26 January 2017

author photo
Bagi kamu yang akan lulus SMA/SMK sederajat mungkin sudah memikirkan kemana kalian akan berlanjut. Mungkin ada yang berfikir untuk langsung bekerja dan tidak sedikit yang berfikir untuk melanjutkan studi ke jenjang S-1. 

Mungkin yang ingin melanjutkan kuliah sedang berfikir keras mana kuliahan yang bagus dan tepat untuk mereka. Sebagian orang berfikir hanya sekedar kuliah dan tidak memikirkan hal apa yang bisa kamu pertimbangkan agar tidak menyesal pada akhirnya. Seharusnya kamu harus mengerti dahulu. Yuk simak, mungkin ini yang bisa kamu pertimbangkan!

Dalam Perkuliahan
Minat dan Bakat

Sebelum melihat universitasnya, tanyakan dulu pada diri sendiri, apa minat dan bakat kita? Kalau kita belum tahu apa yang menjadi minat dan bakat, ada banyak cara untuk mengetahuinya. Seperti diskusi sama guru kita di sekolah, mengikuti tes psikologi, atau mengulik lebih dalam apa profesi yang ingin kita capai di masa depan.

Atau ilmu apa yang menggugah hati kita. Tapi kalau kita punya banyak minat, bagaimana caranya tahu apa passion kita?

Jurusan yang Terakreditasi

Setelah tahu apa yang kita mau, mulai berburu jurusan kuliah yang tepat. Ketika udah nemu, jangan lupa pastikan kalau jurusan ini memiliki akreditasi yang terpercaya. Akreditasi adalah bentuk pengakuan pada jurusan yang kita pilih merupakan jurusan yang sudah dinilai baik. Ini juga akan mempengaruhi kualitas lulusannya di kemudian hari.

Fasilitas yang Memadai

Hal penting lainnya yang enggak boleh kita kita lupakan ketika memilih universitas adalah fasilitas yang memadai. Coba browsing atau kunjungi universitas yang kita incar untuk melihat fasilitasnya. Fasilitas yang baik menunjang kegiatan belajar kita. Pastikan kita memilih universitas dengan fasilitas yang memadai.

Seperti adanya perpustakaan, laboratorium, pusat pengajaran bahasa, dan juga lingkungan yang nyaman.

Kegiatan yang Bisa Diikuti Selain Kuliah

Dunia kampus itu menyenangkan. Kita diajari untuk disiplin dan mandiri, serta belajar untuk bertanggung jawab. Enggak akan ada lagi yang mengingatkan kita untuk belajar seperti waktu masih di SMA. Kita harus bisa mengatur jadwal sendiri.

Tentunya, enggak mau dong kampus hanya jadi tempat buat belajar di dalam kelas saja. Kita harus memilih universitas yang memiliki berbagai unit kegiatan mahasiswa. Yang akan memberikan banyak pengalaman berharga bagi kita selama kuliah.

Info Beasiswa

Last but not least, pastikan kita juga mencari informasi soal beasiswa dari universitas yang kita incar. Biaya pendidikan memang enggak murah, terkadang faktor ini juga yang bikin kita ragu untuk mendaftar ke salah satu universitas yang kita incar. Dengan begitu selain bisa meringankan beban biaya pendidikan, mendapatkan beasiswa semakin menunjang kita untuk semakin rajin belajar.

Baca Juga:
  1. Inilah Azab Bagi Mereka Yang Menirukan Perilaku Firaun
  2. Shalat Jum'at Dijalanan Sah atau Tidak? Ini Dia Penjelasannya Berdasarkan Sejarah!
  3. Inilah 8 Kiat Menghadirkan Surga di Dalam Rumah Kita
  4. Sering Menderita Karena 8 Hal Ini? Berarti Kamu Termasuk Orang Yang Jenius!
  5. Cara Mudah Agar Rambutmu Cepat Kering
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, style.tribunnews.com)
Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...