Kamu Harus Mengurangi Asupan Garam, Ini Alasannya!

Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion ini dapat berupa senyawa anorganik seperti klorida (Cl−), dan bisa juga berupa senyawa organik seperti asetat (CH3COO−) dan ion monoatomik seperti fluorida (F−), serta ion poliatomik seperti sulfat (SO42−). Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam.

Biasanya kamu memakan sesuatu seperti sayur sop, tumis kangkung dan lain sebagainya. Pasti semua masakan tersebut menggunakan garam. Menurut para ahli, garam itu tidak terlalu baik untuk kesehatan lho! Yuk langsung saja efek jika kita terlalu banyak mengkonsumsi garam

Garam
Meningkatkan Risiko Darah Tinggi

Ahli kesehatan mengungkapkan jika garam menjadi penyebab utama risiko darah tinggi selama ini. Terlalu banyak konsumsi garam tak hanya meningkatkan risiko darah tinggi saja. Lebih jauh, ini juga bisa meningkatkan risiko stroke, jantung dan obesitas. Konsumsi garam memicu terjadi retensi air pada tubuh yang berakibat menaikkan tekanan darah secara drastis dan tiba-tiba. Buat kamu yang punya riwayat darah tinggi atau pun tidak, penting untuk mulai mengurangi konsumsi garam sejak dini.

Menyebabkan Mulut Kering

Pernah merasa mulut terasa kering dan haus yang tidak berkesudahan? Jika iya, coba ingat-ingat lagi makanan apa yang baru kamu makan. Biasanya, mulut kering dan haus yang tidak berkesudahan disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung banyak garam di dalamnya.

Risiko Sakit Kepala

Berbagai makanan yang mengandung banyak garam bisa meningkatkan risiko sakit kepala, perasaan cemas hingga obesitas. Ada beberapa orang yang setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi menjadi sakit kepala. Sakit kepala yang dirasa sendiri bisa berupa sakit kepala biasa atau sakit kepala akibat adanya risiko tekanan darah tinggi.

Dan, itulah beberapa alasan kenapa sebaiknya kita mengurangi asupan garam sedini mungkin. Selain mengurangi asupan garam, para ahli juga menyarankan agar kita mengurangi asupan gula dan berbagai makanan cepat saji. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua bisa menjaga kesehatan dengan baik. Pastikan untuk memiliki pola hidup sehat, olahraga, istirahat dan konsumsi air putih cukup setiap harinya.

Baca Juga:
  1. Inilah Bahayanya Menguap dan Manfaat Bersin Menurut Islam
  2. Paska Kebakaran di Israel, Negara Ini Terancam Musibah Banjir Bandang
  3. Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Diketahui Ingin Bantai Anak-anak Dengan Es Krim Beracun
  4. Astagfirullah, Ada Keset Kaki Yang Berisi Lembaran Surat Ali Imran (Al-Qur'an)
  5. Pelajaran Yang Sangat Berharga Dari Tragedi Genosida Umat Islam Bosnia
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, vemale.com)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.