Stop Mulai Dari Sekarang Penggunaan Tusuk Gigi! Ini Alasannya

Loading...
Walaupun terlihat sangat sepele sekali, keberadaan tusuk gigi terkadang menjadi yang sangat paling penting saat kita berada di meja makan atau biasanya jika kita berkunjung di tukang bakso pasti di mejanya tersedia tusuk gigi. 

Makanan yang menyelip di gigi akan menimbulkan perasaan tidak nyaman dan risih. Bahkan jika tidak segera di ambil, makanan-makanan ini dapat menyebabkan bau mulut dan masalah yang lebih parah.

Namun sayangnya penggunakaan tusuk gigi memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita. Saat kamu menggunakannya secara lembut maka tidak akan menimbulkan masalah. Namun ketika kamu melakukannya dengan frekuensi yang tinggi dan secara agresif pada gigi, maka ada kemungkinan ada masalah baru yang akan muncul. Ini ada 7 masalah yang membuatmu harus segera berhenti menggunakan tusuk gigi:

Tusuk gigi
1. Abrasi

Penggunaan tusuk gigi untuk mencongkel sisa makanan di bagian gigi yang sulit dijangkau bisa menyebabkan abrasi. Abrasi gigi dapat mengenai permukaan email, bahkan mencapai dentin atau permukaan yang lebih dalam. Apabila abrasi gigi sudah mengenai permukaan gigi yang semakin dalam (dentin gigi sampai terbuka), maka akan menyebabkan gigi sensitif.

2. Gigi berjarak

Membersihkan sisa makanan dengan tusuk gigi juga berpotensi menyebabkan jarak di antara gigi.

3. Penyakit gusi

Penggunaan tusuk gigi secara terus-menerus tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan gigi, tetapi juga gusi. Kalau hal itu terjadi, maka makanan akan semakin mudah menyangkut.

4. Kerusakan enamel Gigi

Ketika seseorang menggunakan tusuk gigi, dalam proses itu mereka juga cenderung mengunyah tusuk gigi yang terbuat dari plastik atau kayu. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada enamel gigi.

5. Menghancurkan Veneers

Veneers yang kamu gunakan untuk melindungi rongga gigi akan hancur karena sering menggunakan tusuk gigi.

6. Merusak akar gigi

Sering menggunakan tusuk gigi bukan hanya mempengaruhi gusi tapi ketika gusi yang bergerak turun dari posisi sebenarnya. Hal itu juga akan menyebabkan kerusakan pada akar gigi. Selain itu kebiasaan ini bisa menyebabkan rasa sakit dalam beberapa kasus.

7. Bau nafas

Tusuk gigi umumnya digunakan untuk menghilangkan makanan yang terjebak di antara gigi. Jadi, ketika makanan ini berada di sana untuk jangka waktu yang lama dan ketika ini dibersihkan menggunakan tusuk gigi, maka akan memicu bau mulut. Sebagai salah satu alternatif, kamu bisa menggunakan air untuk berkumur setelah makan. Kamu bahkan juga bisa melakukan flossing akan membantu.

Baca Juga: 
  1. Manny, Kucing Lucu Yang Hobi Selfie
  2. Kocak! Pria Ini Diminta Mengedit Foto, Tapi Apa Yang Dia Lakukan?
  3. Ternyata Ada Kegiatan Hura-Huramu Yang Membuat Kamu Mempunyai Umur Panjang!
  4. Waw Unik! Ilmuan Ini Dapat Menciptakan Ayam Tanpa Bulu!
  5. Wow, Tokoh Indonesia Ini Jadi Muslim Paling Cerdas di Dunia
(Ref: diahanggra, catatansandk.net, Tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.