17 November 2016

author photo
Noni adalah panggilan bagi perempuan keturunan Belanda atau Indo dan belum menikah pada zaman penjajahan Belanda di Indonesia.Sekarang ini penggunaan Noni sudah meluas pada masyarakat Indonesia. Biasanya diberikan sebagai nama panggilan sayang kepada anak perempuan, Kekasih atau istri yang sangat dicintai dan juga dipakai untuk nama asli.

Saat ini kondisi pintu air Manggarai semain baik dan terlihat sangat terawat. Semua pintu air terlihat sangat bersih terawat, begitu juga dengan kantor tempat pegawai pemda yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk mengamati ketinggian air juga terlihat terawat.

Pintu Air Manggarai
Meskipun demikian, bangunan yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda itu bukan berarti tak memiliki kisah mistis. Karena berdasarkan cerita warga setempat ada sosok makhluk halus berwujud noni Belanda yang ikut menjaga pintu air yang sudah ada sejak tahun 1904 tersebut. Banyak cerita-cerita aneh yang terjadi.

Hal ini juga dibenarkan oleh Herry Parianto selaku penjaga pintu air Manggarai. Selama 3 tahun bertugas, ia menuturkan sering ada kejadian mistis yang dialami oleh rekan-rekannya, termasuk melihat kemunculan sosok noni Belanda tersebut.

“Biasanya ada noni Belanda yang menampakkan diri di dekat pintu air itu. Tak hanya saat malam hari saja, dia juga pernah menampakkan sosoknya pada sore hari,” kata Herry.

Lebih lanjut, ia menuturkan jika saat itu tengah ada revitalisasi, sehingga sisi paling kiri pintu air ditutup. Namun saat para pekerja proyek sedang bekerja, noni Belanda itu menampakkan wujudnya di atas sebuah beco.

“Waktu sedang ada pengerjaan revitalisasi ada mandor yang melihat noni Belanda sedang duduk di atas beco. Memang saat itu ia hanya duduk terdiam saja. Saat itu kejadiannya sekitar pukul 13:00. Cuaca memang lagi mendung dan gerimis,” tutur Herry.

Baca Juga:
  1. 10 Lokasi Paling Menyeramkan di Dunia
  2. Apakah Anda Penasaran Ingin Melihat Hantu? Coba 4 Cara Ini!

Herry juga mengungkapkan jika noni Belanda itu sering menampakkan wujudnya kepada penjaga pintu air termuda, Fathur. Herry mengungkapkan jika Fathur sering melihat penampakan itu saat sedang memantau ketinggian air.

“Fathur yang sering melihat penampakan itu. Dia pernah bilang waktu lagi memantau ketinggian air di belakang dia melihat noni Belanda itu lewat,” sambung Herry.

Meskipun rekan-rekannya banyak yang melihat penampakan tersebut, namun Herry justru belum pernah melihat penampakan itu secara langsung. Bahkan saat dia keluar malam hari pun tak pernah dihantu sosok noni Belanda penjaga pintu air Manggarai tersebut.

“Kalau saya belum pernah. Saya pernah jalan kaki ke arah Pasar Raya untuk membeli makan, tapi saya juga tak pernah melihat penampakannya, padahal waktu itu sudah pukul 02:00 dini hari,” pungkasnya. (diahanggra, terseram.com)
Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...