Stop Mengucek Mata! Ini Bahaya Yang Bisa di Timbulkan

Baca juga:

Mata adalah organ penglihatan. Mata mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi impuls elektrokimia pada sel saraf. Pada organisme yang lebih tinggi, mata adalah sistem optik kompleks yang mengumpulkan cahaya dari lingkungan sekitarnya, mengatur intensitasnya melalui diafragma, memfokuskan melalui penyesuaikan lensa untuk membentuk sebuah gambar, mengkonversi gambar tersebut menjadi satu himpunan sinyal listrik, dan mentransmisikan sinyal-sinyal ke otak melalui jalur saraf kompleks yang menghubungkan mata melalui saraf optik menuju korteks visual dan area lain dari otak.

Mungkin sebagian orang mengucek mata adalah hal yang dianggap biasa dan wajar untuk dilakukan. Karena hampir semua orang melakukannya secara spontan ketika matanya terasa gatal. Yang tidak banyak orang tahu, ternyata mengucek mata bisa menimbulkan dampak serius. Gak heran dong mungkin kamu sering mendengar orangtuamu menegurmu agar tidak mengucek matamu. Dilansir dari visioneyeinstitute, Inilah 5 Bahaya mengucek mata!

1. Penampilanmu jadi gak enak dipandang sebagai akibat “kerusakan” di matamu

Merusak mata
Ketika kamu mengucek mata dengan kasar, itu akan menyebabkan pembuluh-pembuluh darah yang kecil menjadi pecah. Akhirnya menimbulkan lingkaran-lingkaran atau sebaran berwarna gelap yang mengganggu penampilan matamu.

2. Kamu akan berisiko membuat matamu terkena banyak bakteri dan kuman

banyak kuman dan bakteri
Tanganmu membawa lebih banyak bakteri dan kuman dibandingkan bagian lain tubuhmu. Ketika kamu mengucek matamu, bakteri dan kuman ini dengan mudah berpindah ke matamu dan bisa membuat matamu terkena infeksi, seperti konjungtivitis.

3. Kornea matamu juga bisa berisiko tergores atau bahkan sobek karena kucekan matamu

Kornea mata bisa tergores
Kadang matamu kemasukan benda asing dan insting alamimu adalah menguceknya dengan maksud berusaha mengeluarkan benda tersebut. Aktivitas ini berisiko karena bisa membuat benda tersebut menggores serta melukai kornea matamu. Sebaiknya gunakan air yang bersih dan steril untuk merendam matamu sambil dikedip-kedipkan cepat, agar benda asing tersebut bisa keluar dengan lebih mudah dan tak berisiko.

4. Kalau kamu memiliki masalah mata sebelum mengucek matamu, aktivitas tersebut bisa makin memperparahnya

Iritasi
Misalnya kamu memiliki rabun jauh (mata minus), beberapa orang mengalami minusnya makin parah setelah menguceknya. Sama halnya jika mengalami glaukoma, mengucek mata dapat mengganggu aliran darah dan berisiko rusak parah. Kalau kamu terlalu keras dan sering melakukannya, bahkan bisa berisiko kehilangan daya penglihatan secara permanen.

5. Penipisan kornea mata juga bisa kamu alami kalau kamu terlalu sering mengucek mata

Penipisan Kornea mata
Yang lebih mengkhawatirkan, mengucek mata bisa membuat kornea matamu menipis, akibat melemah dan menjadikan bentuknya agak mengerucut. Kondisi ini disebut sebagai keratokonus. Ini adalah kondisi serius yang bisa mengakibatkan penglihatanmu mengalami distorsi, bahkan kamu bisa jadi membutuhkan cangkok/transplantasi kornea baru untuk mengatasinya.

(Ref: wowuniknya.net, idntimes.com, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.