10 Cara Mencegah Dimensia/Alzhaimer Menurut Pakar Ilmu Syaraf

Baca juga:

Alzheimer bukan penyakit menular, melainkan merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Alzheimer juga dikatakan sebagai penyakit yang sinonim dengan orang tua.

Menurut laporan Google, Gejalan Alzhaimer yang umum yaitu, penurunan kemampuan mental, kesulitan berpikir dan memahami, delusi, disorientasi, kebingungan di malam hari, kebingungan mental, mengada-ada, sering lupa, kesulitan berkonsentrasi, ketidakmampuan melakukan perhitungan sederhana, ketidakmampuan mengenali hal-hal umum atau ketidakmampuan untuk menciptakan ingatan baru

Sayuran pencegah penyakit Alzhaimer
Demensia dan Alzheimer jadi penyebab kematian utama di Inggris. Berkaitan dengan itu, pakar ilmu syaraf Lisa Mosconi menjabarkan langkah untuk mencegah demensia.

1. Kendalikan konsumsi gula

Otak sepenuhnya bergantung pada glukosa atau gula, dan butuh 62 gram glukosa setiap harinya agar bisa berfungsi. Jika sudah mendapat cukup, glukosa berlebihan akan sebabkan naiknya kadar gula dalam darah dan tambahan bobot tubuh. Menurut Mosconi, gula dari buah-buahan juga madu dan sirup maple adalah sumber glukosa yang lebih baik daripada gula putih.

2. Fokuskan diri pada makanan dari tumbuhan

Makanan dari tumbuhan mengandung vitamin, mineral, lemak yang sehat, juga protein. Jadi sebaiknya mengikutsertakan sebanyak mungkin sayuran dan buah-buahan. Alpukat sangat baik bagi otak. Almond, kacang-kacangan dan biji Chia juga baik sebagai "sumber makanan" bagi otak. Tapi jangan jadikan kacang sebagai makanan kecil. Delapan hingga sepuluh kacang cukup untuk memberikan otak lemak yang sehat.

3. Makanan organik

Makanan organik kadang mahal. Oleh sebab itu Mosconi mengungkap beberapa makanan yang paling sering terkontaminasi pestisida dan bahan kimia, sehingga sebaiknya mengkonsumsi yang organik. Antara lain: apel, tomat, mentimun, anggur, kentang, bayam, paprika. Yang baik walaupun non organik antara lain: alpukat, bawang bombay, nanas, mangga, kiwi, melon, kentang manis.

4. Jangan lupakan sarapan

Ada yang bilang, sarapan adalah makan paling penting setiap hari. Mosconi mengatakan, itu memang benar. Di pagi hari, otak perlu sumber energi yang bisa diperbarukan, misalnya buah-buahan segar, protein tanpa lemak dan gandum. Ini mencegah orang makan cemilan dan makan makanan tak sehat sepanjang hari.

5. Jangan makan cemilan

Cemilan dan "take away" mengandung minyak olahan, gula, lemak dan kandungan lain yang berharga murah. Moscino menegaskan untuk memperhatikan kandungan makanan yang sehat untuk meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penyakit otak yang timbul dalam usia lanjut.

6. Cokelat hitam

Jika ingin cemilan, sebaiknya jadikan coklat hitam sebagai "sasarannya". Coklat hitam mengandung sedikitnya 65'% kakao, kadar gula rendah dan kaya antioksidan.

7. Anggur merah

Anggur merah menjaga otak manusia karena mengandung senyawa resveratrol dalam jumlah tinggi. Lisa Mosconi mengungkap, perempuan sebaiknya minum segelas kecil anggur setiap harinya untuk menjaga kesehatan otak. Alternatif lain: sari buah delima juga mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi. Demikian halnya dengan sari buah anggur.

8. Kari India

Menurut Mosconi, jika warga AS dibandingkan dengan warga India, orang AS punya risiko delapan kali lipat lebih tinggi untuk terkena Alzheimer. Kunyit yang dikandung kari adalah pencegah peradangan yang tangguh dan penuh dengan antioksidan.

9. Jaga waktu tidur

Menurut Mosconi, tidur singkat di siang hari baik bagi otak. Mengutamakan tidur bukan berarti orang tidak produktif atau malas. Sebaliknya, kurang tidak sangat merugikan kesehatan otak, dan menambah risiko Alzheimer

10. Segelas air di sebelah tempat tidur

Minum segelas air putih di pagi hari menambah kemampuan untuk bangun setelah tidur semalaman. Air membawa oksigen yang dibutuhkan untuk bernafas dan membakar gula untuk jadi suber energi dan dorong kesehatan otak. Mosconi menambahkan, mengakhiri hari dengan secangkir teh herbal mencegah tubuh menderita dehidrasi selama tidur.

(Ref: wowuniknya.net, dw, Dailymail (ml/))

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.