7 Cara Menjauhkan Kuman Mematikan dari Dapur Anda

Kuman adalah jenis organisme bersel satu yang hanya bisa dilihat dengan bantuan mikroskop. Kuman merupakan sebutan lain dari bakteri, ketika bakteri menular memasuki tubuh, jumlahnya akan semakin bertambah dan berpotensi memproduksi sejumlah zat kimia kuat yang disebut dengan toksin. Zat toksin ini bisa menghancurkan sel-sel tertentu pada jaringan yang diserangnya sehingga membuat kita merasa sakit.

Super bug atau bakteri super kebal antibiotika sulit untuk dibasmi. Bakteri ini juga bisa berkembang di rumah Anda. Misalnya lewat daging segar. Kondisi dapur yang higienis bisa turut mencegah ancaman bakteri tersebut dilansir Deutsche Welle.

1. Dari Peternakan ke Rumah

Ilustrasi
Penyalahgunaan antibiotika di industri peternakan bisa memicu perkembangbiakan bakteri super yang berbahaya. Daging mentah yang dijual di supermarket bisa mengandung bakteri yang multi resisten antibiotika yang akhirnya mendarat di dalam tubuh manusia. Bakteri super sangat berbahaya bagi mereka yang sedang sakit dan lemah daya tahan tubuhnya.

2. Mencairkan Makanan Beku dengan Benar

Ilustrasi
Semakin besar ukuran dagingnya, semakin penting memastikan tidak ada lagi bagian daging yang beku. Jadi suhu yang dibutuhkan untuk membunuh bakteri bisa tercapai saat daging dimasak. Makanan beku idealnya dicairkan di dalam kulkas, sehingga turut mencegah bakteri berkembang biak. Air lelehannya tidak boleh mencemari makanan lainnya.

3. Pilih Peralatan Dapur Yang Benar

Ilustrasi
Menurut para pakar, talenan sebaiknya terbuat dari kaca. Kuman dan bibit penyakit bisa mudah terkumpul dan berkembang biak di serat-serat bekas goresan pisau di talenan yang terbuat dari plastik atau kayu.

4. Alat Terpisah Untuk Makanan Mentah

Ilustrasi
Gunakan alat dapur yang berbeda untuk mengolah daging mentah, sayur mentah dan selada. Kuman akan mati setelah dimasak. Jadi makanan mentah bisa menyebarkan bakteri super yang resisten antibiotika. Bahkan makanan yang sudah dimasak, tidak boleh tersentuh oleh alat dapur yang sebelumnya digunakan untuk mengolah daging mentah.

5. Pastikan Makanan Dimasak Secara Benar

Ilustrasi
Patogen paling berbahaya baru bisa terbunuh pada suhu 70 derajat Celsius. Karena itu penting untuk memasak daging mentah secara benar. Kuman tidak otomatis terbunuh jika memasak makanan dengan microwave.

6. Cuci Tangan

Ilustrasi
Tangan harus dicuci dengan sabun dan air panas sebelum dan setelah memasak. Tangan harus segera dicuci setelah mengolah daging mentah, unggas, ikan dan telur. Sebaiknya, gunakan sarung tangan sekali pakai.

7. Bersihkan!

Ilustrasi
Peralatan dapur dan semua permukaan di dapur harus dibersihkan dengan air panas dan produk pembersih setelah digunakan. Jika menggunakan mesin cuci piring, peralatan untuk mengolah produk hewan mentah harus dicuci dengan suhu minimal 60 derajat Celsius. Para pakar juga mengatakan, tidak perlu mengunakan desinfektan di rumah.

Baca Juga :
  1. Asli Ngakak, Tingkah Laku Model Bocah Barang Bekas Ini Buat Siapa Saja Tertawa Geli
  2. Astaga, Karena Badai Pantai di Melbourne Digenangi Tinja
  3. Wow, Pelajar Korea Selatan Menjadi Pelajar Paling Pintar di Dunia!
  4. Ternyata Risiko Terkena Penyakit Jantung Bisa Dilihat Dari Ukuran Lengan
  5. Masyarakat Pontianak Heboh Ada Perempuan Bugil Naik Motor

(Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.