06 November 2016

author photo
Perawatan wajah atau facial adalah prosedur perawatan untuk mengatasi masalah pada kulit wajah manusia. Masalah kulit wajah ini dapat berkaitan dengan tekstur, tekanan sel, warna, dan kesehatan secara keseluruhan, sementara prosedur yang dilakukan dapat mencakup pembersihan, eksfoliasi, penghilangan komedo, pemberian masker kecantikan, pemijatan, dan pemberian nutrisi. Facial merupakan layanan yang paling umum diberikan di spa.

Biasanya kamu mengeluarkan banyak biaya untuk merawat wajah. Mulai dari pergi ke dokter, rajin peeling, sampai membeli skin care yang harganya bahkan tidak murah. Padahal kenyataannya kamtu tidak perlu pusing dan repot untuk bayar mahal hanya untuk merawat wajahmu. Karena semua itu bisa kamu lakukan sendiri dirumah tanpa harus ke dokter dan sebagainya. Yuk langsung saja simak!

1. Flek di wajahmu bisa dihilangkan dengan masker bengkuang atau mentimun yang bisa dibikin sendiri di rumah.

Masker Mentimun
Buah bengkuang dan mentimun nggak cuma bagus untuk kesehatan tubuhmu, buah itu juga bagus untuk merawat wajahmu agar flek-flek yang terlihat mengganggu bisa hilang. Untuk membuat bengkuang atau mentimun menjadi masker juga cukup mudah kok. Kamu hanya perlu memblendernya aja.

Cara penggunaannya cukup dengan kamu mengoleskan masker itu di wajahmu secara rata kurang lebih selama 15 menit. Lalu bersihkan dengan air hangat, kemudian basuhlah wajah dengan air es, diikuti dengan tepukan perlahan dan merata sampai wajahmu terasa segar. Kamu akan merasakan efek sejuk di wajahmu setelah memakan masker tersebut. Ingat ya, pilih buah yang segar untuk dijadikan masker agar tidak menjadi iritasi.

2. Nggak perlu peeling lagi. Buang kulit mati dengan irisan jeruk nipis

Jeruk Nipis
Jeruk nipis yang mungkin bisa kamu temukan di dalam kulkas atau dapur di rumahmu ternyata bermanfaat untuk menjaga kecantikan wajahmu, lho. Yap! Irisan jeruk nipis itu mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang mengganggu wajahmu.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, pertama kamu harus mengoleskan irisan jeruk nipis ke wajahmu dan diamkan sampai itu mengering, lalu bilaslah wajahmu dengan air hangat-hangat kuku supaya pori-pori wajahmu terbuka, dan terakhir bilas kembali wajah dengan air yang dingin agar pori-pori kembali merapat.

3. Teh yang didiamkan semalaman bisa jadi pengganti krim anti aging yang nggak murah

Teh Basi
Ternyata teh nggak cuma bisa memberikan kenikmatan saat kamu meminumnya. Kandungan tanin di dalam teh ternyata sangat bisa mengatasi permasalahan kulit karena terbakar matahari dan membuatmu tetap awet muda.

Begini cara merawat mukamu dengan teh, pertama kamu harus inapkan secangkir teh tawar yang kental selama satu malam, lalu oleskan air teh keseluruh kulit wajah dan bisa juga dipakai di tubuhmu dan biarkan teh itu kering dengan sendirinya ya, kemudian bilas dengan air hangat untuk membuka pori kulit, dan jangan lupa untuk membilas ulang dengan air biasa untuk menutup pori ya.

Selain itu, teh juga bermanfaat untuk menyegarkan mata kamu yang lelah. Kamu tinggal meletakkan sekantong teh celup yang sudah dingin pada kelopak matamu sambil berbaring. Jadi, kamu bisa sekaligus merawat kulit wajah dan juga mata.

Baca Juga:
  1. 7 Rahasia di Balik Aroma Air Hujan
  2. Pilihlah Seseorang Yang Membuatmu Merasa Nyaman, Karena Kamu Berhak Untuk Bahagia

4. Kalau rajin pakai minyak zaitun, kamu nggak butuh pelembab mahal racikan dokter lagi

Minyak Zaitun
Buat kamu yang punya jenis kulit muka kering, coba deh rawat dengan rajin mengoleskan minyak zaitun. Kandungan pada minyak zaitun itu bersifat melembutkan, membersihkan, dan mengurangi stress pada kulit. Jadi, nggak akan salah kalau kamu mengoleskan dengan teratur minyak zaitun di wajahmu. Selamat melembabkan kulit muka dengan minyak zaitun ya.

