Mencegah Kebungkukan, Beginilah Cara Menggunakan Smartphone Yang Benar

Baca juga:

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penaggulangan, dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan/atau perawatan 

Jika kamu keseringan menggunakan smartphone bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Terlebih jika kita juga cuek masalah menjaga postur tubuh ketika menggunakan smartphone atau gadget, dampaknya bisa lebih serius lagi. Sementara itu instensitas penggunaan smartphone tak bisa dikurngi karena kebutuhan dan tuntutan pekerjaan. Jika sudah begini, kita harus bagaimana?

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah menjaga postur tubuh. Seperti yang dilansir oleh brightside.me, postur tubuh bisa mempengaruhi kondisi emosional kita. Seseorang bisa mengalami depresi klinis karena pose atau postur tubuh yang salah. Kalau dulu yang bungkuk itu lebih didominasi oleh orang-orang yang sudah tua atau lanjut usia. Kini, anak-anak muda juga bisa bungkuk karena postur tubuh yang salah saat menggunakan HP.

Posisi tubuh yang salah saat menggunakan Smartphone
Posisi leher yang sampai ikut membungkuk saat pakai HP. Seperti yang terlihat di ilustrasi di bawah ini, saat pakai HP, pandangan mata yang perlu ditundukkan bukan leher. Angkat HP dalam posisi yang nyaman dan bisa terjangkau dengan pandangan mata lebih mudah, yang tak mengharuskanmu menunduk atau membungkuk. Tak terlalu sulit untuk dilakukan, kan?

Posisi yang benar saat menggunakan Smartphone
Baca Juga:
  1. Unik, Museum di Tokyo Jepang Ini Khusus Mengkoleksi Batu-batu Berwajah Manusia
  2. 4 Tips Jitu Menakhlukan Hati Wanita Yang Pemalu

Untuk mencegah bungkuk, ini lima tips simpel yang bisa dilakukan:
  1. Gerakkan leher ke kanan dan ke kiri secara berkala.
  2. Pijat area bahu, otot-otot leher, dan area di antara tulang belikat.
  3. Berdiri, sandarkan punggung di pintu, rentangkan kedua tangan, lalu busungkan dada selama beberapa detik. Cara ini bisa bantu merilekskan otot-otot yang kaku karena penggunaan HP dalam waktu lama.
  4. Setelah pakai HP selama lebih dari 10 menit, sentuhkan dagu ke leher, lalu tarik kedua tulang belikat ke titik tengah bersamaan. Tahan selama 10 detik dan lakukan beberapa kali.
  5. Selalu ingatkan diri untuk tidak membungkukkan tubuh saat pakai HP.

Mulai saat ini, yuk kita jaga postur tubuh kita lebih baik lagi. Hal ini memang perlu dibiasakan. Awalnya akan sulit, tapi setelah mencoba beberapa kali, lama-lama bisa jadi kebiasaan.(diahanggra, vemale.com, berbagai sumber)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.