Mie Samyang Tidak Halal? MUI Peringatkan BPOM dan Kemenkes

Baca juga:

Mie korea yang super pedas atau yang lebih dikenal dengan mie samyang merupakan mie instan yang diproduksi dari Negara Korea Selatan ini memiliki rasa yang begitu terkenal pedasnya dan banyak yang ingin terus mencoba mie samyang ini. 

Rasa pedas yang sangat begitu pedas ini membuat para pencoba nya pun terus-terusan untuk mengonsumsinya. Selain rasa pedas yang khas yang dimiliki mie samyang ini, porsi yang dua kali lipat dari mie instan biasanya pun menjadi kepuasaan tersendiri bagi pengonsumsinya. Mie samyang ini memiliki dua rasa yaitu Hot Spicy Chicken dan Chesse. Rasa mie samyang chesse ini belum banyak beredar dan masih jarang ditemukan. 

Siapa yang tidak suka dengan mie samyang asal korea ini, karena banyak video yang beredar tentang samyang challenge. Banyak masyarakat yang memburu mie samyang ini terutama indonesia. 

Samyang
Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Najamudin Ramli mengatakan, peredaran mi instan asal Korea yang diduga mengandung enzim babi di Sumenep, merupakan tanggung jawab pemerintah untuk mengawasinya.

"Kalau sudah beredar di masyarakat, itu otoritas BPOM dan Kemenkes. MUI tidak punya otoritas menggeledah toko segala macam," kata Najamudin menjawab JPNN.com, Kamis (19/1).

Menurut dia, Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) merupakan lembaga sukarela untuk melakukan kajian jika sebuah produk didaftarkan.

"Kalau tidak didaftarkan dan sudah beredar, itu ranah pemerintah. Kecuali MUI Sumenep, meneruskan ke MUI Pusat. Kalau sudah ada informasi masyarakat, mestinya BPOM dan Kemenkes segera bertindak," tegasnya.

Saat ditanya kemungkinan MUI akan ikut terlibat dalam meneliti zat yang terkandung di dalam mi instan Samyang asal Korea, Najamudin tidak menampiknya.

"Saya kira MUI akan terlibat dalam mengeksplorasi zat-zat di dalam Mie itu di laborarorium MUI. Yang penting sampelnya sudah ada, kami akan periksa," tambahnya

Baca Juga:
  1. Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Mengelupas!
  2. Inilah Pemandangan Monas dan Sekitarnya Paska Aksi Damai 212, Buktikan Islam Cinta Kebersihan
  3. Kisah Misteri Noni Belanda di Pintu Air Manggarai
  4. Pentingnya Sertifikasi Halal! Bagaimana Yang Tidak?
  5. 9 Fakta Negara Israel Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, jpnn.com)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.