07 March 2017

author photo
Bokong atau pantat atau burit adalah bagian dari tubuh manusia yang berfungsi sebagai tempat tumpuan badan ketika duduk. Bokong dibentuk oleh tulang pinggul dan tulang ekor. Di bagian tengah bokong terdapat lubang yang di sebut anus. Anus berfungsi sebagai lubang eksresi untuk keluarnya kotoran atau tinja (buang air besar) dan juga keluarnya gas kentut atau flatulensi.

Kamu pernah gak sih merasa gatal di bagian bokong? Mungkin beberapa diantara kalian pasti pernah merasakannya bukan? Rasanya memang membuat kita tidak nyaman. Terlebih lagi rasa gatal itu datang di waktu yang tidak tepat, misalnya ketika kamu sedang rapat, kumpul bareng teman dan lain sebagainya. Pasti itu hal yang sangat memalukan. Nah, agar rasa gatal itu tidak datang lagi, yuk hindari penyebab-penyebab timbulnya gatal pada bokong. Yuk langsung saja simak!

Gatal
1. Kurang menjaga kebersihan

Kebersihan yang minim bisa menjadi pemicu utama timbulnya rasa gatal di area bagian bawah. Oleh karena itu, kamu harus mengusahakan untuk sesering mungkin membersihkan area tersebut.

2. Terkena penyakit kulit

Lain halnya dengan penyebab yang satu ini. Penyakit kulit memang sering menimbulkan rasa gatal, bukan hanya pada bagian pantat saja, bagian tubuh lainnya yang terserang penyakit kulit juga akan merasakan hal yang sama.

3. Terkena masalah kulit kering

Bagian pantat akan sangat rentan terhadap cuaca panas. Bahkan kondisi seperti ini bisa membuat kulit pantat menjadi kering dan kemudian mudah merasa gatal.

4. Terkena penyakit menular seksual

Jika kamu merasakan gatal teramat parah, dan berlangsung lama cobalah memeriksakan ke dokter. Bisa jadi rasa gatal ini disebabkan penyakit menular seksual.

5. Terkena parasit

Saat melakukan aktivitas di luar rumah, sebagian besar orang sering duduk sembarangan. Padahal hal ini jelas bisa menyebabkan parasit berupa cacing menempel dan kemudian bergerak lalu bertelur di area anus sehingga memicu gatal-gatal.

6. Diare

Diare juga bisa menjadi salah satu pemicu gatal-gatal. Ini terjadi karena kerapnya buang air dan semakin banyak bakteri yang tertinggal di area anus dan pantat.

7. Wasir

Wasir atau peradangan pembuluh darah di sekitar anus dan bagian rectum bawah secara tidak sadar kerap membuat pantat merasa gatal-gatal. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa langsung memeriksakan bagian bawahmu kepada dokter.

Baca Juga:
  1. Suka Kaget Saat Tidur? Ini Dia Penyebabnya!
  2. Waduh, Ini Akibatnya Pada Tubuh Jika Kebanyakan Makan Semangka
  3. Sungguh Mengejutkan, Ini Jawaban Anak SMP Perihal Pacaran!
  4. Kenapa Anak Pertama Yang Paling Pintar di Dalam Keluarga? Ini Penjelasannya!
  5. Wow, Nokia 3310 (2017) Baru Resmi Bangkit, Diperkuat Dengan Fitur Yang Canggih
(Ref: diahanggra, catatansandk.net, palingseru.com)
Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...