Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Keratosis Pilaris

Apakah kalian merasa timbul beruntus-beruntus pada bagian leher, pantat, ataupun bokong, lalu sang penderita kadang merasa gatal dan menyebabkan ruam kemerahan? Bisa jadi penyebabnya adalah keratosis pilaris. Apa yang menimbulkan masalah kulit ini dan seperti apa cara mengatasinya? Simak uraian berikut.

Keratosis pilaris atau dikenal juga sebagai penyakit kulit ayam, adalah kondisi di mana permukaan kulit menjadi kasar dan muncul bentol-bentol kecil mirip jerawat. Umumnya keratosis pilaris tidak menimbulkan rasa nyeri atau gatal, serta bisa berwarna putih atau merah.

Keratoris pilaris pada lengan
Dilansir WebMD, keratosis pilaris disebabkan oleh penumpukan keratin, protein yang melindungi kulit terhadap pengaruh buruk dari luar. Penumpukan ini membentuk penyumbatan yang menghalangi terbukanya folikel rambut. Inilah yang menyebabkan beruntus-beruntus berwarna terang di permukaan kulit. Jika kamu memiliki kulit kering, besar kemungkinan kamu bakal mengalami keratosis pilaris. Biasanya kondisi ini memburuk pada cuaca dingin dan berangsur pulih saat cuaca lembap.

Baca Juga :
  1. Keren dan Canggih, Kini Para Hacker Bisa Retas Data Pakai Lampu Bohlam!
  2. 6 CEO Wanita Paling Cantik, Pintar dan Juga Seksi di Dunia

Sebenarnya keratosis pilaris sama sekali tak berbahaya, hanya menyebabkan sensasi tak nyaman pada kulit. Untuk mengatasinya, gunakan salep yang mengandung bahan keratolitik. "Cari obat kulit yang mengandung bahan keratolitik seperti urea, asam laktat, asam salisilat dan asam glikolat." Dr Jeannette Graf, dokter kulit dan penulis buku Stop Aging, Start Living. Sementara untuk pencegahan, oleskan produk yang mengandung retinoid. Retinoid mampu mencegah penyumbatan pada folikel rambut.

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan jika kamu mengalami keratosis pilaris:

  1. Jangan menggaruk beruntus-beruntus di kulit dengan kasar, meskipun terasa sangat gatal.
  2. Gunakan air hangat untuk mandi jangan terlalu lama.
  3. Cobalah sabun atau shower cream yang mengandung minyak pelembap ekstra.
  4. Rajin gunakan pelembap di seluruh tubuh.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai keratosis pilaris. Semoga informasi di atas berguna. (Ref: sandk, merdeka.com, theskiny.com, webmd.com, alodokter.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.