16 April 2018

author photo
Kulit kepala adalah satu bagian dari tubuh manusia yang keberadaannya ditutupi oleh rambut kita. Maka dari itu, hal ini akan menyebabkan kulit kepala menjadi bagian yang sangat lembab. Dan kamu pasti selalu mengalami seperti rasa gatal bukan? Pasti sangat mengganggu buat kamu? Kamu tau apa saja penyebab kulit kepala mu merasa gatal? Yuk langsung saja simak!

Kulit Kepala Terasa Gatal
1. Cacar air

Mungkin saja diantara kita belum banyak yang terlalu mengetahui tentang fakta dari cacar air ini. Cacar air ternyata merupakan salah satu hal yang menyumbang rasa gatal pada kulit kepala. Virus varicella zooster merupakan virus yang membawa cacar air. Virus ini selain bermanifestasi di bagian- bagian kulit badan yang mudah dijangkau, ternyata virus ini juga dapat bermanifestasi di kulit kepala, sehingga menghasilkan cacar air di kulit kepala.

2. Kondisi kulit kepala yang kering

Kulit kepala kita terkadang terasa gatal karena disebabkan karena kulit kepala kita dalam kondisi kering. Beberapa orang yang mempunyai jenis kulit yang kering akan dapat menjalar hingga kepada kulit kepala. Jadi kulit yeng kering ini tidak hanya di bagian wajah atau beberapa bagian tubuh lainnya yang terbuka, namun hingga di kulit kepala.

3. Folikulitis

Yang dinamakan dengan folikulitis ini merupakan inflamasi dari folikel rambut. Seperti halnya beberapa penyebab yang besumber dari jamur lainnya, folikulitis ini munculnya juga karena disebabkan oleh adanya jamur atau bakteri tertentu. Ada sedikit perbedaan antara folikulitis dengan penyebab gatal dari jamur lainnya, yakni folikulitis ini terkadang tidak hanya menyebabkan rasa gatal saja, namun juga menyebabkan rasa nyeri di daerah yang terinfeksi.

4. Adanya produksi minyak yang berlebihan

Gatal yang terasa di kulit kepala juga dapat disebabkan oleh adanya produksi minyak yang berlebihan. Terlebih saat kita berada di luar ruangan dengan banyak debu, kotoran, dan paparan langsung teriknya sinar matahari. Hal ini karena debu, kotoran, serta sinar matahari akan semakin membuat produksi minyak yang ada di kepala kita semakin banyak dan semakin berlebihan.

5. Adanya uban di rambut

Uban adalah rambut yang mati dan berwarna putih. Uban ini pada umumnya muncul pada orang- orang yang telah berusia lanjut. Namun, adakalanya uban ini juga muncul pada rambut anak- anak atau remaja. Uban yang muncul di luar usia lanjut ini merupakan uban yang kurang wajar.

7. Adanya kutu rambut

Penyebab kulit kepala gatal yang selanjutnya adalah adanya kutu rambut. Ya, kutu rambut merupakan hewan yang sering ada di kepala manusia. Hewan kecil penghisap darah ini memang keberadaannya sangat mengganggu sekali. Hewan penghisap darah ini bentuknya sangat kecil dan mempunyai banyak kaki. Hewan ini memperoleh makanannya dari darah manusia yang dihisapnya.

8. Psoriasis

Penyebab kulit kepala gatal selanjutnya yang menjadikan kulit kepala terasa gatal selain adanya ketombe dan juga kurap adalah adanya psoriasis. Apa itu psoriasis? Psoriasis juga merupakan salah satu gangguan pada kulit kepala, dimana sel kulit kepala tumbuh terlalu cepat sehingga akan membentuk semacam bercak- bercak telal dan berwarna kemarahan. Kulit kepala yang tebal dan berwarna merah ini kemudian tertutup oleh serpihan dan juga sisik yang berwarna keperakan.

9. Alergi terhadap produk perawatan rambut

Rasa gatal yang terasa di kulit kepala juga dapat disebabkan karena adanya alergi terhadap produk perawatan rambut tertentu. Misalnya pemakaian hair spray untuk membuat rambut ini lebih keras. Penggunaan hair spray ini dapat memicu kegatalan pada kulit kepala. Hal ini karena hair spray akan menimbulkan sensasi rambut seperti ditarik, sehingga akan membuat kulit kepala menjadi gatal.

10. Ketombe

Ketombe merupakan penyebab kulit kepala terasa gatal yang paling umum terjadi. Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang banyak di derita oleh banyak orang. Ketombe ini seringkali ditemukan pada bagian kepala atau rambut, terlebih pada orang- orang yang berada di daerah tropis. Mengapa daerah tropis? Karena cuaca di daerah tropis merupakan cuaca yang panas daripada di daerah- daerah sekitarnya yang tidak beriklim tropis.

Nah itu dia! Kenapa kamu sering mengeluhkan gatel di area kulit kepala. Semoga bermanfaat ya!!

Ref: (wowuniknya.net, info-menarik.net, berbagai sumber)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...