7 Spesies Yang Baru di Temukan Oleh Para Ilmuan, Salah Satunya Dari Indonesia!

Baca juga:

Spesies atau jenis adalah suatu takson yang dipakai dalam taksonomi untuk menunjuk pada satu atau beberapa kelompok individu (populasi) yang serupa dan dapat saling membuahi satu sama lain di dalam kelompoknya (saling membagi gen) namun tidak dapat dengan anggota kelompok yang lain. Anggota-anggota dalam suatu spesies jika saling berkawin dapat menghasilkan keturunan yang fertil tanpa hambatan reproduktif. 

Dapat terjadi, sejumlah kelompok dalam suatu spesies tidak saling berkawin karena hambatan geografis namun bila dipertemukan dan dikawinkan dapat menghasilkan keturunan fertil. Dua spesies yang berbeda jika saling berkawin akan menghadapi masalah hambatan biologis; apabila menghasilkan keturunan yang sehat, keturunan ini biasanya steril/mandul. Definisi ini pada beberapa kasus tidak dipenuhi, sehingga muncul masalah spesies. 

Di dunia ini banyak sekali spesies yang hidup bersamaan dengan kehidupan manusia yang sudah menempati bumi ini lebih dari ratusan ribu tahun. Sejak beberapa tahun terakhir ini, ilmu pengetahuan sudah mengidentifikasi 2 juta spesies tanaman, hewan dan mikroba yang ada di bumi

Para ilmuwan telah memperkirakan ada jutaan lebih spesies baru yang terus ditemukan. Dan yang paling sering ditemukan itu biasanya serangga,  jenis hewan dengan tingkat keanekaragaman hayati tinggi.

Dan baru-baru ini para ilmuwan  telah berhasil menemukan 7 spesies baru yang salah satunya dari Indonesia.

Lalu, kira-kira seperti apa ya spesies yang baru ditemukan ilmuwan ini ? Yuk, langsung saja simak!

1. Hiu Halmahera

Hiu Halmahera
Di perairan Timur Indonesia telah ditemukan hiu Halmahera (Hemiscyllium halmahera) yang memiliki panjang sekitar 71 cm. Hewan ini dikatakan jenis hiu, karena bergerak tidak seperti ikan pada umumnya, dan hewan ini sangat bergantung pada sirip untuk bergerak.

2. Piranha Zorro

Piranha Zorro
Piranha Zorro merupakan spesies baru yang ditemukan pada 2007 di anak sungai Amazon. Uniknya, piranha terkenal sebagai ikan pemakan daging, tapi jenis yang satu ini tidak makan daging, melainkan makan biji, buah dan tanaman. Ikan ini bisa tumbuh sampai ukuran 46 cm.

3. Ikan hitam

Ikan Hitam
Ikan hitam memiliki tubuh yang sangat mungil seperti miniatur dan tubuhnya berlumur minyak. Ikan ini pertama kali ditemukan di antara  empat gunung berapi kuno di lepas pantai Australia. Ikan ini memiliki rahang dan gigi yang sangat menyeramkan loh.

4. Ubur-ubur Keesingia gigas dan Malo bella

Ubur-ubur keesingia gigas dan Malo bella
Ubur-ubur keesingia gigas dan Malo Bella adalah jenis spesies baru yang ditemukan di lepas pantai Utara Australia. Umumnya ubur-ubur menyengat mangsa dengan menggunakan tentakelnya. Tapi ubur-ubu keesingia gigas ini tidak memiliki tentakel. Sedangkan ubur-ubur Malo Bella memiliki racun yang sangat mematikan.

5. Ikan hantu

Ikan Hantu
Ikan hantu berhasil ditemukan saat berenang di Palung Mariana. Para ahli biologi kelautan mengidentifikasi ikan ini sebagai spesies baru snailfish dan ditemukan pada kedalaman 8.100 meter.

6. Lalat mata raksasa

Lalat Mata Raksasa
Fosil lalat mata raksasa ditemukan di Washington. Lalat ini diperkirakan hidup pada 50 juta tahun yang lalu.  Lalat ini adalah anggota keluarga pipunculidae, lalat berkepala besar yang banyak dijumpai saat ini.

7. Kelabang Tobini

Kelabang Tobini
Kelabang Tobini merupakan spesies baru hewan kaki seribu yang ditemukan di goa-goa marmer di Taman Nasional Sequoia di California. Hewan ini memiliki 414 kaki, 200 kelenjar racun, lebih dari 100 segmen tubuh, rambut yang mengeluarkan sutra, dan empat penis.

Itulah dia ke tujuh spesies baru yang ditemukan para ilmuwan.

Baca Juga: 
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.