Ternyata Saran "Just Be Yourself" Adalah Saran Yang Salah!

Baca juga:

Orang kerap memberi saran, "just be yourself" atau "jadilah diri sendiri". Kedengarannya memang gampang, tapi bagaimana caranya? Nah, itu yang susah. Robert Kelsey, penulis buku What's Stopping You Being More Confident?, mengungkapkan bahwa menerima diri sendiri adalah langkah pertama bagaimana kita bisa menjadi diri sendiri. 

Menjadi diri sendiri itu bukan artinya kamu berhenti belajar menjadi pribadi yang lebih baik. Hanya karena kata-kata "menjadi diri sendiri", bukan berarti kamu harus menjadi apa adanya di setiap situasi dan kondisi. Kamu juga harus mengualitasi diri kamu sebaik mungkin.

Be Yourself!
Belajar menjadi original dan tulus

Menjadi original berarti kamu bisa mengenali seperti apa dirimu (self-aware). Seperti apa emosi, pikiran serta nila-nilai yang kamu pegang. Dalam dunia kerja, ketulusan dan jujur menjadi diri sendiri adalah hal yang terkadang agak tricky. Ada kalanya kamu harus apa adanya, ada kalanya kamu perlu sedikit seperti bunglon.

Ini risikonya jika kamu terlalu "menjadi diri sendiri".

1. Mudah dimanfaatkan

Jangan terlalu polos dan menunjukkan apa adanya dirimu. Tak semua orang berpikiran baik, beberapa banyak yang punya niat buruk dan menyakiti. Kamu harus bisa membedakannya.

Baca Juga:
  1. Aneh Tapi Nyata, Telinga Pria Asal China Ini Tumbuh di Tangan
  2. Realita Menjadi Seorang Mahasiswa Yang Tak Seindah Di FTV

2. Kamu menciptakan pikiran yang kaku
Karena rasa percaya diri yang tinggi, kamu tahu bahwa pikiranmu bisa menuntunmu ke segala hal yang baik. Namun kamu jadi lupa bahwa ada banyak pemikiran di luar sana yang bisa mengembangkan pemikiranmu dan caramu menilai segala hal dalam hidup.  

Menjadi diri sendiri itu penting, tapi kamu juga harus hati-hati. Ada baiknya jika kamu menjaga keseimbangan antara menjadi diri sendiri dengan menjaga diri sendiri. Ketahui situasi dan kondisinya, kapan harus jadi diri sendiri dan kapan jadi sedikit 'orang lain'. (diahanggra, vemale.com, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.