23 January 2017

author photo
Yang menjadi masalah utama Google di Indonesia adalah sering kali terletak pada koneksivitas internet yang terkadang naik turun. Karena maklum saja koneksi internet di negara kita masih belum menjangkau semua wilayah

Misalnya ketika kamu sedang melakukan perjalanan. Sinyal naik turun jadi kendala utama saat kamu pengen googling sesuatu. Nah, Google sepertinya mengerti akan hal itu. Karenanya perusahaan kaya tersebut membuat update aplikasi Google offline yang bisa kamu gunakan saat sinyal sedang jelek-jeleknya. Sekarang, kamu nggak perlu lagi pusing saat butuh googling tapi koneksi internetnya lagi ngeselin

Minggu kemarin Google resmi merilis update offline searching pada Google Apps. Ini yang bakal memudahkan browsing-mu

Resmi Update Offline
Kalau kamu adalah pengguna Android yang sedang butuh googling tapi koneksinya sedang nggak bersahabat, kini nggak perlu khawatir. Minggu kemarin, perusahaan raksasa di bidang teknologi tersebut merilis versi offline dari Google Apps. Yang dulu butuh koneksi stabil untuk googling, kini koneksi lemot dan nggak bersahabat pun bisa dipakai buat googling!

Eits… Jangan senang dulu… Pasalnya untuk menampilkan hasil pencarian, Google tetap butuh koneksi internet, loh.

Lah? Lantas apa bedanya kalau gitu?

Ingin Mencoba?
“Kalau sama-sama butuh koneksi, lantas apa bedanya dengan googling yang dulu-dulu coba?” Ya wajar kalau kamu rada sensi dan merasa update ini rada gak penting juga. Namun, bukan berarti update terbaru Google Apps offline tersebut benar-benar nggak guna loh. Cuma cara kerja googling-nya aja yang agak beda.

Prinsipnya adalah ‘menunda’ pencarian. Jadi kamu akan tetap bisa googling walau kamu sedang berada di tempat yang sulit koneksi. Cuma, hasil pencariannya akan ditunda sampai ada koneksi yang layak. Nah, ketika koneksinya sudah lancar, akan ada notifikasi masuk soal keyword yang ingin kamu cari di Google tadi. Jadi kamu nggak perlu ngetik ulang keyword dan nyari dari awal lagi.

Makanya saat koneksimu lagi nggak bersahabat, jangan ragu buat browsing. Googling aja semua yang kamu pengen. Hasilnya akan masuk dalam notifikasimu saat sudah ada koneksi. Jadi ya nggak sia-sia banget ‘kan update-nya.

Selain Google Apps, sudah ada Google Maps dan Translate yang dibikin versi offline. Kalau mereka lebih canggih lagi…


“Kenapa dibilang lebih canggih?”

Karena cara kerja mereka sedikit lebih nggak ngeselin daripada sistem ‘pending search’ di Google Apps. Kalau di Google Apps pencariannya akan di-pending sampai ada koneksi yang layak, namun cara kerja Google Maps dan Google Tranlate offline berbeda.

Kamu diwajibkan untuk download dulu informasi yang dibutuhkan. Semisal kamu pengen nyari lokasi “Keraton Jogja”. Ya kamu harus udah download maps wilayah Jogja. Kalau untuk Translate, kamu pun wajib download dulu kata-kata yang biasanya digunakan. Baru bisa pakai mode offline. Agak ribet dan memberatkan memang karena harus download file dulu. Tapi yah, lebih reliable-lah daripada harus nunggu koneksi lancar dulu.

Baca Juga:
  1. Foto-foto Masjid Agung Umayyah, Masjid Tertua di Dunia Yang Hancur Karena Konflik Suriah
  2. Inilah Video Detik-detik Penembakan Duta Besar Rusia Saat Berpidato di Sebuah Galeri Seni Kota Ankara
  3. Ternyata Ini Yang Terjadi Jika Anda Memakan 3 Butir Telur Utuh Setiap Harinya
  4. Jika Sudah Nyaman, Perempuan Akan Merasa Takut Kehilangan
  5. Stop, Tindakan Keluarga Ini Dapat Membuat Mayit Diazab Malaikat
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, hipwee.com)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...