Inilah Daftar 7 Lautan Paling Beracun di Dunia

Baca juga:

Laut adalah kumpulan air asin yang luas dan berhubungan dengan samudra. Laut adalah kumpulan air asin yang sangat banyak dan luas di permukaan bumi yang memisahkan atau menghubungkan suatu benua dengan benua lainnya dan suatu pulau dengan pulau lainnya.

Air laut merupakan campuran dari 96,5% air murni dan 3,5% material lainnya seperti garam-garaman, gas-gas terlarut, bahan-bahan organik dan partikel-partikel tak terlarut. Sifat-sifat fisis utama air laut ditentukan oleh 96,5% air murni.

Sejatinya lautan adalah rumah dari berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang ada di dunia, namun bagaimana jika sebuah lautan yang luas tercemar, itu akan membuat bencana yang sanagt besar bagi manusia maupun makhluk hidup yang berada di lautan. Aktivitas manusia membuat samudera bumi dipenuhi lautan sampah dan limbah beracun. Inilah daftar laut yang paling tercemar di dunia. Ironisnya sebagian besar berada di Eropa dan Amerika Utara.

1. Teluk Meksiko

Tumpahan minyak di teluk Meksiko
Selain bocornya anjungan minyak lepas pantai 2010 lalu, Teluk Meksiko disebut sebagai wilayah laut dengan zona kematian paling besar di dunia. Kandungan zat kimia pada air laut di kawasan ini mencakup nitrogen dan fosforus yang berasal dari area pertanian AS di tepi sungai Mississippi. Kandungan zat kimia tersebut menciptakan puluhan titik minim oksigen di bawah permukaan air.

2. Atlantik Utara

Pulau yang terbuat dari sampah di Atlantik Utara
Sejak pertama kali didokumentasikan tahun 1976, sampah plastik yang mencemari utara Atlantik antara Eropa dan Amerika Serikat kian menggunung. Ilmuwan memperkirakan sekitar 200.000 potongan plastik memenuhi setiap satu kilometer persegi di Samudera Atlantik.

3. Pasifik Utara

Peta Sampah di Samudra Pasifik yang membentuk sebuah pulau sampah
Berkat arus laut, sampah plastik dari Amerika Serikat dan Asia terjebak di utara Pasifik. Tidak ada yang tahu seberapa besar kawasan yang tercemar, tapi ilmuwan memperkirakan antara 700.000 hingga 15 juta kilometer persegi. Sampah yang mengambang kebanyakan berupa potongan plastik berukuran mikroskopik. Sampah ini terutama mengancam kehidupan satwa laut.

4. Samudera Hindia

Sampah yang mengapung di samudra hindia
Menurut Indian Ocean Experiment, Samudera Hindia diliputi oleh lautan sampah plastik seluas 10 juta kilometer persegi. Selain itu limbah kimia yang mencemari laut menyebabkan hipoksia, yakni kondisi rendah oksigen. Tahun 2011 peneliti dari University of Virginia menemukan, tingginya tingkat polusi udara di Samudera Hindia menggandakan peluang terjadinya badai tropis.

5. Laut Baltik

Ganggang Biru di laut baltik yang luasnya hampir seukuran Jerman dan jelas terlihat pada gambar-gambar satelit yang diambil oleh Badan Antariksa EDA
Penangkapan ikan berlebihan, pencemaran minyak dan polusi dari daratan menempatkan laut Baltik sebagai salah satu kawasan laut paling tercemar di bumi. Sejak lebih dari satu dekade komisi kelautan Swedia mewanti-wanti, populasi separuh jenis ikan di laut Baltik berada di bawah level kritis. Finlandia bahkan melarang warganya memakan beberapa jenis ikan dari laut Baltik atas alasan kesehatan

Baca Juga :
  1. Seram, Tiga Bocah Asal Afrika Dipenggal Hanya Untuk Ritual Sihir Hitam
  2. 12 Penataan Kamar Tidur Menurut Masing-Masing Zodiak

6. Laut Tengah

Nelayan yang ingin melaut di laut tengah
Program Lingkungan Hidup PBB memperkirakan, 650 juta ton limbah, 129.000 ton minyak mineral, 60.000 ton merkuri dan 36.000 ton fosfat dibuang ke Laut Tengah setiap tahunnya. Karena bentuknya yang tertutup dua benua, Laut Tengah membutuhkan waktu 100 tahun untuk regenerasi, demikian Greenpeace. Sebab itu pula perairan di antara Afrika dan Eropa ini termasuk yang paling tercemar di dunia

7. Laut Karibia

Ekosistem laut Karibia
Kerusakan terbesar pada ekosistem laut Karibia disebabkan oleh aktivitas manusia. Menurut penelitian yang dibuat National Centre for Ecological Analysis and Synthesis di AS, cemaran minyak, penangkapan ikan berlebihan, polusi dan perubahan iklim membunuh keragaman hayati di dalam laut. Berbagai jenis ikan, tiram, rumput laut dan terumbu karang perlahan dikabarkan mulai menghilang. (Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, wikipedia.org.)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.