Mau Tahu Apa Saja Kegalauan Para Mahasiswa Semester Akhir?

Baca juga:

Pertama awal perkuliahan di kisaran semester 1 sampai semester 4 biasanya para mahasiswa masih sedikit santai dan masih beranggapan seperti anak sekolahan, dan kisaran semester 5 keatas kamu harus sudah memikirkan lebih serius kuliahmu. Terlebih lagi di semester akhir, biasanya kamu panik memikirkan topik apa yang akan kamu buat untuk menyelesaikan skripsimu atau tugas akhirmu.

Beberapa diantara kamu pasti sering bolak-balik perpustakaan untuk mencari topik yang akan kamu buat nanti. Ya walaupun kamu jenuh membaca sekian banyak kumpulan skripsi milik orang lain, tapi mau tidak mau kamu harus melakukannya bukan? Mahasiswa tingkat akhir tidak hanya memikirkan skripsi saja kan? Pasti kamu juga memikirkan hal apa yang akan kamu lakukan nanti setelah lulus? Pastinya banyak kegalauan yang akan melanda kamu! Yuk langsung saja simak!

1. Skripsi

Skripsi
Sedang sibuk mengerjakan skripsi, eh ada yang tanya “Sudah sampai bab berapa, bro??” Atau yang seperti ini “Kapan selesai tuh skripsinya?” Atau yang paling bikin nyesek seperti ini “Kapan lulus?”

Skripsi memang menjadi ujian terbesar dan terberat yang harus dijalani setiap mahasiswa semester akhir. Prosesnya cukup menyakitkan, dari merasakan pedihnya judul kita ditolak. Sampai harus kencan dengan dosen pembimbing yang tidak selalu stay di kampus dan jadwalnya selalu kejar-kejaran.

Nah, ada lagi nih yang membuat skripsi itu menyebalkan yaitu revisi. Dosen pembimbing kadang mintanya macam-macam. Ada yang bimbingan lewat Microsoft Word. Ada juga yang minta dalam bentuk print out, itu yang bikin kantong jebol karena harus beli banyak kertas untuk revisi yang banyak pula. Oh skripsi, sungguh deritaku tiada habis karenamu.

2. Teman Seangkatan Hilang Satu Per Satu

Teman
Tanda-tanda yang paling terasa banget di semester buntut adalah kesepian. Kenapa? Karena teman yang seangkatan dengan kita pada menghilang satu per satu.

Ada yang mata kuliahnya tinggal sedikit, ada yang tinggal menyelesaikan skripsi saja, ada pula yang sudah lulus duluan. Bahkan yang bikin nyesek tuh, lihat teman sudah menikah dan sukses berkarir, tapi kita masih di sini-sini aja. Nah, molor alias tidak lulus-lulus, ini bakal makin menyakitkan, Sob. Karena semakin lama kelar kuliah, makin susah dapat teman seangkatan, jadi kesepian deh!

3. Mulai Mencari Kerja

Mencari kerja
Selain sibuk skripsi dan bimbingan ke dosen, jadi mahasiswa semester akhir juga kadang diisi dengan kesibukan cari kerja. Ada yang mulai dengan kerja part time, magang di kantor-kantor, cari kerja freelance, dan kerjaan lain yang bisa dikondisikan jam kerjanya. Nah, ada sisi baik yang bisa didapat dari bekerja saat semester akhir ini, yaitu dapat gaji yang bisa dipakai untuk menyelesaikan skripsi, uang saku, atau uang wisuda. Enak bukan?

Eits, tunggu dulu, kerja di saat masuk semester akhir juga punya dampak negatifnya Guys! Apalagi kalau bukan lulus kuliah yang molor alias skripsinya nggak selesai-selesai. Nah, ada 2 kemungkinan tuh yang bikin hal seperti ini terjadi. Pertama, karena si mahasiswa kelabakan membagi waktu antara kerja dan kuliah. Kedua, karena mindset orang yang udah tahu rasanya kerja dan pegang uang itu akan berbeda dengan mereka yang belum.

4. Target Menikah

Target menikah
Nggak cuma pas lebaran atau kumpul keluarga aja tuh, mahasiswa ditanya soal menikah. Pas udah di semester-semester buntut juga sering ditanyain soal itu Bro. Nahlo, berasa ditanyain calon mertua aja bukan?

Yups, mahasiswa semester akhir juga terkadang mengalami hal ini. Ingin menikah karena umurnya udah masuk usia menikah. Ada yang pujaan hatinya ngebet banget ngajakin menikah. Ada juga yang ingin menikah, tapi calon mertua punya syarat ijazah sarjana untuk bisa ijab sah. Nah, kalau udah begini tapi kuliahnya belum kelar gimana?

Menikah bukan soal lakukan ijab kabul, lantas selesai bro. Kalau kuliahnya belum kelar terus ditambah belum kerja dan tak punya penghasilan, anak bini mau dikasih makan apa coba? Makanya sob, lekas selesaikan kuliah dulu yaa…

5. Menunda-nunda

Menunda
Lelah mengerjakan skripsi melulu? Susah cari inspirasi? Capek mengejar dosen pembimbing dengan rentetan target kelar setiap bab? Atau udah muak dengan pertanyaan orang-orang terdekat soal kuliah? Ya udah liburan dulu aja,biar bisa terhibur!

Itu biasanya yang terlintas di benak mahasiswa semester akhir. Cari inspirasi atau ‘ngademin’ pikiran dengan liburan, padahal itu cuma buang-buang waktu, uang dan tenaga. Karena pada kenyataannya mereka nggak serta merta dapat inspirasi atau hilang penatnya tuh. Yang ada malah kuliah nggak selesai-selesai.

Baca Juga: 
  1. Kejam, Dianggap Tidak Berguna, Pria Ini Musnahkan Anak Itik Secara Sadis
  2. Suka Kaget Saat Tidur? Ini Dia Penyebabnya!
  3. Keren! China Luncurkan Jalur Sepeda Layang Sepanjang 8 Km
  4. Inilah 7 Binatang Kecil dengan Kemampuan Merusak Paling Besar di Dunia
  5. Bikin Geram, Wanita Ini Robek dan Kencingi Al-Qur'an, Picu Kemarahan Banyak Orang
(Ref: diahanggra, catatansandk.net, boombastis.com)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.