03 December 2016

author photo
Kunyit adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Tahukah kamu kunyit? pernahkah kamu mengkonsumsi kunyit secara langsung? minsalnya hanya di olah menjadi minuman saja? Mungkin hanya beberapa saja ya! Tahukah kamu? Kunyit juga mempunyai Efek sampingnya lho. Yuk langsung saja simak!

Kunyit
Berikut adalah lima efek samping kunyit dan bagaimana cara efektif menghindarinya:

1. Gangguan lambung

Karena sifat pedas yang dimilikinya, mengonsumsi kunyit dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gangguan lambung.

Untuk membantu menghindari efek samping ini, saat mengambil suplemen kunyit, pilih yang menggunakan lapisan enterik (enteric coating) dimana suplemen larut di usus kecil sehingga tidak mengganggu lambung.

2. Merangsang rahim

Kunyit dikenal sebagai stimulan rahim yang dapat mendorong aliran menstruasi. Wanita hamil dan ibu menyusui perlu berhati-hati untuk tidak menggunakan kunyit terlalu banyak.

3. Susah diserap tubuh

Kunyit memiliki kecenderungan susah diserap oleh tubuh. Jika hendak membeli suplemen kunyit, pastikan memilih yang mengandung piperin sebagai salah satu bahan aktif.

Piperin akan membantu mempermudah penyerapan kunyit sehingga tubuh akan mendapatkan manfaat maksimal.

4. Perdarahan

Kunyit diketahui menghambat penggumpalan trombosit sehingga dapat mencegah penggumpalan darah. Tapi kunyit ternyata juga dapat memicu perdarahan. Penting untuk mengambil dosis yang tepat untuk menghindari efek samping ini.

Saat memilih suplemen kunyit, pilih produk yang terdaftar serta mengandung nutrisi alami tambahan sehingga semakin banyak khasiat yang akan Anda dapatkan.

Penting untuk menghindari kunyit jika Anda sedang menggunakan obat antikoagulan.

5. Menurunkan efek kemoterapi

Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit mungkin memiliki efek terhadap kemoterapi, sehingga sebaiknya jangan menggunakan suplemen kunyit saat sedang menjalani kemoterapi.

Salah satu cara terbaik untuk menghindari efek samping dan untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kunyit adalah dengan mengonsumsi suplemen yang terbuat dari bahan alami dan bebas bahan kimia 

Baca Juga:
  1. 10 Keajaiban Alam ES di Dunia
  2. Bikin Geram, Orangtua Asal Arab Saudi ini Tega Meletakkan Bayinya di Pinggir Tebing Hanya Untuk Ini
  3. Inilah 8 Kiat Menghadirkan Surga di Dalam Rumah Kita
  4. Kisah Abi Sarah, Penghina Al-Qur'an Yang Dihukum Mati
  5. Mengerikan, Sebuah Video Menunjukan Seorang Penyihir Bunuh dan Bangkitkan Orang Mati
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, amazine.co)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...