15 March 2018

author photo
Membahas mengenai kebiasaan buruk tentunya ada banyak jenis kebiasaan buruk yang masing-masing orang miliki. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kebiasaan adalah tindakan konsisten yang dilakukan secara terus menerus hingga membentuk suatu pola di level pikiran bawah sadar. Ini yang membuat seringkali kebanyakan orang sulit untuk mengubah kebiasaan mereka terutama kebiasaan buruk.

Namun tahukan kalian semua bahwa tidak melulu kebiasaan buruk sangat berpengaruh negatif terhadap diri sendiri, bahkan ada yang berpengaruh positif terhadap tubuh.

Kamar yang berantakan
Dilansir Dw, Siapa bilang semua kebiasaan buruk pasti buruk? Kadang kebiasaan yang dianggap buruk punya sisi positif. Atau juga bisa bermanfaat bagi kesehatan, jika dilakukan secara terkontrol.

1. Berantakan

Memang sering dianggap buruk. Tapi kebiasaan ini menyulut kreativitas. Lagi pula, orang yang berantakan 36% lebih efisien daripada yang tidak berantakan. Selain itu, ini juga bisa berefek baik bagi kesehatan. Kutu abu misalnya, kurang bisa hidup dan berkembang di kondisi berantakan, misalnya tempat tidur yang tidak dibenahi. Demikian hasil studi Kingston University.

2. Memaki

Walaupun dianggap tidak baik, memaki adalah salah satu cara melepas stres. Sebuah riset bahkan menunjukkan, orang yang memaki saat merasakan sesuatu yang menyakitkan, punya kemampuan lebih tinggi untuk menahan rasa sakit, dibanding yang tidak memaki. Sebuah studi lain bahkan mengungkap, orang yang sering memaki kemungkinan lebih jujur dan berintegritas lebih tinggi daripada yang tidak memaki.

3. Tidur sampai siang di akhir pekan

Banyak orang bilang, lebih baik jika bangun tidur pada waktu sama, baik di hari kerja maupun di akhir pekan. Itu sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Orang yang tidur kurang dari 5 jam per hari memiliki risiko kematian dini lebih tinggi daripada yang tidur antara 5 dan 8 jam. Jadi kalau tidak tidur cukup di hari kerja, boleh tidur lebih lama di akhir pekan.

4. Menikmati minuman beralkohol

Tapi harus dibatasi. Menikmati minuman beralkohol pada kesempatan tertentu bisa membantu orang berpikir lebih baik, memperbaiki ingatan, mengurangi stres, bahkan mengurangi risiko terkena penyakit tertentu, misalnya penyakit jantung, diabetes dan demensia. Demikian hasil sejumlah riset. Foto: Kanselir Jerman Angela Merkel

5. Tidak bisa diam

Kebiasaan memutar-mutar rambut atau mengetuk-ngetukkan kaki, banyak orang tidak bisa diam sepenuhnya selama lima menit. Walaupun itu dianggap kebiasaan buruk, tapi itu sebenarnya baik. Menggerak-gerakkan kaki baik, terutama jika orang duduk lama. Lewat perbandingan terungkap, mereka yang menggerak-gerakkan kaki memiliki sirkulasi darah lebih baik, daripada yang berdiam saja.

6. Melamun

Sejumlah riset menunjukkan, melamun bisa membantu orang untuk lebih kreatif, produktif dan bermotivasi. Karena melamun bisa menolong mengaktifkan sejumlah bagian otak yang biasanya tidak digunakan. Tapi patut diperhatikan, bahwa melamun yang bagus adalah melamun yang realistis, bukan yang berdasarkan pada fantasi.

7. Bicara dengan diri sendiri

Mungkin orang bisa dianggap gila, bila berbicara sendiri. Tapi melakukan ini sebenarnya menolong orang untuk memecahkan masalah, berpikir jelas, dan mengurangi stres. Sebuah studi mengungkap, jika seseorang mencari sesuatu dan mengucapkannya dengan keras, itu membantu untuk memvisualisasikan obyek yang dicari, dan menemukannya.

8. Mengunyah permen karet

Jika harus berkonsentrasi dan memfokuskan pikiran pada satu hal, coba kunyah permen karet. Tapi demi kesehatan, sebaiknya yang tidak mengandung gula. Dari sebuah riset terungkap, bahwa mengunyah permen karet membantu orang untuk berkonsentrasi dalam waktu lama.

9. Makan coklat

Kabar baik bagi penggemar coklat! Baik coklat hitam maupun putih, ternyata baik. Sebuah studi berskala besar menunjukkan, risiko serangan jantung dan stroke tidak terlalu tinggi pada orang yang makan coklat, dibanding dengan yang tidak makan coklat.

(Ref: wowuniknya, Deutsche Welle , entrepreneur, bustle, berbagai sumber)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...