6 Makanan yang Sering Salah Dalam Pengolahannya

Makanan yang dibutuhkan manusia biasanya diperoleh dari hasil bertani atau berkebun yang meliputi sumber hewan, dan tumbuhan. Beberapa orang menolak untuk memakan makanan dari hewan seperti, daging, telur, dan lain-lain. Mereka yang tidak suka memakan daging, dan sejenisnya disebut vegetarian yaitu orang yang hanya memakan sayuran sebagai makanan pokok mereka.

Pada umumnya bahan makanan mengandung beberapa unsur atau senyawa seperti air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, enzim, pigmen dan lain-lain.

Makanan-makanan berikut mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh. Namun, lantaran pengolahannya sering salah, maka nutrisi dalam makanan ini pun jadi berkurang bahkan hilang. Apa saja?

1. Wortel

Wortel
Wortel paling enak dicampur ke dalam sayur sup. Akan tetapi, sebuah riset menemukan memotong wortel berpotensi membuat nutrisi yang ada dalam wortel keluar. Untuk itu, rekomendasi terbaik mengkonsumsi wortel cukup dengan mencuci dan mengupasnya. Dimakan tanpa direbus bahkan lebih bagus.

2. Teh

Teh
Jika Anda ingin tubuh menyerap nutrisi yang terkandung dalam teh dengan optimal, maka jangan minum teh ala bangsawan Inggris. Riset menemukan bahwa menambahkan krim susu kedalam teh bisa menghilangkan sejumlah manfaat kardiofaskular yang ada di dalam secangkir teh. Cukup tambahkan sedikit jus, jangan gula, untuk mempermanis teh. Vitamin C dalam jus bisa membantu meningkatkan bioavailabilitas.

3. Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang putih sebaiknya jangan diiris, tetapi digerus atau dihancurkan agar bawang putih bisa melepaskan enzim yang disebut allicin. Riset menemukan, allicin bisa membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Apel dan Pir

Apel
Riset menemukan kedua buah-buahan tersebut sebaiknya dimakan saat buah setengah matang. Sebab proses pematangan memungkinkan klorofil dalam pir dan apel pecah hingga pada akhirnya hanya menghasilkan sedikit antioksidan, yang dibutuhkan tubuh.

5. Brokoli

Brokoli
Tanpa diragukan lagi, brokoli adalah salah satu makanan terbaik bagi tubuh. Sayur ini, bisa mencegah kanker, khususnya kanker payudara dan kanker kulit. Untuk bisa mengoptimalkan khasitnya, brokoli paling bagus dikonsumsi dengan cara dikukus. Merebus atau menggoreng brokoli disebut dalam sebuah riset pada 2008 sebagai cara terburuk mengolah brokoli.

6. Mustrad

Mustard
Mustard adalah bumbu yang acap dicampurkan dalam saos, salad dan sandwich. Dari aspek kesehatan, mustard bermanfaat mengurangi risiko kanker. Mustard kuning memiliki manfaat paling bagus dibanding mustard jenis lain karena mengandung senyawa curcumin yang bagus buat kesehatan tubuh.

Baca Juga :
  1. Masya Allah, Ternyata Beginilah Cara Allah Mengadili Binatang di Akhirat Kelak
  2. Astaga, Karena Badai Pantai di Melbourne Digenangi Tinja
  3. Wow, 5 Ponsel Asal Indonesia Yang Menembus Pasar Internasional
  4. 5 Gaya Hidup Sederhana Yang Harus Kamu Tiru Dari Pak Jokowi
  5. Kisah Percakapan Suami Istri Ini Bikin Siapa Saja Terenyuh

(Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, Suci Sekar, wikipedia.org)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.