Jatuh Dari Langit, DIkira Batu Meteor Ternyata Tinja Yang Membeku

Sebuah benda misterius tiba-tiba jatuh dari langit India dan menimbulkan suara berdentum yang keras. Warga yang heboh mengira benda itu berasal dari luar angkasa.

Benda itu jatuh di tanah milik Balwan di Desa Fazilpur Badli, Gurgaon, India. "Benda itu jatuh dari langit dengan suara seperti (deru) pesawat terbang. Sebelum saya tahu itu benda apa, saya dengar suara benda jatuh," kata Balwan seperti dikutip dari laman Indian Express, 21 Januari 2018.

Kotoran Beku
Dalam waktu singkat, benda itu dikerumuni warga yang heboh. Beberapa dari mereka ada yang mengambil secuil benda misterius itu karena mengira itu meteor.

Kepala Desa Govind Singh yang tiba di lokasi pun sempat dibuat bingung. "Saya bergegas ke lokasi jatuhnya dan melihatnya. Semula, kami mengira itu adalah es. Tapi, ternyata tidak mencair. Jadi, kami menyimpulkan mungkin benda itu mengandung semacam zat kimia," kata Singh.

Pejabat senior di Gurgaon, Vivek Kalia, mengungkapkan sejumlah warga memang sempat mengira itu meteor.  "Saya mendengar bahwa mereka (beberapa warga) sempat mengambil sampel dari benda itu dan membawanya pulang," kata Vivek kepada BBC, 22 Januari 2018.

Harian Times of India bahkan melaporkan bahwa ada warga yang menyematkan potongan 'meteor' itu ke balik baju, sementara warga lainnya menyimpan benda di kulkas. 

Kalia mengungkapkan, benda itu sudah dikirim ke laboratorium untuk diuji secara kimiawi. "Tapi, kami menduga kuat itu adalah limbah beku dari pesawat." Limbah itu, kata Kalia, merupakan kotoran manusia. 

Kalia juga menjelaskan, benda itu menimbulkan suara dentuman ketika jatuh karena memang berbobot 10-12 kilogram. 

Mengapa Bisa Membeku Ketika Sampa Jatuh Ke Tanah ?

Pesawat komersial modern terbang di ketinggian ribuan kilometer dari atas permukaan tanah. Biasanya, di ketinggian itu, suhu berada di bawah nol derajat Celcius.

Tak heran, cairan apapun akan membeku. Ketika tempat penampungan di pesawat itu bocor, kotoran itupun akan segera membeku dalam perjalanannya ke tanah.

Kotoran Manusia beku yang berasal dari pesawat.
Kasus jatuhnya kotoran manusia dari tangki khusus di pesawat itu biasa terjadi. Limbah beku itu kerap disebut 'blue ice' karena adanya senyawa kimia yang dicampurkan ke dalam kotoran itu untuk mengurangi bau.

Namun, India memiliki aturan sejak 2016 yang melarang maskapai membuang limbah manusia dari pesawat. Sanksi jika melanggar cukup berat, yakni membayar denda sebesar Rs50 ribu atau sekitar Rp10,5 juta.

Iyuhh bukan, jadi jika menemukan sebuah bongkahan batu yang aneh jangan sampai kita pegang dulu yakk.

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, feed.merdeka, indian express, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.