4 Bahan Dapur Paling Ampuh Usir Kutu Ganas di Rambut

Baca juga:

Setiap ibu pasti ingin anak-anak mereka memiliki banyak teman dan bisa bermain dengan riang dan senang. Namun, salah satu yang mengkhawatirkan ketika si kecil bermain dengan temannya, yakni kutu rambut.

Ya, hewan kecil ini bisa berpindah dengan mudah dari rambut anak yang satu ke anak lainnya. Dan, mengusir kutu ini susah-susah gampang.

Bawang
Anak yang memiliki kutu di rambutnya biasanya tak berhenti menggaruk rambut, meski sudah mandi dan cuci rambut. Kutu dengan nama Latin Pediculus humanus capitis ini memang menghisap darah melalui kulit kepala sehingga menimbulkan rasa gatal yang luar biasa.

Namun yang pasti jika anak Anda masih bermain dengan anak lain yang berkutu, masalah tersebut tidak akan selesai-selesai. Ada baiknya Anda mengusir kutu dan kutunya dari rambut anak ini bersama dengan ibu-ibu yang lain sehingga tuntas dan tidak akan lagi saling menulari.

Anda juga bisa mencegah penularan kutu ini dengan mengajarkan anak-anak untuk tidak berbagi sisir, helm sepeda, topi, earphone, handphone, dan barang-barang pribadi lainnya.

Jika khawatir dengan kandungan kimia dalam obat kutu pabrikan, Anda bisa mencoba beberapa bahan dapur di bawah ini untuk mengusir kutu. Dijamin aman untuk anak-anak.

Berikut beberapa bahan dapur yang bisa Anda gunakan, seperti dikutip Boldsky:

1. Bawang merah dan sisir kutu

Bawang merah merupakan salah satu bahan dapur yang ampuh mengusir kutu karena baunya tajam sulfur yang terkandung di dalamnya.

Caranya mudah. Parut bawang merah dan masukkan ke kain. Kemudian peras sehingga ada airnya.

Oleskan air bawang merah itu ke seluruh kepala dan pijat. Kemudian pakai penutup kepala dan diamkan selama 4 jam.

Setelah itu, cuci rambut dengan air panas--tapi jangan terlalu panas ya. Sesuaikan dengan ketahanan anak terhadap rasa panas.

Setelah itu, ambil sisir kutu dan sisirlah. Untuk hasil maksimal, lakukan seminggu dua kali sampai semua kutu dan telurnya hilang.

2. Jeruk lemon

Lemon merupakan disinfektan alami sehingga bisa membuat kutu mabuk dan akhirnya mati atau pergi.

Caranya juga mudah. Peras lemon dan ambil airnya. Air lemon itu kemudian oleskan ke seluruh kepala dan rambut. Setelah itu pijat-pijat perlahan.

Gunakan penutup kepala dan biarkan selama 1 jam, sebelum akhirnya cuci dengan air panas.

Setelah itu, sisir rambut dengan sisir kutu. Lakukan hal ini dengan teratur juga sebanyak dua kali sepekan sampai semua kutu dan telurnya lenyap.

3. Bawang putih

Selain bawang merah, Anda juga bisa menggunakan bawang putih. Caranya mudah.

Giling sebonggol (sesuaikan dengan tebal dan panjang rambut) bawang putih hingga halus. campur bawang putih halus itu dengan dua sendok makan minyak kelapa.

Oleskan merata ke seluruh kepala. Tutup dengan penutup kepala dan biarkan selama 4 jam.

Cuci rambut dengan sampo yang berkualitas dan air panas. Seperti sebelumnya, kemudian sisir rambut menggunakan sisir kutu. Ulangi cara ini dua kali seminggu hingga semua kutu hilang.

4. Jeruk nipis dan bawang putih

Perpaduan anti-bakterial, antiseptik pada jeruk nipis dengan sulfur pada bawang putih menjadikan ramuan ini ampuh banget.

Bahannya: 5-6 siung bawang putih dan 5 sendok makan air perasan jeruk nipis. Anda bisa memperbanyak cairan ramuan ini dengan menggunakan perbandingan tersebut.

Cara membuatnya mudah. Haluskan bawang putih kemudian campurkan dengan air jeruk nipis. Kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan tangan.

Semprotkan cairan ke seluruh rambut hingga ke kulit kepala. Pijat perlahan.

Pakai penutup kepala dan biarkan selama 1 jam. Cuci dengan sampo berkualitas dan air panas. Setelah itu sisir dengan sisir kutu. Ulangi dua kali seminggu.

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, feed.merdeka, boldsky, berbagai sumber)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.