5 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Menjaga Emosimu

Baca juga:

Manusia selain dikenal sebagai makhluk individu, juga sebagai makhluk sosial, artinya manusia itu selalu membutuhkan ruang pergaulan, seperti keluarga, teman, sahabat, pacar, dan patner kerja. 

Maka dari itu, untuk berinteraksi secara nyaman dalam ruang pergaulan sosialnya, manusia memerlukan perasaan sebagai daya kontrol diri, karena perasaan merupakan unsur maha penting dalam diri manusia yang harus selalu dijaga, karena tanpa perasaan manusia akan kehilangan esensi dari kemanusianya. Ada pepatah yang mengatakan “sekejam-kejamnya harimau, ia tidak akan tega memakan anaknya sendiri, namun, ketika manusia kehilangan perasaan, ia bisa dengan tega ‘memangsa’ orang-orang dekatnya seperti teman, sahabat, atau patner kerjanya sendiri, guna mendapatkan ambisi kepuasan pribadinya.

Menjaga Emosi
Menjaga perasaan orang lain itu boleh saja tapi asalkan kamu juga jangan lupa untuk menjaga perasaan diri sendiri. Bagaimana caranya? Yuk langsung saja simak!

  1. Belajar untuk berkata tidak. Sebelum mengiyakan permintaan orang lain pastikan kamu memiliki waktu untuk dirimu sendiri. Jangan selalu mengiyakan, belajar untuk berkata tidak akan membuat kamu merasa lebih baik.
  2. Menarik nafas panjang. Ketika kamu merasa dalam keadaan yang kurang menyenangkan, cobalah untuk menarik nafas panjang. Hal ini dapat membantu kamu untuk lebih mengontrol emosi.
  3. Memaafkan. Cobalah untuk memaafkan keadaan. Ucapkan maaf dengan tulus jangan terpaksa karena hal tersebut memudahkanmu.
  4. Cari cara untuk mengalihkan pikiran. Hobi, ngobrol atau apapun yang dapat meredakan emosimu. Cari hal yang membuat kamu merasa nyaman dan bahagia saat ada hal yang tidak kamu sukai.
  5. Rasakan kemarahan dan emosimu. Well, mungkin ini terkesan klasik namun memahami dan menerima apa yang menjadi pemicu kemarahanmu akan membuat segalanya menjadi lebih menyenangkan. Tidak perlu menghakimi, hal ini akan membuat suasana hatimu lebih tenang.

Demikian 5 hal yang bisa dilakukan untuk menjaga emosimu. Belajar untuk menolak jika memang kamu tidak sanggup. Ingat, membahagiakan semua orang bukan tanggung jawab kamu.

Ref: (wowuniknya.net, vemale, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.