5. Kamu pasti sebel banget kan lihat komedo di wajahmu? Nggak perlu facial. Bersihin aja dengan buah tomat

Buah Tomat
Kamu pasti sudah nggak asing dengan tanaman yang disebut sebagai buah dan sayuran yang satu ini, tomat. Ternyata tomat memiliki banyak khasiat untuk mempercantik wajahmu, lho. Tomat dapat menghilangkan komedo, jerawat, dan bekas jerawat di wajahmu lho.

Kamu hanya perlu mengiris tomat menjadi beberapa bagian, kemudian oleskanlah di wajahmu dan jangan lupa untuk menempelkannya di bagian wajah yang berjerawat, diamkan selama 15 menit. Lakukanlah secara rutin selama satu bulan demi hasil yang bias memuaskanmu.

6. Kalau bisa diatasi pakai madu, kenapa harus laser buat menghilangkan noda membandel di wajahmu?

Madu
Madu memang dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit. Kamu bias menggunakan madu sebagai obat jerawat, khususnya jerawat batu. Tidak hanya itu, batu juga mampu menghilangkan noda bekas jerawat, lho. Agar lebih efektif, kamu bisa campurkan madu dengan putih telur.

Cara penggunaannya, pertama kamu siapkan dulu madu dan putih telur lalu campurkan keduanya dan aduk sampai semua benar-benar tercampur. Kemudian kamu oleskan di wajahmu secara merata dan tebalkan di bagian wajah yang berjerawat selama kurang lebih 15 menit. Bilas dengan air hangat, diikuti dengan bilasan berikutnya dengan air dingin. Kamu harus mengulangnya beberapa kali sampai jerawatmu benar-benar hilang.

7. Toner beralkohol untuk mengurangi minyak berlebih ternyata bisa digantikan dengan buag apel. Yeay!

Buah Apel
Selain enak untuk dimakan, ternyata buah apel bisa membantu kamu mengatasi minyak berlebih yang ada di wajahmu. Dengan begitu, otomatis apel bisa banget kamu manfaatkan untuk merawat wajahmu. Caranya juga gampang banget, kamu hanya perlu menghancurkan apel dengan blender dan sebaiknya jangan tambahkan air sedikit pun. Setelah itu, oleskanlah pada wajahmu selama kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air yang bersih ya.

8. Kulit lembab dan kenyal bisa kamu dapatkan lewat bantuan buah pisang. Nggak usah beli serum mahal

Buah Pisang
Kamu pasti mengidamkan kulit wajah yang selalu lembab dan kenyal, kan? Nggak usah khawatir untuk mengeluarkan uang banyak untuk itu. Kamu hanya membutuhkan 1 buah pisang ambon yang dikupas kulitnya dan dihancurkan buahnya. Kemudian, tambahkan pisang yang sudah hancur itu dengan 1 sendok madu dan oleskan secara merata pada wajahmu selama 30 menit. Setelah itu jangan lupa bersihkan ya dengan kapas dan air hangat. Lakukan secara rutin ya!

9. Krim whitening belum tentu aman. Mau kulit cerah? Rutin pakai buah pepaya aja

Buah Pepaya
Buah pepaya yang hijau atau oranye ini juga ternyata memiliki khasiat baik untuk kulit wajah. Pepaya ternyata dapat mencerahkan kulitmu, lho, karena pepaya hijau memiliki enzim papain yang ideal banget untuk memutihkan kulitmu.

Untuk merawat wajahmu, caranya mudah kok. Ambil satu sendok makan pepaya hijau yang masih mangkal dan haluskan, serta ambil juga satu sendok makan pepaya masak yang juga dihancurkan, lalu campurkan keduanya. Setelah itu, oleskan pada wajahmu secara rata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas. Lakukan itu setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Mulai sekarang kamu bisa memanjakan wajahmu sendiri, kan? Jadi, nggak usah lagi keluar uang banyak dan kamu tetap bisa tampil oke setiap saat dengan wajah yang berseri-seri. Selamat mencoba ya. (diahanggra, hipwee.com)
Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...