Inilah 9 Deretan Sungai Biru Paling Jernih di Dunia

Baca juga:

Sungai merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Air dalam sungai umumnya terkumpul dari presipitasi, seperti hujan, embun, mata air, limpasan bawah tanah, dan di beberapa negara tertentu juga berasal dari lelehan es/salju. Selain air, sungai juga mengalirkan sedimen dan polutan.

Ada berbagai sungai di dunia ini yang memiliki keindahan yang bakal membuat siapa saja bakal terpesona. Sungai-sungai itupun sering disebut sebut sebagai keajaiban alam.

Pantas jika sungai-sungai berikut dianggap sebagai keajaiban alam. Airnya memiliki warna biru muda, biru langit, atau biru kehijauan. Penyebabnya beraneka ragam. Sebagian besar karena kandungan mineral yang membuat airnya memantulkan gelombang warna biru cahaya matahari.

Mulai dari Sungai McKenzie di Kanada hingga Blue River Greenland, berikut ini kami tampilkan deretan sungai biru paling cantik di berbagai belahan dunia.

1. Sungai McKenzie - Kanada

McKenzie River Trail. Kevin Jantzer
McKenzie merupakan sistem sungai terbesar dan terpanjang di Kanada, dengan panjang mencapai 1.738 kilometer menuju ke Laut Arktik. Sungai permai ini mengalir di antara hutan dan tundra Yukon and Northwest Territories. Beberapa anak sungainya mengular hingga ke empat provinsi di Kanada, menjadikan McKenzie salah satu sungai terpanjang di dunia.

Dilansir MTB Project, alam sekitar yang indah menjadikan McKenzie salah satu lokasi rafting dan mountain biking terbaik di Kanada. Para pecinta mountain bike bisa menelusuri jalur menurun McKenzie River Trail (MRT) yang penuh pemandangan indah. Ada Clear Lake, Sahalie Falls, dan Tamolitch Falls yang bisa dijadikan titik perhentian. Semuanya menawarkan pemandangan indah, dengan air jernih yang memantulkan warna biru cemerlang.

2. Rio Celeste - Kosta Rika

Rio Celeste. 2014 Atlas Obscura
Tak heran jika namanya Rio Celeste atau 'sungai yang seperti surga'. Pasalnya sungai ini memiliki air berwarna biru muda yang sangat cantik. Inilah yang menjadikan Rio Celeste terkenal hingga ke seluruh dunia.

Menurut situs Enter Costa Rica, tersembunyi di tengah hutan lebat dan lereng curam Tenorio Volcano National Park. Sungai Rio Celeste juga terhubung dengan beberapa sumber air panas dan sebuah air terjun besar. Dari hulu hingga hilir, aliran Rio Celeste berwarna biru muda.

Warna biru terang Rio Celeste sebenarnya adalah hasil dari reaksi kimia mineral vulkanik seperti sulfur dan kalsium karbonat. Namun warga setempat memiliki cerita yang berbeda mengenai asal-usulnya. Dilaporkan situs The Tico Times, legenda setempat mengatakan bahwa warna biru Rio Celeste berasal dari kuas berlumur cat untuk mewarnai langit yang dicuci oleh para dewa di air sungai tersebut. Sementara suku Indian Maleku yang tinggal di dekat sungai percaya, warna biru Rio Celeste bersumber dari air seni seorang dewi yang bersemayam di tempat itu.

3. Sungai Hinatuan - Filipina

Sungai Hinatuan
Kalau Kosta Rika punya Rio Celeste, Filipina punya Hinatuan yang tak kalah indah. Letaknya di dekat Surigao del Sur, Pulau Mindanao. Panjangnya tak lebih dari 50 meter, namun disebut-sebut sebagai salah satu sungai paling cantik dan jernih di Asia.

Dunia menyebut Hinatuan dengan julukan enchanted river karena keindahan alamnya yang tak biasa. Penduduk setempat menganggapnya keramat, sebab sungai air asin ini tak diketahui sumbernya. Menurut Atlas Obscura, teori yang dikemukakan para peneliti adalah adanya sistem gua bawah tanah yang meluap ke permukaan tanah.

Hinatuan merupakan objek wisata populer di Filipina. Saat musim liburan tiba, banyak wisatawan yang berkunjung untuk sekadar berendam atau menyelami airnya yang biru. Namun pengunjung dilarang keras memasuki air sungai begitu matahari terbenam. Warga setempat percaya, inilah saat roh-roh sungai keluar dari sarang.

4. Rio Futaleufu - Chile dan Argentina

Rio Futalefu. NauticaMagazine
Futaleufu kerap disebut sebagai salah satu sungai terindah di dunia. Julukan ini bukannya tanpa sebab. Futaleufu memang memiliki air berwarna biru dan arus deras yang cocok untuk olahraga arung jeram.

