Hargai, Wajib Coba!

Mereka meminta semua pihak memeriksa keamanan makanan agar aman untuk dikonsumsi. Sumber, cara penyimpanan dan pengolahan harus lolos uji kelayakan untuk memastikan keamanannya.

Ternyata ini bukanlah kejadian pertama. Pada tahun 2011 silam, kejadian serupa telah terjadi. Sebuah kondom ditemukan di dalam makanan kantin seorang anak.

Kondom bekas di makanan siswa pada kantin sekolah China
Kondom bekas di makanan siswa pada kantin sekolah China
Kondom bekas di makanan siswa pada kantin sekolah China
Nah mulai sekarang kalian para siswa maupun siswi yang disekolahnya udah disediakan makanan dari pihak sekolah mulai sekarang hati-hatinya, selalu periksa makanan yang nanti kamu bakal makan, dan juga pastikan makananmu bersih dan juga sehat. (Ref: sandk, catatansandk.com, style.tribunnews.com, wikipedia.org, weibo.com)
Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...