5 Tips Aman Agar Tidak Pedih Ketika Mengupas Bawang Merah!

Baca juga:

Bawang merah (Allium cepa var ascalonicum (L) Back) merupakan sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia, berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, kemudian dibudidayakan di daerah dingin, sub-tropis maupun tropis.

Guys, bagi kamu yang suka memasak, pasti tau dong jika mengupas bawang merah yang tidak sedikit jumlahnya bisa menyebabkan mata pedih bahkan sampai nangis. Disini ada tips yang mungkin tidak masuk akal ya. Tapi kamu coba dahulu ya, ini mungkin bisa menghindarimu mata pedih ketika mengupas bawang merah. Yuk langsung saja simak!
Bawang Merah
Memotong Sambil Mengunyah Permen Karet

Tahukah kalau kegiatan mengunyah saat memotong bawang merah bisa membantu proses hirup uap bawang lebih cepat? Kamu bisa menyiasatinya dengan mengunyah permen karet saat memotong bawang merah. Saat otot wajah dan mata bergerak aktif ketika mengunyah, kamu bisa terhindar dari mengalami mata pedih.

Bernyanyi dengan Suara Nyaring Saat Memotong

Cara yang satu ini juga tak kalah unik. Bernyanyilah dengan suara nyaring saat memotong bawang merah. Kenapa? Begini, saat kamu bernyanyi, kamu akan lebih banyak bernapas melalui hidung. Di sini, udara yang mengandung senyawa belerang yang keluar dari bawang merah bisa gampang tersedot ke dalam hidung. Dengan kata lain, jumlah senyawa yang menyebabkan mata pedih itu bisa dicegah agar tak masuk ke mata. Pilih lagu dengan nada panjang agar bisa bernapas lebih banyak lewat mulut juga.

Memotong di Dekat Kipas Angin

Saat akan memotong bawang merah, letakkan kipas angin yang menyala di samping atau dekatmu. Angin yang keluar dari kipas angin akan membantu menerbangkan senyawa penyebab mata pedih jauh dari kita.

Menyalakan Lilin di Samping Talenan yang Dipakai

Nyalakan lilin di samping talenan tempat kamu mengiris bawang merah. Panas yang dikeluarkan dari lilin yang menyala ini nantinya bisa membakar senyawa penyebab mata pedih. Hm, tertarik mencobanya?

Letakkan Wadah Berisi Garam

Garam diyakini bisa bantu menetralkan uap bawang penyebab mata pedih. Jadi saat akan memotong bawang merah, letakkan wadah khusus berisi garam di dekat talenan. Cara yang satu ini memang sangat mudah sekali.

Satu lagi tips yang bisa dicoba agar mata tak pedih saat memotong bawang merah adalah menyimpan bawang merah di dalam kulkas atau freezer terlebih dahulu. Bawang yang dingin dipercaya tak akan membuat mata pedih ketika dipotong atau diiris.

Baca Juga: 
  1. Inilah Bus Tanpa Supir Untuk Kota di Masa Depan
  2. Rasulullah Benar Soal Tanda Kiamat, Salju Turun di Kota Mekkah dan Madinah
  3. Wow! Botol Minum Ini Bisa Mengisi Ulang Air Dengan Sendirinya!
  4. 3 Orang Teroris Mengancam Lemparkan Bom Ke Densus 88
  5. Kocak, Tentara Ini Menahan Ketawa Karena Ayam Karet
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, vemale.com)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.