Menurut situs Patagonia, sungai ini dianggap sebagai salah satu dari tiga tujuan arung jeram terbaik di dunia. Beberapa event arung jeram internasional telah diselenggarakan di sungai ini.

Sungai Futaleufu mengalir hingga ke dua negara, yaitu Chile dan Argentina. Tiga anak sungainya, yaitu Rio Claro, Rio Espolon, dan Rio Azul berada di Chile. Sungai ini juga menjadi sumber air danau-danau paling jernih di Patagonia, antara lain Lago Espolon dan Lago Lonconao.

5. Sungai Neretva - Bosnia & Herzegovina

Sungai Neretva. Raftzone.info
Neretva merupakan sungai terpenting di Bosnia & Herzegovina. Sungai ini merupakan sumber air bersih utama untuk kebutuhan konsumsi warga. Selain itu menurut WWF, Neretva merupakan habitat aneka flora dan fauna unik. Belum lagi nilai kultural dan historis yang dimilikinya.

Neretva merupakan sungai terbesar di bagian timur cekungan Adriatik. Sungai ini berada di tengah Sungai Drina yang mengaliri bagian timur dan Sungai Una yang mengular di bagian barat.

Sungai ini mengaliri Jablanica, danau buatan di Herzegovina. Selain berfungsi sebagai dam, danau ini merupakan tempat rekreasi yang populer di antara warga Herzegovina.

6. Sungai Biei - Jepang

Sungai Biei. Ikidane-nippon.com
Kota Biei, Hokkaido merupakan rumah bagi perairan biru terindah di negeri matahari terbit. Daerah ini memiliki Blue Pond yang terkenal di seluruh dunia serta Air Terjun Shirohige yang mengucur ke sungai berwarna biru.

Bieigawa atau Sungai Biei tampak semakin indah di musim dingin. Pada saat-saat seperti itu, airnya yang berwarna biru muda tampak kontras di antara tebing yang berselimut salju.

Dilansir Amusing Planet, warna biru disebabkan karena kandungan aluminium hidroksida di dalam air. Aluminium hidroksida memantulkan gelombang cahaya biru matahari, seperti halnya warna biru langit yang dipantulkan oleh atmosfer bumi.

7. Sungai Odeleite - Portugal

Sungai Odeleite.
Tahun 2015 lalu, netizen China geger karena foto sungai di Portugal yang menyerupai naga biru dalam mitologi Tiongkok.

Dilansir Viral4Real (16/9), foto tersebut merupakan hasil jepretan salah satu pengguna Reddit dengan nama akun Docius ketika melakukan perjalanan udara dari Amsterdam ke Marrakech.

Sungai ini memiliki nama resmi Odeleite, meskipun warga yang tinggal di dekatnya juga lebih akrab dengan julukan sungai naga biru. Letaknya di Kota Castro Marim, Algarve, Portugal. Odeleite merupakan sumber air penting bagi daerah sekitarnya. Di salah satu bagian sungai dibangun sebuah dam yang kemudian menjadi tempat rekreasi warga sekitar.

8. Sungai Te Waihou - Selandia Baru

Te Waihou di Selandia Baru
Mungkin banyak orang yang menduga foto-foto Sungai Te Waihou di Selandia Baru hasil rekayasa komputer. Pasalnya, pemandangan sungai tersebut memang kelewat indah dengan air biru, tumbuhan air lebat, dan hutan hijau permai di sekitarnya. Padahal, Te Waihou memang secantik yang terlihat seperti di dalam foto.

Baca Juga :
  1. 8 Bukti Kamu Yang Terbiasa Sendiri Berarti Kamu Manusia Unggulan
  2. Ini Penyebab Anda Sering Mengantuk, Serta Tips Untuk Mengatasinya

Menurut situs Atlas of Wonders, Te Waihou terletak di dekat Putaruru, Waikato. Tepiannya difungsikan sebagai jalur pejalan kaki. Airnya bersumber dari Mamaku Ranges dan menjadi pasokan industri air mineral dalam kemasan di Selandia Baru. Kawasan sekitar sungai ditumbuhi spesies palem yang hanya bisa ditemui di negara ini.

9. Blue River - Greenland

Blue River Greenland
Blue River adalah sungai cantik yang berada di Greenland. Airnya bersumber dari Petermann Glacier yang berada jauh di puncak gunung. Sungai ini mengalir deras pada musim semi, ketika gletser mencair dan menggenangi daratan. Karena bersifat temporer, Blue River memiliki bentuk yang berbeda setiap tahunnya.

Blue River telah menarik minat para penjelajah, ilmuwan, dan petualang dari seluruh dunia. Sungai ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk olahraga kayak.

Dan itulah 9 sungai biru paling jernih di dunia, apakah kalian ingin mengunjunginya?
(Ref: sandk, catatansandk.com, merdeka.com, wikipedia.org, berbagai sumber)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.