6 Kesalahan Yang Mungkin Pernah Kamu Lakukan Ketika Mencuci Muka

Baca juga:

Kulit wajah menjadi hal yang sangat sensitif bagi para wanita. Jika timbl jerawat ataupun kulit wajah terasa berminyak sedikit pasti mereka segera berburu Facial Wash yang ada di pasaran. Selain Facial Wash mereka juga segera berburu cream untuk melembabkan kulit mereka dan mencegahnya dari kulit kering ataupun berminyak. Tapi tahukah kamu sebenarnya bagaimana cara mencuci muka yang benar? dan mungkin kamu pernah melakukan hal yang salah ketika mencuci muka. Dan inilah kesalahan-kesalahan yang mungkin pernah kamu lakukan ketika mencuci muka!

Kesalahan dalam mencuci muka
1. Enggak Membersihkan Makeup Sebelum Mencuci Wajah

Buat yang malas membersihkan makeup sebelum mencuci muka, mending sekarang ubah kebiasaan ini. Karena ternyata sisa makeup yang tidak dibersihkan bisa membuat pori-pori kulit wajah kita tersumbat. Kulit juga tidak sepenuhnya bersih.

Jadi sebaiknya, sebelum mencuci wajah dengan sabun cuci muka, bersihkan dulu makeup kita dengan makeup removal agar makeup dan kotoran yang menumpuk akan benar-benar hilang dari pori-pori.

2. Telapak Tangan Enggak Dicuci Terlebih Dahulu

Telapak tangan merupakan sarang kotoran dan bakteri karena sering bersentuhan dengan berbagai macam benda sepanjang hari.

Jadi ketika kita tidak mencuci tangan terlebih dahulu dan langsung mencuci wajah bermodalkan sabun pencuci muka, udah pasti semua kotoran dan bakteri tadi akan berpindah ke wajah kita, hiii. Percuma kan, bukannya wajah bersih setelah dicuci, yang ada malah tambah kotor.

3. Terlalu Sering atau Terlalu Jarang Cuci Muka

Buat yang punya kulit berminyak, biasanya suka risih dan alhasil mencuci wajah lebih dari 2 kali dalam sehari. Tapi ternyata kebiasaan ini hanya akan membuat wajah menjadi kering dan dehidrasi serta semakin berminyak. Sedangkan buat yang malas mencuci muka dan hanya melakukannya ketika malam hari akan membuat sel kulit mati menumpuk pada wajah, sehingga wajah kita jadi kusam dan mudah berjerawat. Jadi, cukup cuci wajah kita sebanyak 2 kali sehari, ya girls, yaitu pagi dan malam hari setelah beaktifitas!

4. Mencuci Wajah dengan Temperatur Air yang Salah

Mencuci wajah dengan air panas atau air dingin pasti mempunyai kenikmatan sendiri, tapi ternyata tidaklah efektif dalam membuat wajah kita bersih. Apalagi mencuci wajah dengan air panas dapat membuat kulit iritasi dan kering. Sedangkan air yang dingin dapat membuat pori-pori kulit menjadi menciut sehingga kotoran dalam pori-pori terperangkap dan tidak bisa dibersihkan oleh sabun pencuci muka.

Jadi lebih baik gunakan air hangat yang ternyata bisa membuat kulit dan otot wajah menjadi rileks dan pori-pori terbuka sehingga sabun pencuci wajah jadi lebih efektif dalam membersihkan wajah.

5. Gerakan Mencuci Wajah yang Tidak Tepat

Taukah kalian, kalau kita mencuci wajah dengan benar, bukan hanya kulit bersih yang didapat, tapi juga manfaat luar biasa pada kesehatan kulit wajah kita. Manfaatnya adalah dapat memberikan efek menenangkan,  menstimulasi pengeluaran getah bening yang bisa membawa kotoran-kotoran keluar dari wajah dan juga dapat mengurangi timbulnya mata berkantung.

Caranya adalah, cucilah wajah dengan gerakan memutar. Awali dari tengah wajahmu, lalu ke atas, samping dan bawah.

6. Enggak Mengeringkan Wajah dengan Handuk Khusus

Jangan pernah mengeringkan wajah kita dengan handuk yang sama yang digunakan untuk badan. Jadi, sediakanlah handuk khusus wajah. Handuk yang baik untuk wajah biasanya memiliki tekstur kain yang lebih halus sehingga sangat ramah bagi kulit wajah kita. Tak hanya itu, membedakan dengan handuk badan juga sudah meminimalisir tersebarnya bakteri dan kuman ke wajah.

Baca Juga:
  1. 4 Cara Alami Mengatasi Bibir Hitammu, Agar Kembali Merah Merona!
  2. Di Salah Satu Universitas di China, Wanita Buang Air Kecil Berdiri?
  3. Astaga di Negara Ini Datang Bulan Bisa Menjadi Malapetaka Yang Merenggut Nyawa
  4. Miris, Wanita Ini Sengaja Melindas Kaki Anak Laki-laki ini Menggunakan Skuter
  5. 4 Negara Yang Terbebas Dari Utang di Dunia
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, style.tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.