author photo
Masyarakat Indonesia masih banyak yang percaya terhadap mahluk gaib. Dari Sabang sampai Merauke ada banyak sebutan untuk mahluk-mahluk gaib tersebut.

Di Papua dipercaya ada mahluk gaib yang disebut Suanggi. Hantu Suanggi ini sangat ditakuti masyarakat Papua, terlebih bagi mereka yang masih tinggal di pedalaman.

Begitu takutnya mereka pada Suanggi, sampai-sampai bahasan tentang hantu ini pun seperti menjadi hal terlarang.

Masyarakat Papua enggan membicarakan soal Suanggi ini. Dalam budaya mereka, apabila Suanggi ini dibicarakan maka akan langsung datang.

Ilustrasu Hantu
Menurut kepercayaan di sana, Suanggi memiliki bentuk seperti bola api dan melayang-layang di atas atap rumah. Bola api tersebut dipercaya bisa membunuh orang.

1. Ilmu Hitam

Konon, Suanggi adalah ilmu hitam yang dikirim oleh orang-orang yang memilikinya untuk membunuh orang yang tak disukainya. Kalau di Jawa disebut santet, kalau orang Sunda menyebutnya teluh.

Yang membuat masyarakat Papua begitu takut terhadap sosok Suanggi bukan karena wujudnya, melainkan apa yang dilakukan oleh hantu tersebut.

Konon, Suanggi bisa diminta untuk melakukan sesuatu yang jahat. Suanggi kadang kala membunuh dengan cara berkelompok. Namun juga terkadang membunuh atas kemauannya sendiri.

Cara Suanggi membunuh pun dipercaya berbeda-beda. Konon, Suanggi bisa memakan daging manusia dari jarak jauh, dan orang yang dimakan pun akan mati karena sakit.

Ada juga yang berpendapat bahwa yang bisa diserang Suanggi hanya orang Papua saja, sementara orang pendatang tidak mempan.

2. Suanggi Maluku

Suanggi, pada dasarnya tak hanya menjadi hal yang menakutkan di Papua. Di Provinsi Maluku, tepatnya di Tobelo, Kabupaten di Kepulauan Halmahera juga santer diceritakan tentang wujud Suanggi yang seperti wanita cantik.

Suanggi tersebut akan mengincar pria hidung belang. Suanggi akan menggoda pria tersebut hingga pria ingin melakukan hubungan intim.

Setelahnya, barulah Suanggi beraksi dengan menyerang dan memakan alat kelamin pria hidung belang dengan membabi buta.

Mitos tersebut merebak dan membuat masyarakat Tobelo pun tak berani keluar dari rumah untuk menghindari hantu Suanggi.

3. Suanggi NTT

Lain lagi cerita yang beredar dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Di sana Suanggi ini digambarkan sebagai seorang nenek cantik yang menyimpan banyak sekali kedengkian dalam hatinya.

Konon, kedengkian tersebut berlaku pada semua orang yang merupakan masyarakat sekitar. Karena rasa dengki tersebut, sang nenek pergi ke hutan untuk memohon pada pohon besar. Sang nenek menyembah pohon tersebut hingga 40 hari.

Suatu hari, sang nenek akhirnya mendengar suatu bisikan yang menyuruhnya pulang untuk pulang dan mulai mempraktikkan ilmu sihir yang diberikan.

Tetapi setelah dipraktikkan, nenek tersebut justru meninggal dunia. Orang-orang yang menemukan jasadnya pun menamainya dengan Suanggi. Konon, arwah nenek Suanggi gentayangan untuk mencari mangsa. 

Baca Juga :
  1. Ini Dia Cara Cerdas Usir dan Bunuh Kecoa Yang Menyebalkan!
  2. Bikin Geram, Wanita Ini Robek dan Kencingi Al-Qur'an, Picu Kemarahan Banyak Orang
  3. Kritsada, Penjual Ramen Yang Sangat Tampan dan Membuat Kaum Hawa Terkesima
  4. Wow Uniknya, Tak Disangka Ternyata Bangunan Ini Terbuat Dari Ribuan Bebatuan
  5. Wow, Inilah Kisah Gambar Usang Yang Ternyata Karya Jackson Pollock Senilai 119 M

(Ref: sandk, catatansandk.net, otonomi.co.id, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).
EmoticonEmoticon

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post