Misteri Kabut Pembunuh Lebih Dari 12.000 Orang di Kota London

Baca juga:

Kabut adalah uap air yang berada dekat permukaan tanah berkondensasi dan menjadi mirip awan. Hal ini biasanya terbentuk karena hawa dingin membuat uap air berkondensasi dan kadar kelembaban mendekati 100%. 

Namun beda halnya dengan kabut yang menghantui Inggris pada masa lalu. Lebih dari 12.000 orang meninggal dunia ketika kota London dirundung kabut hitam tahun 1952. Selama berpuluh tahun penyebabnya masih menjadi misteri. Tapi kini ilmuwan berhasil memecah teka teki terbesar abad silam itu. Berikut adalah informasinya

1. Pembunuh di Udara

Kabut Pembunuh dijembajan Menara
Di penghujung tahun 1952 kota London mendadak diselimuti kabut hitam dan tebal. Cuaca dingin dan minimnya angin memperburuk situasi di kota industri terbesar abad 20 itu. Akibatnya 12.000 orang meninggal dunia dan 150.000 lainnya terpaksa dirawat di rumah sakit.

2. Hari-hari Maut

Hari-hari maut
Padahal kabut pembunuh cuma bertengger selama tiga hari di langit London, yakni antara tanggal 5 sampai 9 Desember 1952. Polusi tidak cuma membunuh manusia, tetapi juga melumat satwa dan tumbuhan. Hingga kini kabut 1952 tercatat sebagai bencana polusi terparah di Inggris.

3. Dekade Penuh Misteri

Seorang sedang melintas di depan bis tingkat dengan kabut pembunuh
Kabut memangkas jarak pandang di dalam kota menjadi hanya satu meter. Akibatnya transportasi publik lumpuh. Selama beberapa dekade ilmuwan gagal mengungkap penyebab kemunculan kabut pembunuh tersebut

4. Petaka Batu Bara

Dua orang wanita menggunakan masker seadanya untuk menghalangi kabut pembunuh yang terhirup
Sejak saat itu pemerintah Inggris telah memperketat regulasi penggunaan bahan bakar di dalam kota. Ironisnya kabut pembunuh berasal dari pemanas batu bara yang digunakan penduduk untuk melawan musim dingin 1952 yang tergolong parah. Penggunaan batu bara berkualitas rendah pasca Perang Dunia II ditengarai menjadi penyebabnya.

Baca Juga :
  1. Misteri Peraadaban Dunia Paling Tua Yang Pernah Ada
  2. Wow, 7 Orang Ini Mempunyai Kondisi Fisik Paling Aneh di Dunia

5. Racikan Maut

Racikan maut
Temuan ilmuwan A&M Universty di Texas, Amerika Serikat, mengungkap partikel asam sulfat yang terbentuk selama proses pembakaran batu bara, menyatu dengan kabut alami dan memproduksi senyawa mematikan lain yang berbahaya buat manusia. Ilmuwan juga mencatat paduan serupa sering muncul di kota-kota besar abad 21. (Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, wikipedia.org, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.