04 February 2018

author photo
Di kutip Wikipedia, Kloning dalam biologi adalah proses menghasilkan individu-individu dari jenis yang sama (populasi) yang identik secara genetik. Kloning merupakan proses reproduksi aseksual yang biasa terjadi di alam dan dialami oleh banyak bakteria, serangga, atau tumbuhan.

Dunia sekarang ini dihebohkan dengan kemunculan seekor monyet hasil kloningan. Dua ekor kera bernama Zhong Zhong dan Hua Hua adalah primata yang lahir di Chinese Academy of Sciences Institute of Neuroscience di Shanghai. Mereka adalah monyet yang berhasil dikloning, meski sebelumnya ada beberapa primata yang mengalami kegagalan uji coba.

Monyet Koningan asal Tiongkok
Ya, Zhong Zhong dan Hua Hua dikloning melalui proses transfer nuklir sel somatik. Dalam prosesnya, periset mengeluarkan inti sel telur dan menggantinya dengan nukleus (pembentuk DNA) dari sel tubuh berbeda.

Sel telur itu kemudian berkembang menjadi embrio baru dan ditempatkan pada rahim monyet betina hingga lahir.

Cara kloning transfer nuklir sel somatik merupakan teknik sama yang pernah dicoba pada domba Dolly pada 1996 atau sekitar 22 tahun lalu.

Berikut Videonya :


(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, feed.merdeka, youtube, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga