28 April 2018

author photo
Mungkin sebagian orang di dunia ini berfikir hewan paling lambat ialah siput ataupun kura-kura, namun pernyataan itu salah besar karna hewan paling lambat di dunia ini dipegang oleh hewan bernama Kungkang.

Dilansir DW, Itulah kungkang. Rambut panjang, punya cakar di kaki depan. Kerap tampak rileks di cabang pohon. Mereka berasal dari hutan tropis Amerika Tengah dan Selatan. Ini salah satu hewan yang paling terancam deforestasi.

Berpegang erat

Berpegang erat
Kungkang bergerak sangat lambat. Dalam semenit, jarak yang ditempuh tidak sampai tiga meter. Strategi pertahanan mereka dari predator adalah tidak "menampakkan diri" di pepohonan. Di alam liar, kungkang yang berkuku dua bisa hidup sampai 29 tahun. Sementara yang berkuku tiga bisa sampai lebih dari 30 tahun.

Tukang tidur nomor satu?

Tukang tidur nomor satu?
Dulu peneliti percaya, mamalia yang letargis ini tidur sampai sekitar 16 jam per hari. Tetapi studi yang dibuat 2008 oleh Institut Jerman Max Planck bidang ornitologi menunjukkan, kungkang tidur tidak sampai 10 jam per hari. Kira-kira seperti manusia.

Pencernaan lambat

Pencernaan lambat
Tempat penampungan kungkang di Costa Rica mengungkap, kungkang mencerna makanan bisa sampai 30 hari. Ini waktu paling lama yang tercatat bagi mamalia sejauh ini. Mereka juga meninggalkan pohon dan mengambil risiko atas keamanan mereka sekali sepekan untuk buang air besar dan pipis di tanah.

Canggih memutar kepala

Canggih memutar kepala
Berbeda dengan sebagian besar mamalia lain, yang punya tujuh ruas tulang leher, kungkang berjari tiga punya sembilan ruas. Ini membuat mereka bisa merotasi kepala hingga 270 derajat.

Dekat dengan ibu

Dekat dengan ibu
Bayi kungkang tidak meninggalkan ibunya selama setahun. Mereka belajar tentang makanan yang harus disantap dan bagaimana mencarinya. Setelah itu, kungkang dewasa menjadi independen dan hidup sendirian. Mereka hanya bertemu kungkang lain jika akan berkembangbiak.

Menyesuaikan diri

Menyesuaikan diri
Kungkang kadang tampak kehijauan karena tertutup alga dan jamur. Ini membantu mereka menyamar ketika berada di pepohonan. Studi juga menunjukkan, jamur yang ditemukan pada kungkang bisa membantu memerangi kanker dan bakteri.

Kungkang perenang

Kungkang perenang
Kungkang memang tampak bergerak lambat di pepohonan. Tetapi beberapa spesies kungkang bisa berenang dengan cepat. Dengan cara berenang seperti yang digunakan anjing, kungkang bisa bergerak sekitar tiga kali lebih cepat di air, daripada di daratan.

(Ref: wowuniknya.net, Rebecca Staudenmaier, Deutsche Welle)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...