30 January 2017

author photo
Infeksi Taenia dikenal dengan istilah Taeniasis dan Sistiserkosis. Taeniasis adalah penyakit akibat parasit berupa cacing pita yang tergolong dalam genus Taenia yang dapat menular dari hewan ke manusia, maupun sebaliknya. Taeniasis pada manusia disebabkan oleh spesies Taenia solium atau dikenal dengan cacing pita babi, sementara Taenia saginata dikenal juga sebagai cacing pita sapi.

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan New England Journal of Medicine, baru-baru ini dokter di India tercengang ketika mereka mengeluarkan cacing pita berukuran lebih dari 6 kaki dari mulut pasiennya.

Cacing pita yang ditarik keluar oleh dokter melalui mulut korban.
Dr. Cyriac Phillips mengungkapkan, pasein tersebut sebelumnya sempat menjalani kolonoskopi, setelah mengalami keluhan rasa nyeri yang didapatinya pada bagian perut. Pada tes tersebut diketahui bahwa pasien tersebut menunjukan konsentrasi hemoglobin yang rendah dalam darahnya. Saat Cyriac Phillips melakukan kolonoskopi, dokter tersebut menemukan bagian dari tubuh cacing yag diduga merupakan cacing pita. "Itu adalah sebuah potongan bergelombang yang bergerak dan berasal dari tubuh cacing. Terdapat cacing pita pada pasien ini," ungkapnya

Setelah pemeriksaan awal tersebut, Dr. Cyriac Phillips melakukan endoskopi, yaitu sebuah prosedur medis dengan menggunakan kamera yang dimasukkan ke dalam perut pasien untuk melihat bagian usus. Selama prosedur, Phillips dan timnya mampu melihat gambar dari parasit panjang yang berada di usus kecil pasiennya tersebut.

Setelah melakukan berbagai pemeriksaan, dokter langsung mengambil tindakan kepada pasiennya tersebut, tim dokter dari Institute of Liver and Biliary Sciences Hospital di New Delhi, India, akhirnya mampu mengeluarkan cacing pita tersebut dengan cara menariknya melalui mulut pasiennya dengan menggunakan sepasang pinset.

"Kami menarik cacing pita itu dengan sangat hati-hati dan mantap, dan akhirnya pekerjaan itu berhasil kami lakukan sekitar 1 jam 15 menit. Sebelumnya, saya belum pernah melihat cacing pita seperti ini," ucap Dr. Cyriac Phillips.

Ketika cacing pita tersebut berhasil dikeluarkan dari tubuh pasiennya, didapati hasil yang mencengangkan saat cacing pita tersebut diukur. Cacing pita tersebut diketahui memiliki panjang 6,1 kaki dan diklasifikasikan sebagai Taenia solium, yaitu jenis cacing pita yang terdapat pada babi. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, sebuah pusat pengendalian dan pencegahan penyakit di India, umumnya cacing pita dewasa berukuran panjang antara 2 hingga 7 meter (6,5 – 23 kaki).

Setelah berhasil mengeluarkan cacing pita dari tubuh pasiennya tersebut, dokter meresepkan obat berupa praziquantel, yaitu obat yang digunakan untuk mengobati infeksi cacing parasit, dengan memiliki fungsi untuk membunuh telur atau larva cacing yang berpotensi masih tersisa di usus manusia. Dokter menyarankan pasien dan keluarganya untuk mengkonsumsi obat tersebut untuk jangka waktu selama enam bulan ke depan.

Phillips juga memperingatkan tentang kontaminasi makanan yang memiliki kemungkinan sebagai penyebab masuknya cacing pita ke dalam tubuh manusia, seperti daging babi. Ia juga menyarankan orang-orang untuk menghindari tempat-tempat dengan sanitasi yang buruk.

Baca Juga :
  1. Inilah Respon Bangsa Jin Ketika Dibacakan Surat Ar-Rahman Oleh Nabi Muhammad
  2. 4 Alasan di Balik Naiknya Biaya Kuliah
  3. Mau Tahu Apakah Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri?
  4. Kualitas Internetmu Buruk? Google Rilis Versi Offline Untuk Android
  5. Ternyata Ada Manfaat Baik di Pemanis Buatan lho!
(Ref: sandk, catatansandk.com, citizen6.liputan6.com, wikipedia.org)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...