26 January 2017

author photo
Kulkas atau lemari es atau lemari pendingin adalah sebuah alat rumah tangga listrik yang menggunakan refrigerasi (proses pendingin) untuk menolong pengawetan makanan.

Lemari es biasa digunakan orang untuk menyimpan makanan agar tetap awet. Tapi tak semua makanan atau bahan makanan tepat untuk disimpan di kulkas. Seperti ini di antaranya.

1. Tomat

Tomat
Menyimpan tomat di lemari es dapat mngubah struktur kimianya dan mengurangi jumlah senyawa volatil dalam buah, yang akibatnya bisa mempengaruhi rasa, tekstur dan warna

2. Kentang

Kentang
Kentang harus disimpan di suatu tempat yang sejuk dan kering, baik di tas karton atau tas berlubang agar tidak lembab. Tapi, tidak di lemari es. Mendinginkan kentang di kulkas bisa mengubah komponennya menjadi gula, mempengaruhinya, dan menyebabkan kentang menjadi berubah warna dan rasa ketika dimasak.

3. Bawang bombai dan bawang merah

Bawang
Bawang membutuhkan tempat penyimpanan kering yang sejuk dengan banyak ventilasi udara, tidak di kulkas yang dingin. Menurut Asosiasi Bawang AS, bawang bisa ditaruh di lemari es hanya jika sudah dikupas. Namun perlu dijaga pengaturan kelembabannya agar tetap rendah dan tetap kering. Caranya, bawang kemasan diletakkan dulu di wadah tertutup.

4. Roti

Roti
Kulkas benar-benar buruk untuk roti, demikian dikutip dari seriouseats.com. Menempatkan roti di lemari es malah mempercepat basi atau jamuran. Pada dasarnya, suhu dingin menyebabkan pati dalam roti mengkristal jauh lebih cepat. Walaupun tidak rusak, rotipun jadi keras dan kering.

5. Bawang putih

Bawang putih
Meletakkan bawang putih di lemari es atau di kantong plastik dapat membuatnya berjamur. Cara terbaik untuk menyimpan bawang putih, menurut HowStuff Works, adalah menjaganya selalu tetap "pada suhu kamar dan kering serta bersirkulasi udara yang cukup", dengan sedikit cahaya.

Baca Juga :
  1. Jadi Ini Alasannya Kenapa Yakult Kemasannya Kecil dan Berisi 5 Botol?
  2. Setelah Meditasi 30 Menit Mbah Mijan Mengutarakan Ini Tentang Hantu Kuyang Yang Bikin Geger!
  3. Seseorang Yang Dekat di Saat Hal Terberat Datang Itulah Pasangan Ideal
  4. Ngeri! Pengendara Melihat Tangan dan Kaki Manusia. Ini Alasan Pengendara!
  5. Sungguh Menyeramkan! Tempat Ini di Jadikan Peternakan Mayat Untuk Tujuan Ini!

(Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com,independent.co.uk)
Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...