Waspada! 5 Hal Yang Bisa Membuatmu Sering Buang Angin!

Baca juga:

Flatulensi adalah keluarnya gas melalui anus atau dubur akibat akumulasi gas di dalam perut (terutama dari usus besar atau kolon). Peristiwa keluarnya gas disebut juga kentut atau sering disebut juga buang angin. Kentut biasanya ditandai dengan rasa mulas di perut. Dan biasanya berbau busuk.

Apakah kamu sering buang angin atau kentut? Seberapa sering sih kamu mengalaminya? 

Menurut beberapa penelitian kentut adalah 'sehat' karena menandakan gerakan peristaltik usus higga anus berjalan lancar atau normal. Tapi kentut terjadi secara berlebihan apalagi sampai mengeluarkan bau tak sedap, tentu begitu membuat malu dan rasa tak nyaman bukan? Nah maka dari itu, cobalah simak ulasan seputar penyebab kentut!
Kentut
1. Makanan

Makanan merupakan penyebab utama yang bisa menyebabkan seringnya buang angin alias kentut. Ada beberapa jenis makanan yang dapat mempengaruhi pembentukan gas di saluran cerna, diantaranya kacang-kacangan, kubus, dan brokoli.

2. Terlalu banyak udara

Banyak udara yang masuk juga bisa membuat kamu sering kentut. Hal ini terjadi biasanya saat kamu makan atau minum. Tetapi kamu tak perlu cemas, karena kentut yang disebabkan hal ini tidak menimbulkan bau menyengat.

3. Sistem pencernaan sulit mencerna nutrisi

Gula dari karbohidrat adalah salah satu jenis makanan yang bisa membuat tubuh sulit mencerna nutrisi. Untuk itu, kurangilah konsumsi gula dari karbohidrat.

4. Naik pesawat terbang

Hal ini mungkin sedikit mengejutkan kamu. Naik pesawat rupanya juga bisa menjadi pemicu kentut. Hal ini terjadi karena saat berada di ketinggian, tubuh dengan sendirinya memproduksi gas lebih banyak dan hal ini membuat perut kembung yang berujung jadi kentut.

5. Penyakit serius

Apabila kentut terjadi secara berlebihan dan sampai membuat perut terasa kembung diikuti dengan sakit atau gejala lain seperti diare atau sembelit, maka kamu harus segera membawanya ke dokter. Ini bisa menjadi pertanda gejala IBS (irritable bowel syndrome).

Baca Juga:
(Ref: diahanggra, catatansandk.net, palingseru.com)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.