10 Tanaman Hias Yang Bisa Menangkal Racun

Baca juga:

Polusi udara adalah suatu kondisi dimana udara tercemari oleh bahan kimia, zat/partikel dan bahan biologis lain yang bisa membahayakan kesehatan dan makhluk hidup serta organisme lainnya. Polusi udara bisa mengakibatkan rusaknya lapisan atmosfer dan tercemarinya oksigen yang dibutuhkan oleh manusia.

Polusi udara yang semakin hari semakin meningkat, sering membuat kita mudah memperoleh berbagai jenis penyakit.

Di tahun 1989, NASA mengeluarkan sebuat studi mengenai Kebersihan Udara untuk mencari jenis tanaman apa saja yang dapat kembali memurnikan udara.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa udara di permukaan bumi telah tercemar oleh berbagai bahan kimia seperti benzena, trichloroethylene, amonia dan banyak lagi.

Namun demikian, para peneliti mengaku telah menemukan beberapa jenis tanaman dalam ruangan yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi pencemaran udara. Yuk langsung saja inilah 10 tanaman yang dapat menghilangkan racun dalam udara

1. Scindapsus ('Golden Lotos')

Scindapsus
Jenis tanaman ini merupakan tanaman yang baik untuk ditempatkan di tempat teduh. Tanaman ini baik untuk menghilangkan benzena dan formaldehida di dalam ruangan. Namun perlu diingat, tanaman ini cukup beracun untuk anak-anak dan hewan.

2. Aglaonema

Aglaonema
Tanaman Chineese Evergreen ini tidak memerlukan banyak cahaya untuk membuatnya hidup dengan baik. Tetapi tanaman ini teruji dapat melembabkan udara. Hal ini terbukti dengan keefektifannya dalam menyaring benzena dan formaldehida dari udara.

3. Chlorophytum ( 'spider plant')

Spider Plant
Tanaman laba-laba ini memiliki bunga-bunga kecil yang indah. Tanaman ini sangat populer sebagai tanaman dalam ruangan. Namun tidak hanya cantik, tanaman ini juga telah terbukti dalam sejumlah studi dapat menghilangkan beberapa jenis racun seperti benzena, formaldehida, karbon monoksida dan xilena dari udara dalam ruangan. Selain itu tanaman ini tidak berbahaya untuk hewan dan anak-anak.

4. Ivy

Ivy
Tanaman ini adalah pilihan yang cocok untuk kondisi pencahayaan rendah. Ivy baik menyerap benzena, karbon monoksida, formaldehida dan trichloroethylene. Hal ini juga membantu menghilangkan beberapa alergen, misalnya jamur.

5. Sansevieria ('Mother-in-Law's Tongue')

Sansevieria
Di Indonesia tanaman ini akrab disebut dengan tanaman lidah mertua. Tanaman ini dipercaya sangat kuat untuk menghempas formaldehide, benzena, trichloroethylene dalam rumah dan kantor. Selain itu tanaman lidah mertua juga dapat menyerap CO2 dan melepas O2 di malam hari.

6. Dracaena marginata

Dracaena marginata
Salah satu cara terbaik untuk menyingkirkan xylene, trichloroethylene dan formaldehida di rumah kita adalah dengan membeli tanaman ini. Dracaena tumbuh cukup lambat, tapi kita layak untuk menunggu. Kita perlu memiliki cukup ruang untuk tanaman ini, karena dapat tumbuh sangat tinggi. Lebih baik untuk menempatkan Dracaena di tempat dengan sinar matahari yang moderat.

7. Philodendron

Philodendron
Philodendron dikenal sebagai 'pekerja keras' untuk menyaring formalin dan bahan kimia beracun lainnya dari udara. Lebih baik menempatkannya di daerah cahaya rendah, tanaman ini sangat mudah untuk beradaptasi di sana. Tapi ingat: Philodendron bisa berbahaya bagi anak-anak dan hewan.

8. Nephrolepis ('Boston Fern')

Nephrolepis
Tanaman ini sangat baik untuk melembabkan dan membersihkan udara dari formaldehid, CO2, dan xilena. Tanaman ini baik untuk tumbuh di tempat teduh dan memperoleh cukup air.

9. Palm bambu

Palm Bambu
Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang paling baik untuk menyaring benzena, formaldehida dan trichloroethylene. Kamu dapat menaruhnya di sebelah furnitur yang dipernis. Tanaman tersebut dapat menguapkan bahan kimia berbahaya di sekitarnya.

10. Schefflera

Schefflera
Tanaman ini telah terukti efektif untuk menyerap formaldehida, toluena dan benzene dari udara. Dengan daun yang glossy yang meradiasi dari batang pusat, tanaman ini jugga dikenal sebagai yanaman payung di beberapa negara.

Baca Juga:
  1. Kisah Nenek Tinah Dipecat dari 'Pasukan Orange', Salat di Trotoar Hingga Tidur Bareng Kucing
  2. Tahukah Kamu? Jika Kekurangan Kabohidrat Sama Saja Dengan Kelebihan Karbohidrat
  3. Diet Terburuk di Tahun 2017 Menurut Para Ahli, Mau Tahu?
  4. Masya Allah,Tangis Rasulullah Untuk Pria Mengguncangkan Singgasana Allah
  5. Di Salah Satu Universitas di China, Wanita Buang Air Kecil Berdiri?
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, style.tribunnews.com)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.