Inilah Daftar Perusahaan Yang Mendominasi Perekonomian Dunia

Baca juga:

Perusahaan adalah organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lain yang kegiatannya melakukan produksi dan distribusi guna memenuhi kebutuhan ekonomis manusia. Kegiatan produksi dan distribusi dilakukan dengan menggabungkan berbagai faktor produksi, yaitu manusia, alam dan modal. 

Kegiatan produksi dan distribusi umumnya dilakukan untuk memperoleh laba. Namun ada juga kegiatan produksi yang tujuannya bukan untuk mencari laba. Seperti yayasan sosial, keagamaan, dll. Hasil suatu produksi dapat berupa barang dan jasa.

Namun apa kalian tahu bahwa ada beberapa perusahaan di dunia yang menguasai atau mendominasi perekonomian dunia, mau tau apa sajakah, berikut daftarnya...

1. Apple

Apple
Apple mengokohkan posisi sebagai perusahaan bernilai paling tinggi sedunia. Nilai sahamnya naik 1000 persen dalam kurun 10 tahun. Nilai bursanya mencapai 550 milyar Dolar. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino ini terutama meraup pendapatan dari penjualan iPhone.

2. Alphabet

Alphabet (Google)
Alphabet perusahaan payung Google tempati posisi 2, naik tiga tingkat dari 2014. Nilai bursanya sekitar 474 milyar Dolar. Pendapatan diraup selain lewat mesin pencari Google juga dari platform video YouTube dan sistem operasi Android.

3. Microsoft

Microsoft
Perusahaan perangkat lunak terbesar sedunia ini menyusul di posisi 3 turun satu tingkat dibanding tahun silam. Dominasi digital masih tetap dipegang perusahaan milik Bill Gates ini. Anak-anak generasi digital menunjukan tetap mendominasi tiga posisi pemuncak penguasa ekonomi Dunia.

4. Exxon Mobil

Exxon Mobil
Perusahaan konvensional juga masih mendominasi bursa internasional. Peusahaan minyak Exxon Mobil misalnya masih bercokol di posisi 5. Nilai bursanya sekitar 340 milyar Dolar. Juga perusahan konvensional General Electric (8), Johnson & Johnson (9) serta Wells Fargo (10) masih mendominasi posisi 10 besar.

5. Amazon

Amazon
Supermarket online ini meroket ke posisi enam dari ranking ke 42 tahun 2014. Pendiri Amazon Jeff Bezos boleh bangga dengan prestasi perusahannya yang terus naik ke posisi 10 besar.

6. Facebook

Facebook
Perusahaan media sosial ini juga tembus 10 besar, dengan mengukuhkan diri di posisi 7. Suksesnya didukung akuisisi Instagram dan WhatsApp hingga bisa meraih 1,7 milyar users di seluruh Dunia. Nilai bursa Facebook mencapai 270 milyar Dolar.

7. Perusahaan Jerman Melorot

Bayer
Posisi perusahaan Jerman melorot tajam. Perusahaan farmasi dan kimia Bayer dengan nilai Bursa 96 milyar Dolar hanya berada di posisi 57. Dalam peringkat 100 perusahaan termahal 5 perusahaan Jerman lainnya masih bertahan, masing-masing SAP (73), Daimler (83), Siemens (88), Deutsche Telekom (92) dan Allianz (95).

8. Ekonomi Dunia di Tangan Pengusaha

Ilustrasi
Nilai 100 perusahaan bernilai bursa paling tinggi sedunia pada 2015 terus melambung. Harian ekonomi Handelsblatt dan perating Ernst & Young menaksir jumlahnya mencapai 14 trilyun Dolar. Kekayaannya setara dengan kekuatan ekonomi Jerman, Perancis, Inggris, Kanada, India dan Indonesia digabung bersama.

Baca Juga :
  1. Saat Ikuti Seleksi Kerja, Di Negara Ini Harus Gunakan Alat Canggih Ini!
  2. Berita Ini Viral di Medsos, Tips Ayam Segar Kakinya Ke Atas!
  3. Sebenarnya Hidup Itu Murah, Dan Yang Bikin Mahal Itu Gengsi!
  4. 4 Sensor Ini Yang Kebanyakan Smartphone Kamu Miliki
  5. Astaga, Inilah 5 Provinsi di Indonesia Yang Paling Rawan Terhadap Pelecehan Seksual

(Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, Nicolas Martin, tempo.com, wikipedia.org, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.