Yuk Cek, 5 Warna Tinja Ini Ternyata Menentukan Kondisi Kesehatanmu

Buang air besar atau defekasi adalah suatu tindakan atau proses makhluk hidup untuk membuang kotoran atau tinja yang padat atau setengah-padat yang berasal dari sistem pencernaan mahkluk hidup. Manusia dapat melakukan buang air besar beberapa kali dalam satu hari atau satu kali dalam beberapa hari. 

Buang air besar atau BAB merupakan reaksi medis membuang kotoran yang berasal dari sistem pencernaan. Manusia dapat buang air besar beberapa kali dalam satu hari atau satu kali dalam beberapa hari.

Ilustrasi Toilet
Akan tetapi, tidak lancar buang air besar juga bisa menjadi masalah. Selain menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman pada bagian perut, dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya.

Saat buang air besar, pernahkah menyadari warna kotoran Anda? Ternyata warna feses atau tinja bisa mengartikan kesehatan seseorang.

Namun, Anda jangan khawatir dulu jika mendapati warna tinja selain coklat. Sebab, itu bisa saja terjadi karena diet atau dipengaruhi makanan yang Anda konsumsi. Seperti dikutip dari asiaone, ini adalah lima warna tinja dan maknanya bagi kesehatan.

Kuning

Warna kotoran kekuningan bisa jadi karena terlalu banyak asupan lemak dan tubuh tidak dapat mencerna makanan sepenuhnya. Alasan lain yang mungkin adalah Anda menderita penyakit celiac.

Penyakit ini terjadi ketika tubuh memiliki masalah dalam mencerna gluten, protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum dan jelai. Hasil gluten yang tidak tercerna menghasilkan kotoran berwarna kuning dan berminyak. Jika Anda sering mengalaminya, segeralah temui dokter.

Hijau

Kemungkinan ini karena terlalu banyak mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli. Jika Anda sedang minum antibiotik, itu bisa menjadi alasan tinja Anda menjadi hijau. 

Hitam

Jika mengalami buang air besar kehitaman padahal sedang tidak melakukan perubahan diet, maka segeralah pergi ke dokter. Kemungkinan tinja kehitaman ini disebabkan oleh terjadinya pendarahan di saluran pencernaan. Penyebab lain tinja berwana gelap adalah penggunaan suplemen seperti zat besi.

Merah

Ini bisa menjadi pertanda adanya perdarahan internal pada usus atau daerah sekitar rektum atau Anus. Tetapi, jangan khawatir, apa yang Anda makan sehari sebelumnya juga bisa menjadi penyebab tinja Anda menjadi merah. Seperti buah naga merah atau makanan dengan pewarna merah bisa membuat kotoran berwarna serupa dengan yang Anda makan.

Putih

Memiliki kotoran berwarna putih bisa berarti ada masalah serius. Bisa jadi ada gangguan dengan hati atau kantong empedu.

Ini pertanda bahwa tubuh tidak menghasilkan cukup empedu, cairan yang membantu mencerna makanan dan membuat kotoran menjadi coklat tua. Jika terus mengeluarkan kotoran berwarna putih atau berwarna terang lebih dari dua hari, segera kunjungi dokter.

Jadi kamu sekarang rajin-rajin cek warna kotoranmu, agar kamu dapat mengetahui apa yang terjadi dengan tubuh kamu !

(Ref: wowuniknya.net, feed.merdeka, asiaone, wikipedia, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.