Jarang Diketahui Laki-laki, Inilah 15 Fakta Tentang Tubuh Wanita

Baca juga:

Perempuan yang memiliki organ reproduksi yang baik akan memiliki kemampuan untuk mengandung, melahirkan dan menyusui, yang tidak bisa dilakukan oleh pria ini yang disebut dengan tugas perempuan/wanita/ibu.

Namun tahukah kalian apa saja fakta yang mungkin laki-laki belum ketahui tentang tubuh wanita.

Ilustrasi wanita sedang menelpon.
Dilansir DW, Fisik perempuan dan laki-laki jelas berbeda. Perempuan bisa mengandung dan melahirkan, lelaki tidak bisa. Masih banyak hal-hal aneh tentang tubuh wanita yang menarik untuk disimak dalam artikel berikut.

1. Bentuk Payudara

Satu payudara selalu lebih besar dibanding yang satunya lagi. Perbedaannya tidak besar sehingga seringnya tidak terlihat. Tapi tidak ada satu pun perempuan yang memiliki payudara berukuran sama besar.

2. Dua rahim

Semua fetus jenis kelamin perempuan pada awalnya memiliki dua rahim, dua vagina dan dua leher rahim yang terbelah oleh semacam dinding pemisah sementara. Setelah janin semakin besar, bagian-bagian tersebut menyatu dan membentuk satu rahim, vagina, dan leher rahim. Ada tiga persen kasus dimana perkembangan ini terganggu, dan bayi lahir dengan dua rahim terpisah.

3. Umur ideal untuk hamil

Dari segi biologis, para pakar berpendapat di usia awal 20-an, karena kemungkinan mengalami komplikasi saat kehamilan sangat kecil. Jika dilihat dari segi kesehatan bayi, idealnya usia ibu adalah 26 tahun. Sementara dari segi kesehatan sang ibu, umur yang ideal adalah 34 tahun.

4. Lidah sensitif

Perempuan memiliki sensor pengecap lebih banyak pada lidah dibanding laki-laki. Ini menurut hasil studi Universitas Kopenhagen. Mereka meneliti indera pengecap pada anak-anak. Hasilnya, anak laki-laki membutuhkan sekitar 10% lebih banyak rasa asam dan 20 persen lebih banyak rasa manis untuk bisa mengenali rasa sesuatu.

5. Kedipan mata

Perempuan berkedip lebih sering dibading pria karena level hormon estrogen yang lebih tinggi. Hormon ini menstimulasi produksi cairan dalam tubuh, termasuk di mata. Perempuan yang menggunakan pil anti hamil berkedip 32% lebih sering dibanding perempuan lain.

6. Pria yang ideal

Menurut pakar biologi evolusi, perempuan cenderung memilih pria berdasarkan penampilan dan kemakmurannya. Sementara pria kebanyakan memilih perempuan yang muda dan cantik. Pria yang wangi juga dianggap lebih menarik oleh wanita. Ini pengaruh hormon.

7. Orientasi ruang (spatial orientation)

Spatial orientation adalah kemampuan individu untuk memahami ruang di sekitarnya. Hal yang bukan merupakan kelebihan seorang perempuan. Ini adalah alasan mengapa perempuan dianggap bukan pengemudi yang baik. Contohnya, 70% pria berhasil parkir paralel dalam percobaan pertama kali, sementara hanya sekitar 7% perempuan yang sukses.

8. Ingatan Kuat

Tidak perlu heran mengapa istri atau kekasih Anda masih bisa mengingat-ngingat kesalahan Anda di masa lalu. Ini karena otak perempuan memang mempunyai kemampuan mengingat atau memori yang lebih kuat dibanding pria.

9. Usia lebih panjang

Menurut beberapa penelitian, ini karena perempuan cenderung hidup lebih sehat dibanding pria. Ada juga studi yang mengatakan tubuh wanita bisa mengatasi penyakit secara lebih baik, khususnya perempuan yang sudah pernah melahirkan.

10. Lebih cantik saat subur

Pria cenderung tertarik dengan perempuan yang subur. Jadi perempuan yang menggunakan pil anti hamil bisa dianggap sebagai kurang menarik. Menurut studi, kaum pria menangkap perbedaannya dari perubahan bau tubuh dan nada suara perempuan yang subur dan tidak subur.

11. Leher lebih lentur

Tahukah Anda, bahwa leher perempuan lebih fleksibel? Saat hendak berputar ke arah yang lain, perempuan cenderung memutar leher dan kepalanya. Sementara laki-laki berputar dengan seluruh tubuhnya.

12. Seks sama dengan makanan

Bagian otak yang menunjukkan peningkatan stimulasi saat berhubungan seks menunjukkan stimulasi yang mirip saat perempuan memikirkan makanan. Khususnya saat dalam kondisi lapar.

13. Senang mengobrol

Rata-rata, perempuan mengucapkan 20.000 kata-kata per hari. Ini 13.000 kata lebih banyak dibanding rata-rata pria. Ada studi yang menunjukkan, perempuan memiliki protein Foxp2 lebih banyak di otaknya dibanding pria. Protein ini juga dikenal sebagai "protein bahasa".

14. Lebih sering menangis

Menurut hasil studi psikolog Universitas Tilburg di Belanda, perempuan menangis dua hingga lima kali per bulan atau tiga hingga lima kali lebih sering dibanding pria. Diperkirakan hormon testoteron yang mencegah pria untuk menangis, sementara hormon reproduksi perempuan justru memicu untuk menangis.

15. Pendengar yang lebih baik

Hasil studi menunjukkan, bahwa tidak seperti pria yang hanya mendengarkan dengan sisi kiri otak, perempuan mendengarkan dengan kedua sisi otaknya. 

(Ref: wowuniknya.net, Deutsche Welle, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.