Tahukah Anda, Bagaiman Tubuh Anda Bereaksi Terhadap Sumber Alergi

Baca juga:

Ada berbagai macam alergi di dunia ini, paling banyak dan paling sering menjangkit manusia ialah alergi debu maupun udara, namun tahukan kalian bagaimana alergi bereaksi di dalam tubuh kita.

Dilansir DW, Alergi bisa disulut oleh berbagai hal yang kita temui dalam hidup sehari-hari. Jika mendeteksi alergi, tubuh memberikan reaksi, dan yang terlihat bisa beragam.

1. Mata merah dan bengkak

Mata merah dan Bengkak
Mata bengkak bisa jadi petunjuk alergi tertentu. Di Eropa, terutama di awal tahun biasanya ini tanda alergi terhadap serbuk sari yang beterbangan. Selain itu mata bengkak dan merah juga bisa jadi tanda alergi terhadap kosmetik tertentu yang digunakan dekat mata. Penyebab lainnya adalah kekeringan, di tubuh dan di ruangan.

2. Rasa gatal pada kulit

Rasa gatal pada kulit
Alergi kerap menyebabkan rasa gatal pada kulit. Ini bisa karena alergi terhadap bahan makanan tertentu, misalnya bahan pangan dari laut seperti ikan, cumi-cumi dan sebagainya. Selain itu, alergi terhadap zat kimia tertentu, misalnya dalam kosmetika bisa menyulut rasa gatal. Atau juga karena terlalu banyak mengunakan pembersih. Di samping itu, udara ruangan yang kering bisa menyulut rasa gatal.

3. Kulit merah dan meradang

Kulit merah dan meradang
Kulit bisa jadi petunjuk bagi banyak alergi. Pada foto tampak reaksi alergi terhadap plester yang digunakan untuk meredam rasa sakit di bawah kulit.

4. Radang kulit

Radang kulit
Ini juga dikenal dengan sebutan dermatitis. Radang ini juga bisa disertai penebalan kulit di beberapa lokasi (foto). Dermatitis bisa disebabkan berbagai hal, termasuk juga stres. Penyebab lain adalah terkena zat kimia tertentu, misalnya deterjen, atau tanaman tertentu serta kosmetika. Penyebab yang lebih jarang adalah alergi terhadap cahaya.

5. Hidung juga bisa jadi petunjuk

Ilustrasi bersin karena alergi
Alergi terutama yang disulut akibat menghirup sesuatu, biasanya bisa dilihat mudah melalui rasa gatal di hidung atau tenggorokan, yang biasanya menyulut batuk atau bersin. Di Eropa, orang-orang yang alergi pada sari bunga tumbuhan tertentu misalnya rapa (foto) biasanya menderita rasa gatal pada hidung, tenggorokan dan mata.

(Ref: wowuniknya.net, Deutsche Welle, wikipedia, livescience, netdoktor)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.