Ternyata Tidur Larut Malam Baik Untuk Kesehatan dan Kecerdasan

Loading...
Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur bukan saja karena kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Faktor keamanan harus dibangun untuk mengatasi kemungkinan terjadinya kriminalitas ketika kita sedang tidur. Untuk itu selalu periksa keamanan rumah sebelum tidur. Kekurangan tidur biasanya disebabkan karena begadang ataupun karena insomnia.

Biasanya bangun pagi hari dianggap kebiasaan baik, dan bukti Anda rajin. Tapi menurut studi, kebiasaan yang berlawanan, yaitu aktif di malam hari seperti burung hantu tidak buruk, bahkan bermanfaat bagi kesehatan.

1. Kecerdasan Tinggi

Tidur Larut Malam Baik Bagi Kesehatan
Menurut studi pakar evolusi Satoshi Kanazawa, anak-anak yang cerdas akan berkembang menjadi orang dewasa yang bekerja hingga malam hari dan tidur larut malam. Di samping itu, menurut studi Universitas Madrid, mahasiswa yang belajar hingga larut malam dapat nilai lebih tinggi daripada yang bangun pagi hari, dalam tes IQ.

2. Lebih Berenergi

Tidur Larut Malam Baik Bagi Kesehatan
Peneliti di Universitas Alberta menguji kekuatan kaki sembilan orang yang biasa bangun pagi, dan sembilan yang tidur larut malam. Kekuatan orang yang bangun pagi konstan sepanjang hari, sedangkan energi mereka yang biasa tidur larut malam memuncak di malam hari.

3. Lebih Kreatif

Tidur Larut Malam Baik Bagi Kesehatan
Orang yang biasa tidur larut malam lebih punya kemampuan dalam mencari solusi yang kreatif dan lain daripada yang lain, dibanding mereka yang biasa bangun pagi. Marina Giampietro yang mengadakan studi di Milan mengungkap, tidur larut malam mendorong timbulnya jiwa yang non konvensional, sehingga bisa menemukan solusi alternatif.

4. Secara Mental Lebih Waspada

Tidur Larut Malam Baik Bagi Kesehatan
Studi Universitas Liege yang meneliti aktivitas otak orang yang biasa bangun pagi dan yang biasa tidur malam menunjukkan, 10,5 jam setelah bangun, aktivitas otak yang mengurus kewaspadaan dan ritme biologis harian pada mereka yang biasa bangun pagi menurun drastis. Itu jika dibanding dengan mereka yang biasa tidur larut malam.

5. Memiliki Unsur Meditatif

Tidur Larut Malam Baik Bagi Kesehatan
Semua orang yang biasa tidur larut malam bisa membenarkannya. Mungkin karena larut malam orang lain tidak aktif lagi, sehingga suasana sekitar tenang. Orang merasa punya kesempatan untuk bersendiri dan dalam situasi tenang bersama dunia.

6. Berperangai Lebih Tenang

Tidur Larut Malam Baik Bagi Kesehatan
Biasanya orang beranggapan, kurang tidur menyebabkan uring-uringan di pagi hari. Tapi studi menunjukkan, berlawanan dengan pandangan umum, mereka yang biasa bangun pagi memiliki jumlah kortisol lebih tinggi dalam darah. Hormon ini diproduksi tubuh untuk menangani stres.

7. Punya "Teman" Orang Beken

Tidur Larut Malam Baik Bagi Kesehatan
Mereka yang biasa tidur larut malam juga punya rekan orang terkenal. Barack Obama salah satunya. Dalam wawancara dengan Newsweek tahun 2009 Obama mengatakan, "Saya mulai bekerja sekitar 9 pagi, sampai sekitar 6:30 malam. Setelah anak-anak tidur, saya masih membaca dan menulis sesuatu hingga 11:30. Setelah itu saya masih membaca buku hingga 12:30."

Baca Juga :

  1. Inilah Bahayanya Menguap dan Manfaat Bersin Menurut Islam
  2. Paska Kebakaran di Israel, Negara Ini Terancam Musibah Banjir Bandang
  3. Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Diketahui Ingin Bantai Anak-anak Dengan Es Krim Beracun
  4. Astagfirullah, Ada Keset Kaki Yang Berisi Lembaran Surat Ali Imran (Al-Qur'an)
  5. Pelajaran Yang Sangat Berharga Dari Tragedi Genosida Umat Islam Bosnia

(Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, ml/vlz (huffingtonpost, littlethings), wikipedia)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.