19 March 2018

author photo
Dalam hidupnya, manusia pasti berhubungan erat dengan mimpi. Gimana, enggak, kita pasti butuh beristirahat dengan tidur. Jadi, udah sewajarnya kita bakal bermimpi.

Dilansir Grid, Ternyata ada fakta-fakta menarik tentang mimpi yang perlu kita tahu lahu, lho. Salah satunya, ada orang yang cuma bermimpi hitam-putih doang. Yuk, disimak!

Ilustrasi Mimpi
Waktu dalam mimpi

Ketika bermimpi, kita enggak bisa mengetahui waktu kejadian dalam mimpi kita. Jadi kalau kita enggak tahu kita sednag bermimpi atau enggak, cobalah buat membaca buku atau melihat jam. Setiap kali kita melihat jam, dia akan menunjukkan waktu yang berbeda-beda. Lebih aneh lagi, jarum jam tersebut enggak akan bergerak.

Empat sampai enam mimpi tiap malam

Berdasarkan studi dari National Sleep Foundation, rata-rata kita akan bermimpi seenggaknya empat samapi enam kali setiap malam, dan sering terjadi di tahap REM saat tidur.

Enggak bisa mengingat 90% mimpi

Belum ada penjelasan yang jelas kenapa kita enggak bisa mengingat 90% mimpi kita. Salah satu teori yang cukup kuat adalah hormon norepinephrine yang berkaitan dengan ingatan enggak berfungsi ketika kita tidur. Akibatnya ketika bangun tidur, otak kita enggak bisa mengingat apa yang terjadi dalam mimpi kita.

Melihat wajah yang sama

Di dalam hidup, kita pasti melihat ratusan atau bahkan ribuan wajah, sehingga otak kita memiliki berbagai macam karakter yang akan muncul di dalam mimpi. Mungkin kita pikir, kita melupakan wajah itu, tapi alam bawah sadar kita mengenali wajah-wajah tersebut. Itulah mengapa wajah tersebut bisa muncul dalam mimpi kita.

Cewek dan cowok bermimpi dengan cara yang berbeda

Berdasarkan penelitian PsychologyToday, ditemukan fakta bahwa cewek dan cowok bermimpi dengan cara yang berbeda. 67% karakter yang muncul di dalam mimpi cowok adalah tentang cowok lain. Sementara 48% karakter di dalam mimpi cewek adalah cewek lain. Jadi bisa disimpulkan kalau cowok lebih sering mimpi tentang cowok, sementara cewek memimpikan cewek dan cowok sama seringnya.

Mimpi hitam-putih

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Consciousness and Cognition, menyebutkan bahwa sebanyak 12% orang bermimpi dalam hitam-putih. Mereka didominasi oleh para lansia yang tumbuh tanpa pengaruh dari televisi berwarna.

Hewan juga bermimpi

Berdasarkan dari beberapa penelitian, ditemukan fakta bahwa hewan juga bermimpi dalam tidurnya. Misalnya pada sebuah studi, terbukti ketika seekor tikus diperlihatkan makanan sebelum tidur, sel-sel tertentu dalam otaknya akan membentuk pola bagaimana cara mendapatkan makanan itu.

Banyak penemuan berawal dari mimpi

Ketika bermimpi, kita sering tiba-tiba terinspirasi oleh sesuatu. Ini adalah tanda bahwa kita perlu mnegistirahatkan otak kita. Beberapa penemuan yang berawal dari mimpi di antaranya; mesin jahit oleh Elias Howe, teori relativitas oleh Albert Einstein, lagu Yesterday oleh The Beatles, buku Twilight oleh Stephenie Meyer, dan tabel periodik oleh Dmitry Mendeleyev.

Otak lebih aktif selama tidur di malam hari daripada di siang hari

Ketika tidur, otak kita bekerja dan kerap melakukan beberapa hal, misalnya, memutuskan sesuatu, menciptakan memori baru, berpikir kreatif, menghilangkan racun tubuh, dan mengingat cara melakukan pekerjaan fisik.

(Ref: wowuniknya, grid, line today, berbagai sumber)
Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...