Ternyata, Begini Bagaimana Cara Bau Mulut Terbentuk

Loading...
Meski tampak sederhana, tapi bau mulut yang tidak ditangani dapat membuat orang tidak percaya diri. Tidak jarang, kondisi ini mengganggu hubungan personal. Apalagi kondisi ini ternyata bersifat menetap pada sekitar seperempat orang yang mengalaminya.

Bau mulut adalah salah satu gangguan mulut yang pasti dialami setiap orang. Entah itu saat bangun pagi, berpuasa, atau baru saja mengonsumsi makanan beraroma menyengat, maka kamu pasti akan mengalami bau mulut.

Sebagian orang selalu cemas bahwa mereka memiliki bau napas tidak sedap, padahal sebenarnya sama sekali tidak. Ketakutan semacam ini disebut halitofobia. Pengidap halitofobia terobsesi selalu membersihkan mulut sesering mungkin. Terapi perilaku kognitif dapat membantu menangani paranoid ini.

Tentu kamu penasaran bukan bagaimana cara bau mulut terbentuk? 

Ilustrasi bau mulut
"Halitosis atau bau mulut disebabkan oleh bakteri anaerob yang berada di permukaan lidah dan tenggorokan. Bakteri ini kemudian akan membuat senyawa sulfur yang bau saat bersinggungan dengan protein makanan yang kamu konsumsi," ungkap penelitian yang dilansir dari boldsky.com. "Senyawa-senyawa sulfur ini kemudian dibawa ke paru-paru dan dikeluarkan melalui napas sehingga terjadi bau mulut."

"Jutaan orang diketahui menderita halitosis, terutama jika mereka mengonsumsi makanan yang tinggi zat sulfur seperti bawang putih atau kubis. Saat mereka tidak membersihkan mulut dengan benar, potongan makanan akan berubah menjadi mikroorganisme yang semakin memperburuk bau mulut," terang penelitian ini. "Selain jarang membersihkan mulut, mengonsumsi minuman beralkohol serta merokok akan semakin memperparah bau mulut yang ada."

Penelitian ini juga mengatakan bahwa ada penyebab lain dari munculnya bau mulut seperti kekurangan vitamin B atau seng, diet, maupun puasa. Sebab saat kamu sedang diet atau puasa, konsumsi air menjadi berkurang. Padahal air berfungsi untuk membersihkan makanan penyebab bau mulut dan merangsang produksi air liur yang berkontribusi untuk mengurangi bau mulut juga.

Baca Juga :
  1. Wow, Nokia 3310 (2017) Baru Resmi Bangkit, Diperkuat Dengan Fitur Yang Canggih
  2. Menakjubkan, Wajah Baru Masjid Raya Baiturrahman, Layaknya Masjid Nabawi di Arab Saudi
  3. Sungguh Tega, Kakek Penjual Donat Dibayar Pakai Uang Rp 100 Ribu Minan, Ini Yang Terjadi Selanjutnya!
  4. Ternyata 5 Ciri Ini Menandakan Ponselmu Sedang di Sadap!
  5. Nauzubillahiminzalik, Suami Yang Biarkan Istrinya Tak Berhijab, Tak Akan di Lihat Oleh Allah Di Akhirat Kelak

(Ref: sandk, catatansandk.net, merdeka.com, boldsky.com, alodokter,com)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.