Tidur Bukan Hanya Sekedar Istirahat! Tetapi Ini Sebenarnya Yang Terjadi Pada Tubuh Kamu!

Baca juga:

Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan.

Tanda tanda kehidupan seperti kesadaran, puls, dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan. Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat tidur cenderung tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang

Mungkin selama ini kamumengira jika tidur itu berarti mengistirahatkan tubuh. Dan mungkin juga kita berfikir jika tubuh tidak bekerja apa-apa saat kamu tidur. Tapi sebenarnya ada banyak hal yang terjadi pada tubuh kamu saat kamu ttidur. Inilah beberapa faktanya. Yuk langsung saja simak!

Tidur
Produksi Hormon Pertumbuhan

Human growth hormone atau hormon pertumbuhan manusia akan diproduksi saat kita sedang terlelap. Seperti yang dilansir oleh brightside.me, hormon ini berfungsi untuk meregenerasi tulang, otot, dan jaringan tubuh. Saat kita tidur, produksi hormon ini diaktifkan di seluruh bagian tubuh. Hormon ini juga berperan dalam proses penyembuhan luka dan pembaruan sel-sel tubuh. Saat kita masih kecil, hormon inilah yang berperan besar dalam tumbuh kembang kita.

Hormon Seks Aktif

Baik pria maupun wanita bisa merasakan gairah seks saat tidur. Fenomena ini terjadi karena aktivitas otak yang tinggi selama fase rapid eye movement ketika kita tidur, sehingga otak membutuhkan lebih banyak oksigen dan aliran darah pun mengalir lebih cepat. Hal ini juga berpengaruh pada organ-organ tubuh dalam tubuh, termasuk organ intim, sehingga hormon seks juga ikut aktif.

Pemulihan Otak

Para peneliti di University of Rochester menemukan bahwa saat kita tidur, otak kita membuang racun yang menumpuk seharian. Mekanisme yang aktif saat kita tidur ini disebut glymphatic system. Jadi otak akan memulihkan dirinya dan membuang informasi yang tak penting. Sementara info yang penting atau berguna akan disimpan.

Otot-Otot Tubuh Seakan Lumpuh

Saat memasuki fase Rapid Eye Movement (REM), otot-otot anggota badan akan lumpuh dan tak bisa digerakkan. Kondisi ini hanya berlangsung sementara saja. Tapi orang yang menderita narkolepsi bisa merasakan kelumpuhan ini saat bangun atau membuka mata.

Itu tadi empat hal yang umumnya terjadi pada tubuhmu saat kamu tidur. Tidur memang sebuah kebutuhan penting. Bahkan kesehatan dan kebugaran bisa tetap terjaga dengan baik saat kita mendapat tidur yang cukup dan berkualitas setiap harinya.

Baca Juga:
  1. Inilah 7 Organisasi Terorisme Paling Ditakuti Pimpinan Dunia
  2. Kisah Mistis di Balik Kesenian Ondel-Ondel Si Maskot Ibukota Jakarta
  3. 3 Kisah Mistis Gunung Kawi Ini Dipercaya Bisa Datangkan Kekayaan Secara Mudah
  4. Astaga, Apa Benar Wi-Fi Bisa Membunuh Manusia Secara Perlahan? Ini Jawabannya
  5. Sering Ngiler, Ini Dia Cara Ampuh Hilangkan Kebiasaan Ngiler!
(Ref: diahanggra, catatansandk.net, vemale.com)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.