Deretan 5 Iklan Pinggir Jalan Dari Cabul, Aneh Hingga Menakutkan Yang Picu Tabrakan Massal

Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Manajemen pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi penjualan.

Iklan sebetulnya dibuat untuk membuat pemirsanya terhibur atau terdorong membeli barang yang ditawarkan. Tapi, terkadang tujuan sang pembuat pariwara gagal. Bukan hanya gagal atau salah fokus, kadang malah jadi membuat celaka orang yang menontonnya.

Di mana saja kejadiannya? Berikut lima daftar pariwara pembuat celaka tersebut:

1. Iklan payudara di Rusia picu 517 kecelakaan dalam sehari

Iklan salah fokus di jalanan ibu kota Moskow Rusia
Gara-gara sebuah iklan dipajang di bagian sisi truk melintasi Ibu Kota Moskow, Rusia, sekitar 517 pengendara mengalami kecelakaan. Promo itu memperlihatkan buah dada dan tertulis "Menariknya Payudara" menutupi bagian puting.

Sekitar 30 truk juga sengaja diparkir sopir di tempat-tempat strategis agar semua orang bisa melihat. Banyak pengendara mengaku khilaf. Bisa jadi penyebabnya gambar iklan terlalu seksi dan mengundang syahwat itu.

2. Manekin seksi bikin pengendara AS kecelakaan

Manekin yang bikin salah fokus
Iklan di Rusia iklan di truk bikin runyam, di Amerika Serikat tepatnya di Kota Oklahoma sekitar delapan orang mengalami kecelakaan gara-gara melihat promo sebuah toko pakaian dalam dan mainan seks dengan menggunakan manekin super seksi.

Kejadian Juni ini memakan korban sekitar delapan orang menabrak pengendara lain. Meski tak ada korban jiwa, namun iklan dengan manekin itu berhasil membuat banyak pengguna jalan mengalihkan konsentrasi mereka saat mengemudi.

3. Puluhan kecelakaan di Abu Dhabi dipicu iklan silau

Gedung bertingkat di Abu Dhabi
Lain lagi dengan yang terjadi di Ibu Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Salah satu negara Timur Tengah cukup makmur itu sudah membenahi pusat negeri dengan pelbagai modernitas. Tiap jalan ada gedung bertingkat yang dipajang berbagai iklan bahkan papan bisa memuat beberapa promo dalam sehari.

Gara-gara ini setidaknya sekitar 10-20 kasus tabrakan terjadi di Abu Dhabi dalam sehari. Iklan dengan billboard yang menggunakan lampu warna warni sistem canggih terkadang menyilaukan mata dan merusak pandangan pengemudi tengah berkonsentrasi melihat rambu lalu lintas. Paling sering saat lampu jalan terhalang silaunya papan promo tersebut.

4. Iklan bra memicu tabrakan massal di AS

Iklan Bra yang bikin salah fokus
Iklan lain dipajang di papan jalan yakni sebuah koleksi kutang keluaran Wonderbra pada 1994. Menampilkan model Eva Herzigova dengan beha dan celana dalam berwarna hitam dan menjadi promo paling diingat sepanjang zaman.

Baca Juga :
  1. Hindari Untuk Melakukan Ini! Jika Kamu Tidak Ingin Kue Yang Kamu Buat Gagal
  2. Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Tidak dilaporkan berapa banyak kendaraan saling tabrak lantaran melihat keseksian Eva. Meski tak ada korban jiwa namun iklan ini menjadi promo pertama yang akhirnya membuat banyak pihak meneliti akan hubungan kecelakaan dan iklan.

5. Iklan Menakutkan di Jalanan Kota Dongguan, China

Iklan menakutkan di jalanan Kota Dongguan
Warga ramai-ramai mengeluh ke polisi, mengaku ketakutan saat malam-malam melihat sebuah papan iklan menunjukkan sosok perempuan berpakaian putih di sepanjang jalan utama, seperti dilansir Stasiun Televisi CCTV News, Jumat (2/10) pekan lalu di Kota Dongguan, China.

Perusahaan iklan tidak disebut namanya itu berdalih ingin memasarkan produk busana. Mereka baru menyadari kalau iklan mereka mengganggu orang ketika banyak keluhan muncul di jejaring sosial.

"Kami akan mengganti iklan tersebut dengan materi berbeda," tulis pernyataan perusahaan itu.

Warga Dongguan masih beruntung pariwara sosok wanita itu tak berujung insiden. Iklan di jalanan lainnya, yang tak kalah aneh, ternyata bisa menyebabkan orang celaka.
(Ref: sandk, merdeka.com, wikipedia.org, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.