Astaga, Jam Kiamat Tunjukan 3 Menit Sebelum Bencana Menghancurkan Dunia

Baca juga:

Jam Kiamat alias The Doomsday Clock, masih menunjukkan posisi tiga menit sebelum tengah malam saat bencana musnahkan dunia. Doomsday adalah jam simbolis hitung mundur sampai kiamat datang yang digagas para ilmuwan.

Doomsday Clock adalah sebuah jam simbolis yang dibuat oleh para ilmuwan untuk mengingatkan, seberapa dekat manusia dengan kiamat, yang dikiaskan dengan waktu tengah malam, apabila dilihat dari ilmu pengetahuan. Para ilmuwan menyesuaikan Jam Kiamat dengan dinamika potensi yang mengancam bumi. Jam Kiamat menunjukkan waktu tengah malam. Jadi jika waktu makin mendekati tengah malam berarti ancaman terhadap bumi semakin besar.

Berikut adalah beberapa ancaman kiamat yang berhasil dihitung berdasarkan jam kiamat..

1. 2016: 3 Menit Menjelang Tengah Malam

1. 2016: 3 Menit Menjelang Tengah Malam
Doomsday Clock mewakili skenario seberapa dekat ancaman kehancuran manusia. Para ilmuwan mengumumkan tingkat ancaman kiamat dunia tetap sama seperti pada tahun 2015. Para pemimpin dunia dianggap gagal menangani perubahan iklim tak terkendali dan perlombaan pembuatan senjata nuklir. Ini jadi faktor utama yang pengaruhi skenario Doomsday.

2. 2015: 3 Menit Jelang Tengah Malam

2. 2015: 3 Menit Jelang Tengah Malam
Tahun 2015 yang baru lewat, situasinya sama. Ilmuawn merinci, dunia ibaratnya berada pada posisi 3 menit menjelang tengah malam. Faktor yang mempengaruhi makin dekatnya kehancuran bumi alias ramalan kiamat ilmiah antara lain: Perubahan iklim tak terkendali dan perlombaan pembangunan senjata nuklir.

3. 2012: 5 Menit Sebelum Tengah Malam

3. 2012: 5 Menit Sebelum Tengah Malam
Pada tahun 2012, potensi penggunaan senjata nuklir di kawasan regional Timur Tengah, Asia Timur dan Asia Selatan makin mengkhawatirkan. Sementara pengembangan solusi teknologi untuk mengatasi dampak perubahan iklim masih kurang memadai.

4. 2010: 6 Menit Menjelang Tengah Malam

4. 2010: 6 Menit Menjelang Tengah Malam
Tahun 2010 hitungannya masih 6 menit sebelum tengah malam. Salah satu faktor positifnya, pembicaraan Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis antara pemerintah di Washington dan Moskow hampir tuntas. Sementara, bahaya yang ditimbulkan oleh perubahan iklim terus mengintai, walau ada sedikit kemajuan solusi.

5. 2007: 5 Menit Menjelang Tengah Malam

5. 2007: 5 Menit Menjelang Tengah Malam
Tahun 2007 kondisinya lebih buruk. Faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi: dunia di ambang ancaman perang nuklir. Amerika Serikat dan Rusia siap menggelar serangan nuklir sewaktu-waktu. Perubahan iklim juga menjadi tantangan mengerikan bagi kemanusiaan. Semakin singkat penetapan waktu ini, semakin besar keyakinan para ilmuwan tentang bencana global yang akan menghancurkan manusia.

6. 2002: 7 Menit Sampai Tengah Malam

6. 2002: 7 Menit Sampai Tengah Malam
Kekhawatiran potensi serangan nuklir yang dilakukan teroris di seluruh dunia menggarisbawahi rasa tidak aman global. Para ilmuwan menyesuaikan Jam Kiamat dengan dinamika potensi ancaman bumi. Kiamat diasumsikan waktu tunjukan tepat tengah malam. Jadi jika sisa waktu makinmendekati tengah malam berarti ancaman terhadap bumi semakin besar.

7. 1998: 9 Menit Hingga Tengah Malam

7. 1998: 9 Menit Hingga Tengah Malam
Walau situasinya cukup optimistis, tapi ada beberapa faktor anacaman. Hanya terpaut tingga minggu, India dan Pakistan masing-asing menggelar ujicoba senjata nuklir. Selain itu, Rusia dan Amerika Serikat bersama-sama mempertahankan 7.000 hulu ledak nuklir.

8. 1991: 17 Menit Hingga Tengah Malam

8. 1991: 17 Menit Hingga Tengah Malam
Jarum menit jam kiamat menjauh sebanyak 17 menit dari tengah malam pada tahun 1991. Penyebabnya pada tahun 1990, Amerika dan Rusia mulai memangkas jumlah senjata nuklirnya dan perang dingin berakhir.

9. 1947: 7 Menit Sebelum Tengah Malam

9. 1947: 7 Menit Sebelum Tengah Malam
Jam Kiamat pertama kali diciptakan para ilmuwan pada 1947 atau dua tahun setelah Amerika menjatuhkan bom atom di Jepang dalam Perang Dunia II. Pada 1947, kiamat diramalkan sejauh tujuh menit dari tengah malam. Para ilmuwan saat itu merancang jam kiamat guna memperingatkan publik terhadap bahaya senjata nuklir.

Baca Juga :
  1. 8 Diktator Paling Brutal Dalam Sejarah Manusia
  2. 6 Kesalahan Yang Mungkin Pernah Kamu Lakukan Ketika Mencuci Muka
  3. Tahukah Kamu? Jika Kekurangan Kabohidrat Sama Saja Dengan Kelebihan Karbohidrat
  4. Astaga, Inilah 5 Provinsi di Indonesia Yang Paling Rawan Terhadap Pelecehan Seksual
  5. Ini 5 Ancaman Mematikan Bagi Kehidupan di Bumi

(Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, telegraph, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.